Nasional

Rekam Jejak Imam Budi Hartono yang Diajukan PKS Jadi Cawalkot Depok, Bakal Lawan Kaesang?

LiveNews – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menetapkan nama Imam Budi Hartono sebagai calon Wali Kota Depok 2024. Imam Budi akan jadi saingan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep jika jadi maju pada Pilkada Depok. Namun, PKS mengatakan penetapan Imam Budi Hartono baru sebatas usulan ke pengurus pusat. 

Hal itu lantaran belum ada Surat Keputusan (SK) DPP PKS karena masih masih menunggu hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Simak rekam jejak Imam Budi Hartono yang ditetapkan PKS jadi cawalkot Depok berikut ini.

Rekam Jejak Imam Budi Hartono

Imam Budi Hartono bukan nama yang asing bagi Kota Depok. Sebab saat ini dia masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Depok. 

Baca Juga:Desak Anies Segera Deklarasikan Cawapres Agustus Ini, PKS: Publik Ragu Jadi Maju atau Tidak

Rekam jejak Imam Budi dimulai dari Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Keadilan Kecamatan Beji (1998–1999) kemudian jadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Kota Depok (1999–2000). Setelahnya dia menjadi anggota Majelis Pertimbangan Daerah PKS (2000–2005) yang dilanjutkan sebagai Wakil Manajer Persikad Depok (2006-2007). 

Selain itu Imam Budi adalah Wakil Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Barat (2010–2020), Ketua Gema Keadilan Provinsi Jawa Barat (2010–2015) Pembina Komite Paralimpiade Nasional Indonesia Provinsi Jawa Barat (2011–2016) hingga Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Kota Depok (1 Februari 2013–19 April 2018).

Dia juga merupakan Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional Provinsi Jawa Barat (2016),  Pengurus Besar Pekan Paralimpik Nasional Provinsi Jawa Barat (2016).

Kekinian Imam Budi adalah Ketua DPP PKS Kota Depok sejak 28 Desember 2020 sampai sekarang. Selain itu Imam juga Ketua Dewan Pembina Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional Kota Depok mulai dari 24 Agustus 2022 hingga saat ini.

Baca Juga:   Tanpa Rasa Malu Nepotisme Kekuasaan Dipertontonkan ke Depan Rakyat

Imam Budi Raih 81 Persen Suara Internal Maju Pilwakot Depok 2024

Baca Juga:PKS Persiapkan Nama Ini Buat Lawan Kaesang di Pilkada Depok

DPD PKS Kota Depok berencana mengusulkan ke DPP PKS untuk mengusung Imam Budi Hartono dalam kontestasi Pilkada Wali Kota Depok 2024. Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah DPD PKS Kota Depok, Bobby Hermanto menyatakan penetapan usulan itu berdasarkan hasil jajak pendapat di lingkungan internal DPD PKS Depok.

“PKS Depok menetapkan nama Imam Budi Hartono sebagai calon wali kota ke DPP PKS karena hasil penjaringan internal suaranya mencapai 81 persen,” kata Bobby di Depok pada Jumat (11/8/2023).

Bobby menegaskan bahwa Imam Budi Hartono sebagai calon wali kota dari PKS baru sebatas usulan ke pengurus pusat. Hal itu lantaran belum ada Surat Keputusan (SK) DPP PKS karena masih masih menunggu hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

“Belum sampai SK DPP (menunggu hasil Pileg). Tapi di panduan ada penetapan dini untuk kemenangan Pileg calon wali kota dan wakilnya untuk tugas memenangkan pileg 2024,” jelas Bobby.

Diketahui DPD PKS Kota Depok Jawa Barat telah melakukan penjaringan internal untuk calon wali kota Depok untuk kandidat calon kepala daerah pada pemilihan wali kota (Pilwakot) 2024. Hal itu mereka lakukan melalui mekanisme penjaringan kandidat jalur pemilihan internal raya atau Pemira.

Hasilnya ada tiga orang nama yang muncul. Mereka adalah Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, Gamal Albinsaid (Ketua Pemuda DPP PKS) dan Jubir PKS Mohammad Kholid.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Related Articles

Back to top button