Hiburan

Meryl Streep raih penghargaan Palme d’Or di Festival Film Cannes 2024

Jakarta (LiveNews) – Aktris asal Amerika Serikat Meryl Streep berhasil meraih penghargaan Palme d’Or atau penghargaan utama di Festival Film Cannes 2024, Prancis pada Selasa (14/5) waktu setempat.

Dikutip dari Variety, Selasa (14/5), Streep menerima penghargaan tersebut dan disambut tepuk tangan meriah oleh para peserta yang hadir. Juliette Binoche (aktris Prancis) selaku pemberi penghargaan pun mengungkapkan kekagumannya atas dedikasi Streep di kancah perfilman sejauh ini.

“Anda mengubah cara kita memandang bioskop,” kata Binoche kepada Streep.

Baca juga: Meryl Streep puji Billie Eilish dan Finneas untuk lagu film “Barbie”

Binoche menyebut Streep sebagai harta internasional saat dia menyebutkan banyak peran Streep yang paling disukainya. Mulai dari “Sophie’s Choice” hingga “Julie dan Julia”. 

Streep pun menerima penghargaan tersebut dengan senang hati. Dalam pidatonya, Streep berterima kasih kepada Cannes karena telah menyambutnya kembali setelah 35 tahun, dengan penampilan terakhirnya di film “Evil Angels” tahun 1989.

“Saya sudah menjadi ibu dari tiga anak, saya akan berusia 40 tahun dan saya pikir karier saya telah berakhir,” katanya.

Baca juga: Meryl Streep daftarkan namanya jadi merek dagang

Dia menambahkan, “Itu bukanlah ekspektasi yang tidak realistis bagi para aktris saat itu. Dan satu-satunya alasan saya berada di sini malam ini dan hal ini berlanjut adalah karena para seniman berbakat yang pernah bekerja dengan saya, termasuk Madame La President”.

Streep mengakhiri pidatonya dengan mengatakan bahwa dia sangat bersyukur penonton tidak bosan melihat wajahnya di sebuah karya film. Dia pun mengingat kembali kata-kata ibunya di masa lalu.

“Ibuku, yang biasanya benar dalam segala hal, berkata kepadaku, ‘Meryl, sayangku, lihat saja nanti. Semuanya berjalan begitu cepat. Sangat cepat,’ dan memang demikian,“ kata Streep.

Baca Juga:   Baim Wong bersiap pindah lapak streaming ke Shopee Live

Baca juga: Meryl Streep kembali pecahkan rekor nominasi Oscar terbanyak

Menariknya, upacara Palme d’Or di Festival Film Cannes malam tadi terlihat seperti khusus dibuat untuk Streep. Mulai dari pemilihan musiknya yang sesuai dengan salah satu peran favorit penggemarnya dalam “Mamma Mia”, lagu ABBA untuk film musikal yang diputar di luar di karpet merah, hingga lagu “The Winner Takes It All” dan “Dancing Queen” yang diputar saat Streep menerima penghargaan Palme d’Or.

Tidak hanya Streep, ada beberapa tokoh yang akan menerima penghargaan Palme d’Or tahun ini. Antara lain George Lucas yang akan menerima penghargaan Palme d’Or pada upacara penutupan, Francis Ford Coppola, dan Paul Schrader.

Streep telah menerima 21 nominasi Oscar yang memecahkan rekor selama hampir empat dekade kariernya. Bahkan, dia telah memenangkan tiga nominasi penghargaan tersebut untuk penampilannya dalam “Kramer vs. Kramer” (1980), “Sophie’s Choice” (1983), dan “The Iron Lady” (2012).

Baca juga: Ulah cabul produser utama Hollywood membuat marah Meryl Streep

Dalam wawancara terpisah dengan Variety, Streep mengungkapkan rasa senangnya usai menerima Palme d’Or di ajang festival film bergengsi tersebut.

“Saya merasa sangat tersanjung menerima berita tentang penghargaan bergengsi ini,” kata Streep.

Dia menambahkan, “Memenangkan penghargaan di Cannes, bagi komunitas seniman internasional, selalu mewakili pencapaian tertinggi dalam seni pembuatan film. Berdiri di bawah bayang-bayang orang-orang yang sebelumnya telah dihormati adalah hal yang merendah dan menggetarkan hati”.

Baca juga: Meryl Streep dedikasikan penghargaan National Board of Review untuk Time’s Up dan para pria

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © LiveNews 2024

Related Articles

Back to top button