Tekno

WhatsApp Punya Fitur Passkey, Mudahkan Pengguna untuk Login Pakai Face Recognition

Foto: Lowyal.NET

LiveNews – WhatsApp, salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia, kini menghadirkan fitur baru yang memberikan keamanan tambahan bagi pengguna Android. Fitur ini adalah login menggunakan passkey yang memungkinkan pengguna WhatsApp untuk membuka dan mengakses akun mereka menggunakan metode keamanan wajah, sidik jari, atau PIN pada perangkat mereka. Fitur ini diumumkan oleh perusahaan induk WhatsApp, Meta, melalui akun Twitter mereka.

 

Keamanan Lebih Tinggi dengan Passkey

Dengan adanya fitur login menggunakan passkey ini, pengguna WhatsApp tidak perlu lagi menggunakan SMS dua faktor autentikasi yang tidak aman dan mengganggu. Fitur ini merupakan langkah kecil dalam menghilangkan kebutuhan untuk mengingat kata sandi yang rentan dicuri dalam kebocoran data atau kompromi oleh serangan phishing.

Fitur ini bukan hanya memudahkan pengguna yang sudah memiliki kebiasaan baik dalam penggunaan kata sandi, tetapi juga bagi mereka yang masih menggunakan kata sandi yang lemah dan mudah ditebak. Dengan menggunakan metode keamanan wajah, sidik jari, atau PIN pada perangkat mereka, pengguna WhatsApp dapat dengan mudah dan aman masuk kembali ke akun mereka.

Passkeys sebelumnya sedang diuji coba oleh WhatsApp di saluran beta, namun sekarang akan tersedia untuk pengguna reguler aplikasi di Android. Whatsapp telah menghubungi Meta mengenai kompatibilitas dengan iOS, dan meskipun belum ada informasi tentang dukungan passkey WhatsApp pada iPhone, dukungan untuk Android akan diluncurkan dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

Baca Juga: Memanfaatkan Fitur Chat Lock di Whatsapp: Panduan Lengkap!

Passkey: Pengganti Kata Sandi Tradisional

Foto: Unsplash/Luke

Baca Juga:   Tips Menyembunyikan Aplikasi di Ponsel Anda

Apa sebenarnya passkey? Passkey adalah metode pengganti kata sandi tradisional yang menggunakan metode otentikasi perangkat yang tersedia pada perangkat Anda. Dengan passkey, Anda dapat masuk ke layanan seperti Gmail, PayPal, atau iCloud hanya dengan mengaktifkan Face ID pada iPhone Anda, sensor sidik jari pada ponsel Android Anda, atau menggunakan Windows Hello pada PC Anda.

Teknologi passkey didasarkan pada WebAuthn (Web Authentication) yang merupakan standar yang dikembangkan oleh World Wide Web Consortium (W3C). Ketika Anda membuat passkey, dua kunci yang berbeda dihasilkan: satu disimpan oleh situs web atau layanan di mana akun Anda terdaftar, dan satu kunci pribadi disimpan pada perangkat Anda untuk memverifikasi identitas Anda.

Jika perangkat yang Anda gunakan untuk passkey rusak atau hilang, jangan khawatir. Passkey dapat digunakan di berbagai perangkat, dan Anda mungkin memiliki cadangan. Layanan yang mendukung passkey juga akan memverifikasi nomor telepon atau alamat email Anda, atau menggunakan kunci keamanan perangkat keras jika Anda memiliki satu.

Dukungan Passkey oleh Perusahaan Lain

Selain WhatsApp, beberapa perusahaan besar seperti Apple dan Google juga telah mendukung penggunaan passkey. Apple menggunakan passkey dalam password vault mereka, sementara Google juga telah menghadirkan fitur passkey untuk keamanan dua faktor. Beberapa manajer kata sandi seperti 1Password dan Dashlane juga telah mengintegrasikan fitur passkey ke dalam layanan mereka.

