Tekno

WhatsApp Siapkan Fitur Telepon Tanpa Harus Menyimpan Nomornya Terlebih Dahulu

Sumber poto : Pixabay.com

LiveNews – Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, mengakibatkan beberapa aplikasi terus mengembangkan inovasi-inovasi terbarunya, sehingga memudahkan para penggunanya. Seperti WhatsApp (WA) yang terus mengembangkan fitur-fitur terbaru untuk penggunanya.

Bersumber dari WaBetainfo, WhatsApp saat ini sedang mengembangkan fitur baru yang mana pengguna  WhatsApp dapat menelepon pengguna lannya, walaupun kontaknya tidak disimpan. Pembaruan whatapp ini menyediakan dialer alias papan tombor panggilan.

“Tahun lalu, kami mengetahui bahwa WhatsApp sedang mengembangkan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna mengirimkan pesan ke kontak yang tidak disimpan. Meskipun fitur tersebut di luncurkan untuk semua orang, platform ini sekarang telah mulai mengembankan pemanggil dalam aplikasi yang memungkinkan penggunnanya untuk menelepon orang lain di WhatApp tanpa menyimpan nomornya.”

Pemanggil ini terlihat di WhatsApp untuk Android versi beta 2.24.9.28. akan senyaman kemampuan untuk mengirim pesan kepada seseorang di WhatsApp tanpa harus menyimpan nomor mereka terlebih dahulu karena pengguna tidak perlu repot-repot menambahkan nomor tersebut ke dalam aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk menelpon orang lan di WhatsApp tanpa menyimpan nomor mereka.

Foto: WABetaInfo

Terinspirasi dari dialer yang ada di ponsel, yang memiliki digit angka abjad serta tombol telepon. Terdiri dari digit angka disertai abjad serta tombol telepon. Fitur ini membuat pengguna bisa mengetikan nomor kontak yang belum tersimpan tetapi terdaftar di WhatsApp, untuk melakukan panggilan.

WhatsApp kemungkinan akan meluncurkan pemanggil dalam aplikasi yang memungkinkan pengguna di platform untuk memulai panggilan WhatsApp langsung dari aplikasi bahkan dengan kontak yang belum disimpan. Menurut Android Authority, “kemunkinan WhatsApp akan menambahkan kemampuan untuk memulai onrola dengan kontak yang belum disimpan.”

Karena, saat ini banyak orang lebih nyaman untuk tidak menyimpan nomor orang lain, ataupun kadang orang lupa untuk menyimpan nomor orang yang baru dikenal. Selain itu fitur ini dapat bermanfaat untuk kontak yang munkin jarang dihubungi, atau hanya perlu dihubungi sementara saja. contohnya ketika pengguna melakukan pembelian online untuk berkomunikasi dengan layanan pelanggan dari penjual.

Baca Juga:   Business Network International (BNI) Chapter Firefly Jakarta Resmi Meluncur

Fitur panggilan ini dilakukan dari dialer juga mengonsumsi kouta data atau Wifi pengguna. Pada aspek keamanan, WhatsApp juga memasang end-to end untuk fitur panggilan baik suara mauapun vidieo juga. Pada bulan April ini WhatsApp juga mengembangkan lebih lanjut fitur kontak atau group favorit. Fitur ini  pembaruan terbaru WhatsApp untuk pengguna beta Android menunjukkan adanya opsi untuk mengelola kontak favorit.

Baca juga:WhatsApp Luncurkan Fitur Baru, Kunci Chat

Fitur ini pada awalnya telah terdengar pada Maret lalu, melalui pembaruan WhatApp beta Android versi  2.24.7.18. Saat itu, terlihat adanya fitur favorit pada tab panggilan di WhatsApp. Pada April ini, WhatsApp menyediakan opsi pengelola kontak atau grup favorit opsi ini tersedia dalam menu pengaturan (settings).

Menurut tangkapan gambar yang dibagikan WABetaInfo, situs yang kerap membocorkan fitur baru WhatApp, opsi itu berada di antara opsi “akun” dan “privasi” berdasarkan deskripsinya, opsi “Favorit”. beradasrkan deskripsinya, opsi “favorit” akan memudahkan pengguna mencari kontak atau grup penting di WhatApp.

Dalam opsi yang sama, pengguna bisa menambahkan, menyusun ulang, hingga menghapus kontak maupun grup dari daftar favorit. perlu diketahui bahwa pengguna lain tidak akan menerima notifikasi ketika ditambhakan menjadi kontak favorit. Jadi kontak atau grup favorit hanya akan tersimpan di akun pengguna yang mengatur saja. 

Dengan hadirnya opsi itu, pengguna juga akan lebih mudah memjangkau kontak penting yang masuk daftar favorit dari tab panggilan. sebab, panggilan dari kontak atau grup fovit akan ditampilkan paling atas dari semua log panggilan.

Dengan menghilangkan keharusan untuk menyimpan nomor untuk sementara waktu, pengguna dpat berkomunikasi dengan lancar tanpa mengacaukan buku alamat mereka, terutama ketika berinteraksi  dengan kontak secara satu per satu.

Baca Juga:   Ini Bedanya Wajah Seseorang yang Cukup Tidur vs Tidur Kurang dari 7 Jam Sehari

WhatsApp juga menangani masalah manajemen grup dengan filtur “Grup Tersembunyi” yang terlihat pada versi beta 2.24.9.20. fungsionalitas ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan grup di dalam komunitas, meningkatkan privasi dan kontrol atas keanggotaan grup.

Akses ekslusitif diberikan kepada anggota yang diundang memastikan bahwwa hanya peserta yang dituju yang dapat menenmukan dan bergabung dengan grup tersenyunti ini. Administrator komunitas diberdayakan dengan kemampuan  untuk menemukan dan menghapus grup-grup tersebut, merampingkan proses manajemen grup,

Baca berita dan artikel lain Google News

(ay)

Related Articles

Back to top button