Tekno

WhatsApp Web Bakal Kebagian Fitur Screen Lock atau Kunci Layar

Foto: WABetaInfo

LiveNews – WhatsApp sedang merancang fitur baru untuk melindungi data penggunanya dengan lebih baik. Fitur ini dikenal dengan sebutan “kunci layar” dan akan segera hadir di versi web WhatsApp.

Walaupun belum resmi dirilis untuk semua orang, fitur “kunci layar” ini telah diberikan kepada sejumlah pengguna yang menggunakan versi beta WhatsApp Web.

Berdasarkan informasi dari WABetaInfo, sebuah sumber yang sering kali memberikan bocoran tentang fitur-fitur baru WhatsApp, versi beta 2.2333.11 sudah dapat mencoba fitur ini.

Cara Menggunakan Fitur Screen Lock WhatsApp Web

Untuk mengakses fitur “kunci layar”, Anda bisa masuk ke menu Pengaturan, kemudian pilih “Privasi” dan gulir layar ke bawah hingga menemukan “Kunci Layar”.

Setelah fitur ini diaktifkan, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi (password) saat ingin membuka kunci layar WhatsApp Web. Kata sandi minimal harus terdiri dari 6 karakter dan maksimal 128 karakter. Anda bisa menggunakan huruf, angka, serta beberapa tanda baca umum seperti titik, koma, strip, tanda tanya, dan lain-lain.

WhatsApp menjelaskan, “Saat fitur ini diaktifkan, Anda perlu memasukkan kata sandi untuk membuka kunci layar WhatsApp Web. Notifikasi tidak akan muncul saat layar terkunci. Kunci layar akan dinonaktifkan saat Anda keluar (log out) dari WhatsApp Web.”

Fitur ini bekerja dengan mengunci akses ke WhatsApp Web untuk melindungi percakapan Anda, terutama saat Anda menjauh dari komputer atau laptop.

Selain melindungi percakapan, fitur kunci layar juga mencegah notifikasi chat muncul di layar komputer atau laptop. Ini penting untuk menjaga kerahasiaan percakapan dan informasi rahasia.

Jika Anda lupa kata sandi yang telah Anda atur, Anda dapat keluar (log out) dari akun WhatsApp Web di laptop dan masuk kembali menggunakan smartphone Anda.

Baca Juga:   Fitur Flipside Akan Dihapus, Ternyata Selama Ini Instagram Hanya Uji Coba

Caranya adalah dengan mengklik tombol “Keluar” seperti yang ditunjukkan dalam gambar di atas. Kemudian, masuk kembali dengan mengklik ikon tiga titik di pojok kanan atas aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Pilih “Tautkan perangkat”. Pindai kode QR yang muncul di layar laptop atau komputer, dan Anda akan langsung masuk ke akun WhatsApp Web Anda.

Baca juga: Ini Cara yang Bisa Dilakukan untuk Membuat WhatsApp Tidak Terlihat Aktif!

Fitur baru ini memiliki manfaat positif yang signifikan, seperti meningkatkan keamanan pengguna. Ketika fitur ini diaktifkan, orang lain yang mencoba mengakses WhatsApp Web Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi yang telah Anda atur. Fitur kunci layar ini juga membantu melindungi informasi pribadi di akun WhatsApp Anda dari mata orang lain.

Namun, karena fitur ini masih dalam pengembangan, bagi pengguna yang belum mendapatkannya diharapkan bersabar dan menunggu. Sepertinya fitur ini akan segera dirilis secara resmi dalam waktu dekat. Sebagai langkah yang bisa diambil saat ini, Anda disarankan untuk rutin melakukan pembaruan pada WhatsApp Web agar tetap mendapatkan fitur-fitur terbaru.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(dwk)

Related Articles

Back to top button