Tekno

Microsoft Uji Coba Sisipkan Iklan di “Start Menu” Windows 11

Sumber: Unsplash.com

LiveNews – Microsoft mulai menghadirkan iklan di sistem operasi Windows 11. Iklan ini ditampilkan saat pengguna mengklik opsi Start Menu. Kehadiran iklan di Start Menu ini masih dalam tahap uji coba dan tidak semua pengguna Windows 11 akan melihatnya. Uji coba ini hanya dilakukan di wilayah Amerika Serikat. Iklan di Start Menu Windows 11 ini hadir dalam pembaruan (update) “Windows 11 Insider Preview Build 22635.3495”. Pembaruan ini dirilis Microsoft pada 12 April 2024 melalui blog resminya. 

Jenis Iklan dan Cara Kerjanya

Iklan yang ditampilkan di Start Menu Windows 11 ini berupa iklan aplikasi. Iklan ini akan muncul di bagian bawah menu “Recommended” pada Start Menu, dan ditandai dengan label “Promoted” disertai logo aplikasi, nama aplikasi, dan deksripsi singkat. Iklan tersebut ditampilkan berdasarkan beberapa faktor, seperti:

  • Aplikasi yang sudah diinstal pada perangkat pengguna
  • Riwayat aktivitas pengguna, seperti aplikasi yang sering digunakan dan situs web yang dikunjungi 
  • Lokasi pengguna

Pengguna dapat menutup iklan ini dengan mengklik tombol “X” di pojok kanan atas iklan. Pengguna juga dapat menyembunyikan iklan ini dengan mengklik kanan pada iklan dan memilih opsi “Don’t show me this ad”. 

Baca juga: Auto Tenang! 5 Cara Memblokir Iklan yang Muncul di HP Android Secara Efektif

Kekhawatiran Privasi Data dan Uji Coba 

Kehadiran iklan di Start Menu Windows 11 memicu kekhawatiran tentang privasi data pengguna. Pengguna khawatir Microsoft akan menggunakan data mereka untuk menargetkan iklan secara agresif, tanpa persetujuan mereka. 

Hingga saat ini, Miscrosoft belum mengumumkan apakah iklan di Start Menu Windows 11 akan menjadi permanen atau tidak. Microsoft akan mengevaluasi hasil uji coba ini terlebih dahulu. Jika uji coba ini menunjukkan hasil yang positif, seperti peningkatan pendapatan yang signifikan dan penerimaan dari pengguna, maka iklan kemungkinan akan menjadi permanen. 

Baca Juga:   Ini Dia, 9 HP Xiaomi yang Kebagian HyperOS versi Global Pertama, Ada Punyamu?

Namun, jika uji coba ini menuai banyak kritik dan penolakan dari pengguna, Microsoft mungkin akan mempertimbangkan untuk meniadakan iklan tersebut. 

Dampak dan Tantangan ke Depan 

iklan di menu start windows 11
Sumber: KompasTekno

Langkah Microsoft untuk menampilkan iklan di Start Menu Windows 11 menandakan pergeseran strategi perusahaan. Microsoft tampaknya ingin menjadikan Windows 11 sebagai platform yang lebih monetis. 

Namun, strategi ini juga menghadapi tantangan, seperti: 

  • Penolakan dari pengguna: Pengguna mungkin tidak menyukai pengalaman yang terganggu dengan iklan. 
  • Kekhawatiran privasi data: Adanya kekhawatiran tentang bagaimana data mereka digunanakan untuk menargetkan iklan, meskipun hal ini juga memberikan manfaat personalisasi. 
  • Kompetisi dari platform lain: Platform lain seperti Linux dan macOS menawarkan pengalaman yang bebas iklan. 

Microsoft perlu menemukan keseimbangan antara meningkatkan pendapatan dan mempertahankan kepuasan pengguna. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan Microsoft: 

  1. Meningkatkan transparansi: Microsoft perlu menjelaskan secara detail bagaimana mereka menggunakan data pengguna untuk menargetkan iklan. Pengguna harus memiliki kontrol penuh atas data mereka. 
  2. Memberikan pilihan: Pengguna harus diberikan pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan iklan di Start Menu. 
  3. Menampilkan iklan yang relevan: Iklan yang ditampilkan harus relevan dengan minat atau kebutuhan pengguna. 
  4. Mempertahankan pengalaman premium: Iklan tidak boleh mengganggu pengalaman pengguna dan merusak citra premium Windows 11. 

Di sisi lain, Microsoft juga memiliki peluang untuk menjadikan iklan sebagai peluang baru. Adapun beberapa peluang yang dapat dimanfaatkan Microsoft, antara lain: 

  • Menampilkan iklan yang bermanfaat: Microsoft dapat menampilkan iklan yang bermanfaat bagi pengguna, seperti penawaran diskon untuk produk dan layanan yang mereka butuhkan. 
  • Mendukung pengembang aplikasi: Microsoft dapat membantu pengembang aplikasi untuk mempromosikan aplikasi mereka melalui iklan. 
  • Meningkatkan relevansi dan pengalaman yang dipersonalisasi: Microsoft dapat menggunakan kecerdasan buatan untuk menampilkan iklan yang lebih relevan dengan minat dan kebutuhan pengguna. 
Baca Juga:   WhatsApp Siapkan Kejutan, Bakal Rombak Total Tampilan di Android dan iOS!

Kehadiran iklan di Start Menu Windows 11 merupakan langkah baru yang diambil Microsoft. Langka ini memiliki potensi dan resiko yang sama besar. Microsoft perlu menemukan keseimbangan antara meningkatkan pendapatan dan mempertahankan kepuasan pengguna. 

Masa depan iklan di Windows 11 akan bergantung pada bagaimana Microsoft merespon kritik dan memanfaatkan peluang yang ada. Apakah Anda setuju dengan iklan di Start Menu Windows 11 ini? 

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm) 

Related Articles

Back to top button