Tekno

Tips Menyembunyikan Aplikasi di Ponsel Anda

Foto: Popular Science

LiveNews – Bagi kalian yang merasa risih atau pun khawatir dengan aplikasi yang anda miliki di smartphone anda, langkah tepat yang mungkin anda akan lakukan adalah menyembunyikan aplikasi tersebut dari layar utama.

Kini, berbagai macam Android dari OS berbeda sekarang hadir dengan fitur built-in untuk menyembunyikan aplikasi melalui homescreen atau pengaturan smartphone. Jika Anda memiliki smartphone LG, OnePlus, Huawei, Samsung, atau Xiaomi, Anda mungkin dapat menyembunyikan aplikasi dengan mudah. Anda bisa melihat pada pengaturan masing – masing ponsel bagaimana cara menyembunyikan aplikasi tersebut. 

Anda bisa menggunakan aplikasi ketiga yang bisa anda unduh di App Store untuk iPhone dan Play Store untuk Android untuk menyembunyikan aplikasi yang menurut anda rahasia seperti galeri foto,TikTok, Tinder, dan sebagainya.

Untuk anda pengguna Android, Nova Launcher merupakan pengganti home screen anda bagi siapa saja yang ingin mengubah pengalaman pengguna mereka. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan premium. Anda tidak perlu memberikan aplikasi otoritas penuh atas ponsel anda karena tidak memerlukan akses root.  Setelah anda menginstal Nova dan memilihnya sebagai peluncur default anda, anda dapat menyesuaikan nama dan ikon aplikasi anda di laci aplikasi untuk membuatnya muncul seperti yang anda inginkan.

BACA JUGA: Google Bakal Riliskan Privacy Sandbox buat Batasi Iklan

Aplikasi lain yang dapat anda gunakan adalah App Hider. App Hider adalah opsi lain yang tidak kalah populer dengan lainnya untuk menyembunyikan aplikasi anda. Seperti namanya, aplikasi ini menyamar sebagai kalkulator, jadi siapa pun yang melihat melalui ponsel anda akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mencurigai ponsel anda.

Bagi anda pengguna iPhone, menyembunyikan aplikasi dapat anda lakukan tanpa mengunduh aplikasi ketiga. Anda hanya perlu menahan aplikasi yang anda ingin sembunyikan, lalu pilih Remove App. Fitur ini memindahkan aplikasi anda dari layar utama ke app library.

Baca Juga:   Peran Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Anda juga bisa menyembunyikan satu page penuh, dengan cara menekan lama ruang kosong pada layar, lalu tekan lingkaran yang ada dibawah layar utama, pada setiap layar, terdapat tanda centang dan anda bisa menghapus tanda centang tersebut dan menghilangkan satu halaman menu. Pilihan lain yang bisa anda lakukan adalah mengunduh aplikasi pihak ketiga seperti LockID atau Calculator#.

(FY)

Related Articles

Back to top button