1Password bahkan telah menciptakan direktori online yang mencantumkan layanan-layanan yang mendukung login menggunakan passkey. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan passkey semakin populer dan didukung oleh banyak platform.

Baca Juga: Tips Mudah Mengatasi Tidak Bisa Video Call di WhatsApp

Dengan hadirnya fitur login menggunakan passkey pada WhatsApp, pengguna Android dapat merasakan keamanan tambahan dan kemudahan dalam mengakses akun mereka. Passkey menggantikan penggunaan kata sandi tradisional dan menggunakan metode otentikasi perangkat yang lebih aman, seperti wajah, sidik jari, atau PIN. Passkey juga didukung oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Apple dan Google, serta manajer kata sandi seperti 1Password dan Dashlane.

Baca Juga:   Revolusi Marketing Online dengan Mengintip Konten Video ala Savira Gunawan Viral

Fitur ini merupakan langkah kecil dalam meningkatkan keamanan digital dan menghilangkan risiko kebocoran data atau serangan phishing. Pengguna WhatsApp dapat dengan mudah dan aman masuk ke akun mereka hanya dengan menggunakan metode keamanan pada perangkat mereka. Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu lagi mengingat kata sandi yang rentan dicuri atau digunakan dengan sembarangan.

WhatsApp terus berinovasi untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan lebih aman. Dengan adanya fitur login menggunakan passkey, pengguna WhatsApp dapat merasa lebih tenang dan terlindungi saat menggunakan aplikasi ini.

Menemukan Fitur Passkey

Pertama-tama, buka aplikasi WhatsApp Anda dan cari menu “Settings” (Pengaturan). Di dalam menu “Settings,” pilih opsi “Account” (Akun). Di bawah menu “Security Notifications” (Pemberitahuan Keamanan), Anda akan menemukan fitur passkey yang baru.

Mendaftarkan Passkey Anda

Ketika Anda mengklik opsi “Passkeys,” Anda akan melihat deskripsi yang menjelaskan bagaimana fitur ini bekerja. WhatsApp menjelaskan bahwa ini adalah cara mudah untuk login dengan aman. Passkey Anda akan disimpan dengan aman dalam manajer kata sandi.

Membuat Passkey Anda

whatsapp passkey
Foto: PhoneArena

Untuk mulai menggunakan fitur passkey, klik tombol “Create a passkey” (Buat Passkey). Google akan memberikan informasi lebih lanjut tentang fitur ini. Mereka menjamin bahwa data Anda akan tetap aman di manajer kata sandi, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai menghafal kata sandi lagi.

Menyesuaikan Keamanan

Anda memiliki fleksibilitas untuk mendaftarkan berbagai jenis keamanan sekaligus. Misalnya, Anda dapat menggabungkan kode PIN dengan sidik jari atau pilihan lainnya. Ini memungkinkan Anda untuk mengakses data yang terenkripsi dengan mudah, menggunakan passkey Anda di berbagai perangkat.

Kontrol Penuh Pengguna

Anda juga memiliki kontrol penuh atas passkey yang telah Anda daftarkan. Jika Anda perlu menonaktifkan passkey tertentu, cukup kunjungi menu “Settings,” klik “Passkey,” dan tekan tombol “Revoke” (Batalkan). Ini akan menghapus data passkey yang terkait.

Baca Juga:   Mulai dari Skena hingga Salty, Ini Dia 20 Istilah Slang Gen Z yang Viral di Medsos!

Kemungkinan Penggunaan Lainnya

Selain untuk WhatsApp, fitur passkey yang Anda simpan di Manager Password Google juga dapat digunakan untuk masuk ke akun Google Anda. Ini bisa menjadi solusi yang berguna jika Anda sering lupa kata sandi.

Pendaftaran passkey ini tidak memakan waktu lama dan memungkinkan Anda untuk meningkatkan keamanan akun Anda dengan mudah. Terlebih lagi, fitur passkey ini akan membantu Anda mengakses akun Anda bahkan jika Anda lupa kata sandi.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(anta)

Related Articles

Back to top button