Tekno

Ternyata Starlink Indonesia Beda dengan Starlink AS, Begini Kata Kominfo

Foto: dignited.com

LiveNews – Starlink adalah proyek dari perusahaan satelit milik Elon Musk, SpaceX yang sedang hangat dibicarakan karena akan segera diluncurkan di Indonesia.

Beberapa waktu yang lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kominfo) menyatakan bahwa Starlink telah mengantongi izin untuk beroperasi di Indonesia.

Baca Juga: Kantongi Izin, Starlink Elon Musk Resmi Beroperasi di Indonesia Usai Lebaran 2024

Kominfo pun menegaskan bahwa perusahaan Starlink yang ada di Indonesia berbeda dengan Starlink yang beroperasi di Amerika Serikat. Hal ini diungkapkan oleh Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika,Wayan Toni Supriyanto. 

“Jadi beda loh Starlink global dan Indonesia. Mereka global ya Starlink aja, kalau Starlink Indonesia pemegang izin VSAT dan ISP nanti jadi dia seperti penyelenggara di Indonesia lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa Starlink Indonesia telah membeli perangkat pendukung dari Starlink Global guna menyediakan akses internet ke seluruh masyarakat Indonesia.

“Beli internetnya ke Starlink global, jangan disamakan dengan mereka, makanya harus membangun hub di sini,” tambah Wayan.

Telah diketahui bahwa perusahaan milik Elon Musk tersebut sudah membangun hub dan infrastruktur lainnya di Indonesia. Uji coba Starlink sendiri akan dilakukan usai liburan Idul Fitri 2024 di IKN.

Cek Berita dan Artikel Lain di Google News.

(kar)

Baca Juga:   Siap-siap! AI Mulai Gantikan Para Host Live Streaming di China untuk Jualan

Related Articles

Back to top button