Olahraga

Penjelasan Format Lengkap Liga 2 2023/24 yang Mulai Kick-off Awal September

Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus di acara Owner Meeting Klub Liga 2 di Hotel Sultan, Selasa (27/06/23).

LiveNews – Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, memastikan kick-off Liga 2 2023/24 akan digelar antara 3-10 September mendatang. Mereka sedang mendiskusikannya dengan PSSI dan Kepolisian.

Ferry Paulus mengatakan, PSSI telah menetapkan format yang dipakai di Liga 2 tahun ini setelah sebelumnya PT LIB sempat mengajukan tiga opsi. 

Sebanyak 28 klub akan dibagi dalam empat grup dengan masing-masing berisi tujuh klub. Babak grup dilakukan dengan sistem home-away.

Tiga tim teratas masing-masing grup akan melaju ke babak 12 besar, yang kemudian dibagi lagi menjadi tiga grup dan menjalani laga home-away. 

Masing-masing juara grup di babak 12 besar otomatis melaju ke semifinal dan ditambah satu runner-up terbaik. Format semifinal juga tetap home-away, begitu pula final. 

Sedangkan 16 klub yang tak lolos ke babak 12 besar, akan dibagi kembali dalam empat grup dan menjalani pertandingan untuk menentukan siapa yang bertahan di Liga 2 dan terdegradasi ke Liga 3 (home-away). 

Di fase 16 kecil ini, setiap klub tetap jalani pertandingan dengan sistem home-away. Dua klub terbawah masing-masing grup di klasemen akhir akan otomatis degradasi ke Liga 3 dan sisanya bertahan di Liga 2. 

“Jadi total pertandingan itu 260 laga untuk kompetisi Liga 2. Tadi PSSI memerintahkan PT LIB utk menjalankan seperti apa yg dirapatkan beberapa waktu lalu,” kata Ferry Paulus di Lapangan A, Senayan, Rabu (16/8/23).

“Intinya, formatnya dibagi menjadi empat grup. Masing-masing grup ada tujuh klub. Kemudian tiga teratas dalam tiap grup, nantinya lolos ke babak 12 besar. Sisanya 16 besar kecil dalam empat grup,” imbuhnya. 

Baca Juga:   4 Fakta Penting Usai Kekalahan Arema FC di Markas Bali United

“Nanti dua terbawah gugur, jadi degradasinya ada delapan. Yang 12 besar itu, tiga juara grup bersama runner up terbaik masuk semifinal,” tambah eks direktur olahraga Persija Jakarta itu. 

Lebih lanjut, Ferry Paulus menjelaskan setiap klub peserta Liga 2 2023/24 akan mendapat subsidi Rp1,25 miliar. Hal itu sudah ditentukan oleh PSSI, meski klub menginginkan nilainya naik ke angka Rp2 miliar. 

Dikatakan LIB, draft jadwal Liga 2 musim baru sudah disiapkan. Mereka bersama PSSI akan berkoordinasi dengan Kepolisian pada akhir pekan ini terkait pengamanan pertandingan. 

“Jadwal dalam waktu dekat kami sudah siap. Kami ada tiga skenario dan yang 260 ini yang akan dibawa ke Polisi,” tuntas Ferry Paulus. 

Related Articles

Back to top button