Tekno

WhatsApp Siapkan Kejutan, Bakal Rombak Total Tampilan di Android dan iOS!

Foto: TV9 Bharatvarsh

LiveNews – Aplikasi perpesanan WhatsApp kabarnya tengah menyiapkan kejutan besar untuk penggunanya. WhatsApp dilaporkan sedang menggarap tampilan baru untuk aplikasi Android dan iOS setelah sekian tahun terus menggunakan antarmuka aplikasi yang sama.

Bocoran tersebut diungkapkan oleh WABetaInfo yang menemukan tampilan antarmuka baru di WhatsApp beta untuk Android versi 2.23.18.18 dan WhatsApp beta untuk iOS versi 23.17.1.77. Saat ini tampilan baru antarmuka WhatsApp tersebut masih dalam tahap pengembangan sehingga belum tersedia untuk uji coba beta.

WABetaInfo pun turut membagikan tangkapan layar tampilan baru aplikasi WhatsApp yang terlihat jauh berbeda dibandingkan tampilan aplikasi saat ini. Menurut WABetaInfo, penyegaran tampilan antarmuka baru ini membuat WhatsApp tampak lebih modern.

Terlihat dari tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, perubahan paling drastis dapat dilihat di WhatsApp untuk Android. Bilah status yang ada di bagian paling atas aplikasi diubah warnanya menjadi putih, tidak lagi hijau seperti sekarang ini. Font nama WhatsApp yang berada di bagian atas juga berubah dan kini menggunakan warna hijau seperti warna aplikasi.

Baca juga: Warganet Ramai Bahas Tanda “Kali” atau “x” di WhatsApp, Ini Penjelasannya

Sementara WhatsApp untuk iOS pun tak ketinggalan dipermak, tampilan halaman utama aplikasi turut diubah walaupun tidak sedrastis tampilan di Android. Jika sebelumnya aplikasi WhatsApp untuk iOS menggunakan warna aksen biru, di tampilan barunya WhatsApp akan menggunakan warna hijau untuk warna utamanya.


Tampilan baru WhatsApp untuk Android (kiri) dan iOS Foto: WABetaInfo

Selain perubahan tampilan utamanya, WhatsApp juga menambahkan fitur baru di halaman depan aplikasi Android dan iOS. Fitur baru itu berupa tombol filter yang memudahkan pengguna menyaring pesan berdasarkan tiga kategori yaitu pesan yang belum dibaca, pesan pribadi, dan pesan bisnis.

Baca Juga:   Membuka Potensi TV Berkemampuan Bluetooth

WABetaInfo mengatakan update ini semakin menegaskan bahwa WhatsApp berencana menyamakan antarmuka dan fitur untuk aplikasi Android dan iOS. Tapi khusus untuk Android, WhatsApp harus tetap mengikuti pedoman Material Design 3.

Hingga saat ini, belum diketahui kapan fitur baru tersebut akan bisa diakses oleh beta tester dan kapan dirilis untuk semua pengguna mengingat antarmuka baru WhatsApp masih dalam tahap pengembangan.

(dwk)

Related Articles

Back to top button