Tekno

OpenAI Ungkap Model AI Baru “GPT-4o”, Lebih Cepat dan Gratis!

Foto: CNN

LiveNews – OpenAI pada hari Senin mengumumkan model bahasa besar kecerdasan buatan terbarunya yang katanya akan membuat ChatGPT lebih pintar dan lebih mudah digunakan.

Model baru ini, yang disebut GPT-4o, merupakan pembaruan dari model GPT-4 perusahaan sebelumnya, yang diluncurkan lebih dari setahun yang lalu. Model ini akan tersedia untuk pelanggan yang tidak berbayar, yang berarti siapa pun akan memiliki akses ke teknologi tercanggih OpenAI melalui ChatGPT.

Berdasarkan demonstrasi perusahaan pada hari Senin, GPT-4o akan secara efektif mengubah ChatGPT menjadi asisten pribadi digital yang dapat terlibat dalam percakapan lisan secara real-time. GPT-4o juga akan dapat berinteraksi menggunakan teks dan “penglihatan”, yang berarti dapat melihat tangkapan layar, foto, dokumen, atau bagan yang diunggah oleh pengguna dan melakukan percakapan tentang hal tersebut.

Chief Technology Officer OpenAI Mira Murati mengatakan bahwa versi terbaru dari ChatGPT sekarang juga akan memiliki kemampuan memori, yang berarti dapat belajar dari percakapan sebelumnya dengan pengguna, dan dapat melakukan penerjemahan secara real-time.

“Ini adalah pertama kalinya kami benar-benar membuat langkah besar ke depan dalam hal kemudahan penggunaan,” kata Murati saat demo langsung dari kantor pusat perusahaan di San Francisco. “Interaksi ini menjadi jauh lebih alami dan jauh lebih mudah.”

Rilis baru ini hadir ketika OpenAI berusaha untuk tetap berada di depan persaingan yang semakin meningkat dalam perlombaan senjata AI. Saingan termasuk Google dan Meta telah bekerja untuk membangun model bahasa besar yang semakin kuat yang mendukung chatbot dan dapat digunakan untuk membawa teknologi AI ke berbagai produk lainnya.

Baca Juga:   Kemenkominfo Ancam Pidana 10 Tahun Penjara Bagi ISP Fasilitasi RT/RW Net Ilegal

Acara OpenAI diadakan satu hari sebelum konferensi pengembang tahunan Google I/O, di mana Google diperkirakan akan mengumumkan pembaruan pada model AI Gemini. Seperti GPT-4o yang baru, Google Gemini juga bersifat multimodal, yang berarti dapat menafsirkan dan menghasilkan teks, gambar, dan audio.

Pembaruan OpenAI juga dilakukan menjelang pengumuman AI yang diharapkan dari Apple pada Konferensi Pengembang Seluruh Dunia bulan depan, yang dapat mencakup cara-cara baru untuk memasukkan AI ke dalam rilis iPhone atau iOS berikutnya.

Baca Juga: OpenAI Rilis Mesin Pencari Terbaru, Siap Saingi Google!

Sementara itu, rilis GPT terbaru dapat menjadi keuntungan bagi Microsoft, yang telah menginvestasikan miliaran dolar ke OpenAI untuk menanamkan teknologi AI-nya ke dalam produk Microsoft.

Para eksekutif OpenAI mendemonstrasikan percakapan lisan dengan ChatGPT untuk mendapatkan instruksi waktu nyata dalam menyelesaikan soal matematika, menceritakan kisah pengantar tidur, dan mendapatkan saran pengkodean.

ChatGPT dapat berbicara dengan suara alami yang terdengar seperti suara manusia, dan juga suara robot – dan bahkan menyanyikan sebagian dari satu tanggapan. Alat ini juga dapat melihat gambar grafik dan mendiskusikannya.

OpenAI Bakal Luncurkan Aplikasi Dekstop ChatGPT dengan Kemampuan GPT-4o

Murati mengatakan bahwa OpenAI akan meluncurkan aplikasi desktop ChatGPT dengan kemampuan GPT-4o, memberikan pengguna platform lain untuk berinteraksi dengan teknologi perusahaan. GPT-4o juga akan tersedia bagi para pengembang yang ingin membuat chatbot khusus mereka sendiri dari toko GPT OpenAI, sebuah fitur yang sekarang juga akan tersedia bagi pengguna yang tidak membayar.

Teknologi dan fitur yang telah diperbarui akan diluncurkan ke ChatGPT dalam beberapa bulan mendatang. Pengguna ChatGPT gratis akan memiliki sejumlah interaksi terbatas dengan model GPT-4o yang baru sebelum alat ini secara otomatis kembali menggunakan model GPT-3.5 yang lama; pengguna berbayar akan memiliki akses ke lebih banyak pesan dengan model terbaru.

Baca Juga:   WHO Sebut Penyakit X Lebih Bahaya dari Covid, Apa Itu dan Gimana Mencegahnya?

OpenAI mengatakan bahwa lebih dari 100 juta orang telah menggunakan ChatGPT. Tetapi pengalaman ChatGPT yang diperbarui – dan kemampuan untuk berinteraksi dengannya di desktop dan melalui percakapan suara yang lebih baik – dapat memberikan lebih banyak orang alasan untuk menggunakan teknologinya.

Langkah ini dilakukan pada saat integrasi AI ke dalam produk konsumen yang lebih banyak digunakan oleh Google dan Meta, seperti Instagram dan Google Assistant, dapat membuat teknologi perusahaan-perusahaan tersebut dapat diakses secara lebih luas dan mudah.

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

(kar)

Related Articles

Back to top button