Hiburan

Ratusan seniman tampil di pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara

Jakarta (LiveNews) – Lebih dari 300 seniman tradisional dan nasional tampil memeriahkan pagelaran musik dan tari Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’ di JIExpo Theatre, Jakarta, Minggu.

Bertepatan dengan momentum perayaan HUT RI ke-78, pertunjukan kolosal nan megah yang digelar 19-20 Agustus itu diharapkan dapat mengenang jasa para pahlawan sekaligus menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap budaya Indonesia, dan membangkitkan jiwa nasionalisme.

Baca juga: OIKN ajak para seniman ciptakan roh seni dan budaya di IKN

“Pagelaran ini terasa lebih spesial dan membawa kita untuk mengenal lebih jauh mengenai jasa para pahlawan terdahulu, yang diharapkan menjadi inspirasi untuk kita sebagai generasi penerus agar melanjutkan perjuangan mereka sebagai pahlawan untuk diri sendiri,” ujar Sutradara Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’ Rusmedie Agus menurut keterangan resmi, Minggu.

Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’ di JIExpo Theatre, Jakarta, Minggu (20/8). (HO/Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’)



Repertoar pagelaran itu dibuka dengan lagu “Kuthidieng” yang menggaung indah dibawakan lengkap dengan harmoni dari musik orkestra. Disela 31 lagu nasional dan daerah yang disuguhkan, terdapat pula dialog dari seorang kakek yang dilakoni oleh Butet Kataredjasa dan sang cucu yang diperankan oleh musisi muda, Zie yang menceritakan secuplik sejarah lagu maupun tokoh pahlawan yang ditampilkan.

“Dialog tersebut menyuguhkan cara pandang berbeda terhadap semangat kebangsaan dan kisah dibalik sosok pahlawan dari Aceh hingga Papua dengan latar belakang tradisi, suku, dan budaya setiap daerahnya,” jelas Rusmedie.

Baca juga: DKJ gelar DITP 2023, wadah temu seniman teater lokal dan Asia Tenggara

Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’ juga dimeriahkan oleh penyanyi papan atas Indonesia, diantaranya Isyana Sarasvati, Cantika Abigail, Swain Mahisa, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Nino Prabowo, Yuyun Arfah, Gabriel Harvianto, serta penampilan istimewa dari ventriloquist Kak Tony.

Baca Juga:   "Beranak dalam Kubur" siap tebar kengerian dalam format seri musikal

Isyana Sarasvati tampil di atas panggung Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’ di JIExpo Theatre, Jakarta, Minggu (20/8). (HO/Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’)



Sederet musisi ternama juga turut berpartisipasi, seperti Dian HP, Avip Priatna, Dunung Basuki, Ammir Gita, dan Meidy Ratnasari yang berkolaborasi menghadirkan aransemen 31 lagu daerah dan nasional. Kemegahan alunan musik akan tersaji indah dengan harmoni orkestra serta choir dari Jakarta Concert Orchestra dan Batavia Madrigal Singers.

Tak sampai di situ, perhelatan yang digagas oleh iForte dan BCA itu juga mengenalkan kekayaan wastra Indonesia dengan pagelaran busana dari sejumlah desainer kenamaan Tanah Air, di antaranya Ivan Gunawan, Era Soekamto, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Ghea Panggabean, Taufik Bachtiar, sejumlah anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), dan masih banyak lagi.

Baca juga: Perupa Hani Santana pamerkan 16 karya seni lukis di Cilacap

Baca juga: Menparekraf apresiasi buku “Crossing The Wall” angkat seniman mural

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Suryanto

Related Articles

Back to top button