Tekno

Sightful Luncurkan Laptop Tanpa Layar Pertama di Dunia

Foto: Sightful

LiveNews – Teknologi kembali berevolusi dengan hadirnya laptop tanpa layar yang menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Perangkat ini disebut Spacetop G1 dan merupakan terobosan perusahaan teknologi bernama Sightful. 

“Kami memperkenalkan Spacetop untuk membebaskan orang dari batasan ruang dan waktu, karena kami tidak percaya bahwa orang harus terjebak dalam layar 14 inch,” kata CEO Sightful, Tamir Berliner, dikutip dari Hypebeast (07/06/2024).

Spacetop G1 beroperasi dengan kacamata yang akan menjadi ‘layar laptop’-nya. Kacamata ini menggunakan teknologi AR buatan Xreal yang memungkinkan penggunanya untuk memperoleh penggabungan secara real-time konten digital yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata.

Teknologi ini pernah hadir sebelumnya pada Apple Vision Pro. Namun, desainnya yang kurang kompartibel membuat Vision Pro cukup sulit digunakan selama berjam-jam.

Sightful berusaha mengatasi masalah tersebut dengan memproduksi kacamata AR dalam Spacetop G1 yang dapat digunakan untuk bekerja dari mana saja. Selain itu, Spacetop G1 didukung dengan teknologi AI dan berjalan pada sistem operasi milik perusahaan, SpaceOS.

“Kami sangat percaya pada kekuatan kacamata AR sebagai langkah pertama. Realitas fisik selalu menjadi faktor pembatas – headset yang besar dan tidak nyaman, baterai dan daya pemrosesan yang terbatas, dan dunia yang belum dibangun untuk AR sehari-hari,” lanjut Tamir.

Setelah diluncurkan melalui program akses awal, Spacetop mengandalkan umpan balik pengguna untuk mengubah perangkat keras dan perangkat lunaknya. Produk keluaran terbaru dari Spacetop G1 memiliki daya tahan baterai 8 jam dan chip pemrosesan 70% lebih cepat.

Baca Juga: Dompet Digital untuk Haji dan Umroh, Inovasi Pertama di Dunia yang Diluncurkan Arab

Spesifikasi Spacetop G1

Foto: Future

Spacetop G1 terdiri atas dua bagian yakni kacamata AR dan keyboard berwarna hitam. Layar dalam kacamata AR menggunakan teknologi OLED. Jika kacamata digunakan akan membuka monitor berukuran 100 inci dan didukung dengan resolusi 1080p. Kacamata ini juga dapat menjangkau pembukaan beberapa window sekaligus. Selain itu, kacamata AR tersebut dilengkapi port USB C yang dapat digunakan untuk menyambungkan ke perangkat eksternal.

Baca Juga:   Cara Membuat Undangan Website Menarik

Kinerja perangkat didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon QCS8550. Perangkat memiliki RAM 16GB dan penyimpanan internal 128GB, dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (7/6/2024).

Harga Spacetop G1


Sightful sebagai perusahaan yang mengeluarkan Spacetop G1 mematok harga yang cukup besar untuk perangkat barunya. Spacetop G1 dapat dipesan melalui situs resmi Sightful seharga $1,900 atau Rp30.761.000 (kurs Rp16.225). Gelombang pertama diperkirakan akan dikirimkan pada bulan Oktober 2024.

Baca Berita dan Artikel Lainnya di Google News

(kar)

Related Articles

Back to top button