Hiburan

Regulasi perizinan satu pintu konser musik masuk tahap finalisasi

Jakarta (LiveNews) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengatakan regulasi terkait pelayanan perizinan satu pintu untuk acara seni dan olahraga, yang akan memangkas waktu perizinan menjadi 14-21 hari sebelum pelaksanaan, saat ini memasuki tahap finalisasi.

“Memang ada di kami (perizinan) yang nantinya akan dibuatkan mekanisme perizinan satu pintu. Saat ini masih dalam tahap finalisasi dan kami juga sedang berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Ini akan uji coba di lima venue dahulu yang ada di Jabodetabek di antaranya ICE BSD, JIS, dan GBK. Kita coba dahulu di tengah-tengah Pemilu, tetap ada konser,” kata Sandiaga dalam siaran resmi yang diterima, Kamis.

Baca juga: Sandi berharap satgas tata kelola pariwisata nasional dapat terbentuk

Dia menjelaskan sebelumnya para penyelenggara kegiatan mengeluhkan soal ketidakpastian perizinan yang biasanya baru terbit beberapa jam sebelum kegiatan berlangsung.

“Kita berharap prosesnya selesai 21 hari untuk perizinan. Apabila konser-konser besar diharapkan 3 bulan sebelum konser digelar izinnya sudah bisa keluar. Sementara untuk konser-konser yang lebih kecil diharapkan 1 bulan sebelum konser digelar perizinannya sudah keluar. Jadi tidak last minute (saat terakhir) izinnya keluar,” kata Sandiaga.

Digitalisasi di dalam regulasi itu, kata Sandiaga, juga diharapkan bisa mempercepat proses perizinan.

Proyek percontohan digitalisasi perizinan tersebut akan diuji coba pada September mendatang dan dievaluasi secara periodik, sehingga memudahkan penyelenggara untuk mendapatkan perizinan.

Sebagai upaya membangkitkan industri musik di Indonesia, Kemenparekraf mendukung perhelatan konser “DEWA 19 featuring ALL STARS – STADIUM TOUR 2023” yang menghadirkan grup musik kenamaan Tanah Air, Dewa 19.

Konser itu sebelumnya telah diadakan di Stadion Manahan Solo pada 29 Juli, kemudian di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada 12 Agustus. Dijadwalkan Dewa 19 akan tampil pada 19 Agustus di Stadion Si Jalak Harupat Bandung.

Baca Juga:   Bahaya tahan bersin hingga Hwang Min-Hyun ulang tahun di Indonesia

Baca juga: Menparekraf: ArtMoments Jakarta dukung ekosistem ekonomi kreatif

Baca juga: Kemenparekraf dukung pengembangan kekayaan intelektual gim lokal

Baca juga: Sandiaga lantik pejabat pimpinan tinggi madya Kemenparekraf

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Maria Rosari Dwi Putri

Related Articles

Back to top button