Tekno

Sekolah di Jepang Pakai Robot untuk Atasi Banyaknya Siswa yang Absen

Ilustrasi robot telepresence. Foto: Vecna Healthcare

LiveNews – Sebuah sekolah yang berada di Kumamotodi, Jepang, bakal menggunakan robot ‘telepresence’ atau kehadiran jarak jauh untuk mengatasi permasalahan tingginya tingkat ketidakhadiran siswa di sekolah.

Dengan adanya robot telepresence ini memungkinkan siswa yang absen untuk tetap hadir di dalam kelas meskipun sedang berada di rumah. Inisiatif ini merupakan upaya pemerintah setempat untuk mendorong siswa kembali ke sekolah dikarenakan masalah kehadiran siswa sekolah di Jepang semakin memburuk secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Diketahui sekolah-sekolah di Jepang mengalami peningkatan ketidakhadiran siswa di sekolah, di mana sebagian besar disebabkan oleh masalah mental dan fisik yang muncul selama pandemi, termasuk kekhawatiran akan tindakan bullying.

Baca juga: AS Kembangkan Drone Tempur Pakai Teknologi AI

Dilansir dari surat kabar The Mainichi, robot-robot telepresence ini memiliki roda yang terhubung ke batang panjang yang melekat pada sebuah tablet. Siswa dapat mengoperasikan gerakan robot dari rumah, berkomunikasi dengan orang lain dan berhubungan dengan guru melalui obrolan video sepanjang hari selama kegiatan belajar di sekolah.

“Selain memungkinkan mereka melihat kelas, robot ini memungkinkan siswa bergerak bebas di ruang dan berkomunikasi dengan orang lain sesuai keinginan mereka sendiri,” kata pejabat dewan pendidikan kepada surat kabar Mainichi.

“Mudah-mudahan ini dapat membantu mengurangi hambatan mental bagi siswa yang bolos,” tambahnya.

Menurut laporan, dua robot telepresence akan beroperasi di sekolah sekitar bulan November nanti dengan tujuan utama untuk memberikan kemampuan kepada siswa yang absen untuk tetap terhubung dan berinteraksi dengan anak-anak lain di kelas tanpa harus benar-benar pergi ke sekolah.

(dwk)

Baca Juga:   Lenovo Rilis ThinkBook Plus Twist, Laptop 2 Layar yang Bisa Diputar Kanan-kiri

Related Articles

Back to top button