Tekno

Threads Hadirkan Fitur Swipe Kanan-kiri: Geser Kanan untuk Suka, Kiri untuk Tidak

Sumber: Unsplash.com/ Julio Lopez

LiveNews – Platform microblogging milik Meta, Threads, telah meluncurkan tampilan dan fitur terbaru untuk aplikasi berbasis mobile-nya. Fitur swipe kanan-kiri Threads ini memungkinkan pengguna untuk bisa menggeser unggahan ke kanan atau kiri, mirip dengan mekanisme yang digunakan aplikasi kencan online, Tinder. 

Fitur ini, yang sebelumnya diuji coba ke sejumlah pengguna, kini resmi dirilis. CEO Instagram, Adam Mosseri, mengumumkan melalui akun Threads-nya bahwa fitur ini bertujuan untuk membantu pengguna menemukan konten yang mereka minati dengan lebih mudah. 

Mekanisme Fitur Swipe Kanan-kiri Threads

Dengan fitur baru ini, pengguna dapat menggeser konten ke kanan jika menyukai konten tersebut, hingga muncul ikon hati. Sebaliknya, jika tidak tertarik, pengguna dapat menggeser konten ke kiri hingga muncul ikon mata yang dicoret. 

Ikon ini menandakan ketidaktertarikan cara baru untuk berinteraksi dengan konten, tetapi juga memberikan sinyal kepada algoritma Threads tentang preferensi pengguna. 

Mosseri menyatakan, “Kami menggunakan sinyal tadi sebagai metode untuk menunjukkan mana saja unggahan yang kalian suka dan digeser ke kanan, dan kurang diminati untuk digeser ke kiri. Saya berharap fitur baru ini dapat membantu Anda menemukan konten yang diminati.”

fitur swipe kanan kiri threads
Sumber: Threads/ Adam Mosseri

Peluncuran Fitur Swipe Kanan-kiri Threads

Pada Kamis (6/6/24), fitur ini masih belum tersedia di Indonesia. Pengguna yang membuka Threads mungkin belum menemukan kemampuan untuk menggeser kanan dan kiri. Kemungkinan, antarmuka baru ini masih digelontorkan secara bertahap untuk publik. 

fitur swipe kanan kiri threads
Sumber: Social Media Today

Walau begitu, kehadiran fitur ini memberikan kontrol lebih bagi pengguna untuk terlibat langsung dengan algoritma konten yang ditampilkan platform. Dengan lebih banyak konten yang sesuai dengan minat pengguna, diharapkan hal ini akan meningkatkan retensi dan keterlibatan (engagement) pengguna di Threads. 

Baca Juga:   Menkominfo Segera Beri SP3 ke Telegram, Ancam Tutup Jika Tak Digubris

Manfaat Fitur Swipe Kanan-kiri Threads

Hadirnya swipe kanan-kiri di Threads dikatakan sebagai sesuatu yang positif. Selama ini, algoritma Threads masih bergantung pada Instagram. Topik yang diminati pengguna di Instagram juga muncul di Threads, meskipun konten yang diminati di Instagram belum tentu diminati di Threads. 

Kehadiran fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk menentukan dan membantu sistem algoritma Threads memahami konten mana yang mereka inginkan untuk dilihat dan mana yang tidak. Dengan demikian, fitur ini secara tidak langsung memaksimalkan fungsi Threads dalam menyuguhkan konten yang diminati pengguna. 

Potensi Threads di Masa Depan

Jika di masa mendatang Threads dapat menyesuaikan minat konten masing-masing pengguna dengan lebih akurat, aplikasi besutan Meta ini bisa semakin bersaing, atau bahkan menggeser posisi X (dulu dikenal sebagai Twitter). 

Selain itu, Threads memiliki kebijakan yang ketat dalam menghindari topik-topik berbau politik di platformnya. Berbeda dengan X yang memperbolehkan diskusi bebas, Threads berupaya menjaga lingkungan yang bebas dari “konten toksik” dan tidak membiarkan tokoh politik mengambil alih pertukaran informasi atau konten yang dibagikan. 

Meta atau Instagram belum secara jelas mengumumkan tujuan spesifik dari fitur baru ini. Beberapa pihak menduga bahwa fitur swipe kanan-kiri ini ditujukan untuk memberikan feedback terhadap setiap konten, yang mana itu memandu Threads dalam memetakan keterlibatan konten pengguna.

Namun, bagi pengguna yang ingin menjajal fitur baru ini, disarankan untuk bersabar dan menunggu, serta memastikan aplikasi Threads telah diperbarui ke versi paling baru di toko aplikasi resmi Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS).

Peluncuran fitur swipe kanan-kiri di Threads merupakan langkah inovatif dari Meta untuk meningkatkan pengalaman pengguna di platform microblogging mereka. Dengan memberikan pengguna kontrol lebih terhadap konten yang mereka lihat dan menyukai, diharapkan fitur ini dapat membantu Threads dalam menyuguhkan konten yang lebih relevan dan menarik. 

Baca Juga:   Bersama Prakerja, Karier.mu Dorong Pendidikan Berkualitas dan Inklusif untuk Semua

Walaupun fitur ini belum tersedia secara luas, respons positif dari publik menunjukkan potensi besar fitur ini dalam meningkatkan keterlibatan pengguna di Threads. Bagi pengguna yang ingin menikmati fitur ini, pastikan untuk selalu memperbarui aplikasi Threads dan bersiaplah untuk menikmati cara baru dalam menemukan konten yang Anda sukai.

Nah, itu tadi ulasan lengkap fitur swipe kanan-kiri pada platform Threads. Tidak sabar ingin coba? 

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm)

Related Articles

Back to top button