Hiburan

Unit punk Random rilis “Semangat Merdeka” jelang Hari Kemerdekaan

Jakarta (LiveNews) – Unit punk rock veteran asal Bekasi, Random, kembali meramaikan jagat industri musik Tanah Air dengan sebuah kado teramat istimewa jelang peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 RI berupa single terbaru yang diberi tajuk “Semangat Merdeka”.

Peluncuran single plus klip video “Semangat Merdeka” menjadi pembuktian konsistensi Random yang kini dimotori oleh Arez (gitar/vokal), Ichank Roxx, (gitar), Epoy (bass), dan Goya (drums) di skena musik Punk Indonesia, setelah sempat vakum pada 2006 silam kemudian kembali bangkit pada akhir 2022 lalu.

“Karya ini tercipta setelah Random kembali lagi dengan personel lengkap di tahun 2023 ini dan memutuskan untuk mulai berkarya lagi,” kata Arez dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Billie Joe Armstrong sembuh dari kecanduan

Sengaja dilepas pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini, single dan klip video “Semangat Merdeka” diharapkan menjadi suntikan semangat untuk harapan dan cita-cita yang ingin dicapai setiap insan manusia.

“Liriknya memuat ajakan untuk jangan pernah patah semangat menuju masa depan dengan cara bersatu dan bersama-sama tanpa terkecuali, seiring kemerdekaan yang dimiliki setiap orang saat ini,” tambah gitaris Ichank.

Ia menambahkan bahwa karya kali ini juga mencerminkan sikap Random yang peduli terhadap kehidupan sosial, tanpa ada batasan, pengotakan-kotakan, atau embel-embel lainnya.

Sementara pencabik bass Epoy menuturkan, lirik positif dalam single “Semangat Merdeka” dibalut aransemen yang berbeda dari karya-karya Random sebelumnya. Penggunaan unsur ska, reggae, bahkan metal, menjadi bagian dari eksplorasi segar dari para personel.

“Genre yang dipilih memang berbeda dari genre sebelumnya. Dari single ini, pendengar akan menemukan gubahan musik yang cepat khas Random dengan menambahkan unsur ska, reggae, dan sedikit sentuhan metal dengan tempo musik yang bervariasi serta lirik yang kuat,” terang Epoy.

Baca Juga:   Eks Oasis Liam Gallagher lempar kode rampungkan album baru

Dalam penggarapan single, band kebanggaan Bekasi itu turut menggandeng gitaris band pop punk No Gigs Still Party (NGSP), Gilang, yang memang terlibat dalam banyak hal sejak kembalinya Random ke industri musik.

Tak hanya itu, Gilang NGSP juga didaulat menjadi sutradara klip video “Semangat Merdeka” yang mengusung tema persaudaraan skena merdeka dan mengambil lokasi syuting di Kahuripan Skatepark, Parung.

Berdiri sejak tahun 1997, Random tercatat pernah merilis dua buah album penuh yang masing-masing bertajuk “Save D’ Friendship” (2001) dan “Step Ahead” (2006). Mereka juga terlibat dalam penggarapan sejumlah album kompilasi, di antaranya “Punk Klinik” (2000), “Jalan Bersama” (2001), “Semi People” (2006), dan “One Soul” (2010).

Kini, Random mengusung logo baru “RNDOM97” yang mewakili bangkitnya Random setelah hampir 16 tahun vakum merilis karya.

Single “Semangat Merdeka” milik Random (Rndom97) yang dirilis di bawah naungan label NewHope Records sudah dapat didengarkan di berbagai platform pemutar musik digital mulai 17 Agustus 2023. Sementara video klip lagu ini juga akan bisa disaksikan di platform berbagi video YouTube Rndom97 di hari yang sama.

Baca juga: Daft Punk rayakan 10 tahun album “Random Access Memories”

Baca juga: Cheat Codes kolaborasi bareng dua musisi di “How Do You Love”

Baca juga: David Bay bawakan ulang “Love Will Tear Us Apart” Joy Division

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Maria Rosari Dwi Putri

Related Articles

Back to top button