Hiburan

Tony Leung jadi pemimpin juri Festival Film Internasional Tokyo ke-37

Jakarta (LiveNews) – Penyelenggara Festival Film Internasional Tokyo (Tokyo International Film Festival/TIFF) mengumumkan bahwa aktor Hong Kong, Tony Leung, akan menjadi pemimpin juri dalam kompetisi internasional TIFF ke-37.

“Kami sangat senang dan merasa sangat terhormat dengan kehadiran Tony Leung, yang akan menjabat sebagai presiden juri kompetisi internasional TIFF,” kata Presiden TIFF Ando Hiroyasu sebagaimana dikutip dalam siaran pers penyelenggara festival yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Hiroyasu mengatakan bahwa Tony Leung merupakan salah satu aktor Asia yang banyak dipuji dan dikagumi di tingkat internasional.

Tony Leung merasa terhormat bisa menjadi bagian tim juri TIFF tahun ini.

Dia yakin Festival Film Internasional Tokyo ke-37 akan menghadirkan kejutan, kegembiraan, dan petualangan dengan film-film yang berkualitas.

“Saya hanya merasa, dalam hal penjurian, mempercayai perasaan sesama juri dan diri saya sendiri akan memberikan kontribusi positif dalam proses seleksi,” kata aktor kelahiran tahun 1962 itu.​​​​​​​

Baca juga: “Perfect Days” jadi pembuka Tokyo International Film Festival 2023

Tony Leung, yang sejak berusia 12 tahun telah menonton film-film klasik dari Jepang, mendapat banyak penghargaan sepanjang kariernya, yang dimulai tahun 1980-an.

Ia mendapatkan pengakuan internasional untuk kolaborasinya dengan sutradara Wong Kar-wai, yang telah mengerjakan tujuh film termasuk In the Mood for Love (2000), yang membuatnya mendapatkan Penghargaan Aktor Terbaik Festival Film Cannes.

Selain itu, dia tampil dalam tiga film yang memenangkan Penghargaan Golden Lion di Festival Film Venesia, yakni Kota Kesedihan (1989) yang disutradarai oleh Hou Hsiao-hsien, Cyclo (1995) yang disutradarai oleh Tran Anh Hung, serta Lust, Caution (2007) garapan sutradara Ang Lee.

Tony Leung juga membintangi film yang masuk nominasi penerima Academy Award, Hero (2002), film Infernal Affairs (2002), dan film Marvel’s Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021).

Baca Juga:   Park Bo-gum dan Jeon Somi bakal jadi pewara MAMA Awards2023

Pada tahun 2023, ia menerima Golden Lion untuk Lifetime Achievement di Festival Film Venesia ke-80.​​​​​​​

Tony Leung pertama kali berpartisipasi dalam TIFF pada 2000, ketika film In the Mood for Love ditayangkan di bagian pemutaran khusus.

Dia selanjutnya menghadiri TIFF ke-21 tahun 2008 bersama rekan-rekan aktor yang berperan dalam film Red Cliff: Part 1.

Tahun 2023, dia kembali ke TIFF untuk pertama kalinya dalam 15 tahun serta berpartisipasi dalam kelas master dan pemutaran film 2046 di bagian fokus dunia.

Baca juga: Ratusan sineas dunia melangkah di karpet merah TIFF 2023

Baca juga: Raline Shah menghadiri Cannes Film Festival 2024

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Maryati
Copyright © LiveNews 2024

Related Articles

Back to top button