Bisnis

Waskita Karya Jadi Pasien Restrukturisasi Erick Thohir Selanjutnya

LiveNews – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk akan menjadi pasien restrukturisasi selanjutnya. Hal ini setelah dirinya melihat proses restrukturisasi di Garuda Indonesia dan PTPN berhasil.

“Yang jelas restrukturisasi itu harus terjadi, misalnya restrukturisasi Garuda kan bagus hari ini, banyak BUMN juga bagus restrukturisasinya,” ujar Erick saat menghadiri pembukaan Forum Sinergi BUMN-Swasta di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Ketua Umum PSSI ini merasa yakin program restrukturisasi Waskita Karya berhasil. Keyakinan ini didasari dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih tumbuh 5 persen.

“Masak enggak bisa confidence sih sama Indonesia, orang ekonomi aja tumbuh lima persen lebih. Kalau restrukturisasi, ekonomi menurun, kepercayaan tidak akan tinggi, tapi kalau sekarang ekonomi membaik ya harus confidence. PTPN jadi bagus, Garuda bagus punya Ebitda 200 juta dolar AS,” kata Erick.

Baca Juga:Ini Dua BUMN yang Utangnya Menumpuk dan Terancam Pailit

Gedung PT Waskita Karya Tbk. [setkab.go.id]

Erick pun membantah bahwa dirinya yang membawa Waskita Karya masuk dalam PKPU. Menurut dia, PKPU merupakan salah opsi dalam penyehatan kondisi keuangan Waskita Karya.

Dia menambahkan, yang mendorong Waskita Karya menyandang status PKPU adalah pihak lain. Dan Kekinian, Erick tengah melakukan negosiasi ke pihak yang mendorong proses PKPU.

“Kita ingin negosiasi juga ke pihak yang mendorong PKPU, kan ada yang mendorong, maka pernyataan saya di bursa beberapa waktu lalu, proses PKPU ini jadi alternatif lain. Saya enggak bilang pasti PKPU ya, karena ada yang mendorong, bukan kita yang dorong,” imbuh dia

Sebelumnya, Salah satu opsi yang diambil Waskita Karya adalah melakukan restrukturisasi. Dengan begitu, Waskita akan berstatus enundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) di Pengadilan Negeri.

Baca Juga:   Pakar Minta Prabowo Hati-hati Sunat Anggaran Subsidi Energi Demi Program Makan Siang Gratis

“Opsi ini yang kita lagi duduk dengan Menteri Keuangan, prosesnya seperti apa? Kalau kita kemarin, salah satunya opsinya ada PKPU atau restrukturisasi total yang ini kita dorong,” ujar Erick saat ditemui di Gedung BEI yang dikutip, Selasa (8/8/2023).

Baca Juga:Genjot Ketersedian Sembako dengan Harga Terjangkau, Erick Thohir Gelar Pasar Murah BUMN di Surabaya

Namun demikian, Ketua Umum PSSI ini tidak merinci kapan Waskita Karya dijatuhi status PKPU

Related Articles

Back to top button