Tekno

Whoosh, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan Diresmikan 1 Oktober 2023 Mendatang

Sumber: Fajar

LiveNews – Kereta cepat “WHOOSH” rute Jakarta-Bandung ini akan diresmikan pada Hari Minggu, 01 Oktober 2023 oleh Presiden Jokowi. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investigasi, Luhut Binsar Panjaitan seusai rapat terbatas mengenai integrasi moda transportasi di Kompleks Istana Kepresidenan pada Hari Rabu 27 September, kemarin. 

Hingga saat ini, Kereta Cepat Whoosh masih menjalani tahap kedua uji coba yang bisa di akses masyarakat umum secara gratis, berlangsung mulai tanggal 25-30 September 2023. Antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti perkembangan KA cepat ini, terlihat dimana kuota tiket yang terisi penuh hanya dalam waktu singkat sesaat setelah pembukaan pada tanggal 24 September 2023.

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Resmi Dinamai ‘Whoosh’, Ini Artinya

Pendaftaran uji coba operasional Kereta Cepat Whoosh dengan penumpangan tidak berbayar ini bisa di akses masyarakat secara online melalui situs https://ayonaik.kcic.co.id. Kuota yang disediakan terbatas yakni 500 tempat duduk untuk setiap perjalanan KA Cepat. 

Selama tahap uji coba terbatas berlangsung, Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyediakan sebanyak 4 jadwal perjalanan pulang-pergi (PP). Sehingga terdapat total 8 perjalanan Kereta Cepat Whoosh ini beroperasi setiap harinya. Adapun jadwal operasional harian sebagai berikut:

  1. Stasiun Halim – Tegalluar PP dengan waktu keberangkatan pukul 09.00 WIB dan pukul 14.00 WIB 
  2. Stasiun Tegalluar – Stasiun Halim PP dengan waktu keberangkatan pukul 09.00 WIB dan pukul 14.00 WIB 

Tata Cara Mengikuti Uji Coba Tahap Kedua Kereta Cepat Whoosh

  1. Pendaftaran tahap 2 dibuka pada 24 September untuk
    keberangkatan mulai tanggal 25 sampai dengan 30 September 2023
  2. Buka website resmi KCIC di situs ayonaik.kcic.co.id
  3. Pilih rute perjalanan, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang.
  4. Isi data penumpang sesuai dengan identitas dan ikuti alur pendaftaran.
  5. Setelah melakukan pendaftaran, calon penumpang akan mendapatkan email sebagai bukti pendaftaran
  6. Satu pendaftar dapat melakukan pemesanan untuk maksimal 2 penumpang.
  7. Satu NIK hanya dapat melakukan pemesanan 1 kali selama masa uji coba.
  8. Pada hari H perjalanan, calon penumpang wajib melakukan verifikasi kepada petugas KCIC dengan menunjukkan bukti pendaftaran dan kartu identitas.
Baca Juga:   Mudah, Ini Cara Kalibrasi Baterai iPhone!

Baca Juga: Spesifikasi dan Teknologi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

kereta cepat jakarta-bandung

Sumber: Galamedia

Melansir dari kanal Bisnis Liputan6.com, Kamis,
21 September 2023, Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha PT KAI
(Persero) John Robertho menyebutkan bahwa pemberlakuan tarif tiket kereta cepat whoosh akan mulai pada bulan Oktober 2023, setelah masa tahap uji coba kedua selesai. 

Pada peresmian Kereta Cepat Whoosh mendatang akan dilakukan Soft Launching langsung oleh Presiden Joko Widodo sekaligus pengumuman besaran harga tiket kereta secara resmi. Disebutkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investigasi, Luhut Binsar Panjaitan, bahwa pemerintah rencananya akan memberikan diskon secara bertahap di awal operasional Kereta Cepat Whoosh ini. Selain dalam masa promosi, hal ini diharapkan agar masyarakat dapat menikmati fasilitas dengan baik sehingga mau beralih ke penggunaan kereta cepat ini.

Direktur utama Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi menyebutkan bahwa Kereta Cepat Whoosh memiliki tiga kelas. Beliau mengusulkan untuk harga tiket VIP berkisar pada harga Rp 300.000.

Adapun informasi mengenai rincian kelas dan perkiraan harga tiket kereta sebagai berikut.

  1. Kelas VIP, memiliki 18 kursi dalam satu gerbong dengan pengaturan tempat duduk 1-2 orang. Harga tiket kelas VIP diperkirakan mencapai sekitar Rp 350.000 untuk setiap penumpang.
  2. Kelas I (First Class), memiliki 28 kursi dalam satu gerbong dengan pengaturan tempat duduk 2-2 orang. Harga tiket first class ini diperkirakan sekitar Rp 300.000 untuk setiap penumpang.
  3. Kelas II (Second Class), memiliki 555 kursi dalam satu gerbong dengan pengaturan tempat duduk 3-2 orang. Harga tiket second class ini diperkirakan sekitar Rp 250.000 per penumpang.

Meski demikian harga di atas masih merupakan perkiraan,
sebab pengumuman mengenai besaran harga tiket secara resmi baru akan diumumkan bersamaan dengan acara peresmian kereta cepat whoosh pada 01 Oktober 2023 mendatang.

Baca Juga:   TikTok Dikabarkan Akan Buat Influencer dari AI yang Bisa Promosi Produk

Baca Berita dan Artikel lain di Google News

(AT)

Related Articles

Back to top button