Nasional

Pasar Tanah Abang Sepi Pengunjung, Pedagang Jualan Live di Sosmed

LiveNews – Banyak cara dilakukan para pedagang di Pasar Tanah Abang guna mendulang omset akibat menurunnya jumlah pengunjung.

Meski akses jalan pasar yang dinobatkan menjadi pusat grosir terbesar se-Asia Tenggara ini macet, namun saat masuk ke dalamnya, tidak banyak pengunjung, khususnya di Blok B.

Pantauan LiveNews di lokasi, para penjual atau penjaga toko malah sibuk bermain game di gadget mereka, atau ada pula yang sibuk ngobrol dengan pedagang lain. Meski demikian tidak sedikit juga para pedagang yang mencoba menawarkan barang daganannya.

“Boleh kak belanja,” ucap salah satu pegawai toko saat jurnalis LiveNews melintas, kamis (14/9/2023).

Baca Juga:Curhatan Pedagang Pasar Tanah Abang: Ngeluh Omzet Terjun Bebas karena Sepi, Jualan Online Tetap Amsyong!

Guna mensiasati merosotnya omset, tak jarang pedagang di Pasar Tanah Abang berjualan melalui live di sosial media. Biasanya mereka live di akun Shoope dan Instagram.

Salah seorang pedagang baju kebaya di Blok B Pasar Tanah Abang, Rizky Utama (29) mengaku melakukan penjualan lewat live di sosial media sejak 3 bulan lalu. Hal itu agar ia dapat meraup cuan lebih banyak meski, telah memiliki 3 buah toko.

Saat ditemui, RIzky sedang terduduk memperhatikan aplikasi dari ponselnya. Sementara ada salah seorang pegawai tengah cuap-cuap menawarkan produk di depan gawai yang sedang online.

Untuk menambah penerangan, di dekat ponsel tersebut terpasang dua buah lampu berbentuk bulat. Tak jarang wanita yang sedang memasarkan produk menekan bel, tanda jika barang yang pasarkannya sedang diskon.

“Sekarang lebih banyak orang beli lewat live gini. Selain ada diskon, kadang juga ada promo gratis ongkos kirim,” jelas Rizky.

Baca Juga:10 Artis Sering Live Shopping, Alasan Pedagang Tanah Abang Lapaknya Sepi?

Baca Juga:   Berapa Hadiah Putri Ariani Jika Menang AGT 2023? Jumlahnya Fantastis

Rizky melihat, saat ini nampaknya ada sedikit perubahan prilaku masyarakat pasca Covid-19.

Related Articles

Back to top button