Hiburan

Wolfgang Van Halen ungkap alasan enggan memainkan lagu band sang ayah

Jakarta (LiveNews) – Putra gitaris Eddie Van Halen, Wolfgang Van Halen, mengungkapkan alasan mendasar dia enggan membawakan lagu-lagu band sang ayah secara live karena lebih memilih gagal kala memainkan musik sendiri, ketimbang mendulang sukses dengan membawakan karya orang lain.

Musisi yang bermusik di bawah proyek Mammoth WVH itu memang sempat membawakan lagu milik band Van Halen di antaranya “On Fire”, “Hot For Teacher” dan “Panama” pada konser penghormatan untuk mendiang pemain drum band Foo Fighters Taylor Hawkins tahun lalu. Dalam konser tersebut, Wolfgang tampil bersama pentolan The Darkness, Justin Hawkins (vokal), Dave Grohl dari Foo Fighters (bass), dan Josh Freese (drums) yang belakangan didapuk menjadi pengganti Taylor di Foo Fighters.

“Konser itu sangat indah dan sebentuk pengecualian karena momentum yang tepat untuk melakukannya. Taylor adalah penggemar berat Van Halen dan untuk mendapatkan kepuasan sendiri dalam memberikan penghormatan Van Halen kepada ayah, rasanya saya telah melakukan hal yang benar dan bangga terhadap hal itu,” kata Wolfgang dalam sebuah siniar, seperti disiarkan NME, Minggu (17/9).

Baca juga: Penyebab kematian Eddie Van Halen telah dikonfirmasi

Wolfgang lantas menjelaskan mengapa di dalam konser tersebut dia melabrak aturan mengenai keengganan dirinya membawakan lagu-lagu dari band Van Halen.

“Saya senang bila bisa membuktikan kemampuan diri. Kuncinya adalah saya tidak melakukan hal yang dilakukan oleh ayah. Saya adalah musisi bagi diri saya sendiri. Itulah sebabnya, saya tidak memiliki rencana atau memainkan musik Van Halen di dalam set,” kata Wolfgang.

Wolfgang menambahkan bahwa sang ayah pun tergolong sebagai musisi yang tidak menyukai sesi cover lagu orang lain pada masa kejayaan Van Halen. Sebuah kutipan Eddie yang terus bergema di benak Wolfgang adalah bahwa dia lebih suka tampil memukau dengan musik sendiri ketimbang sukses dengan musik milik orang lain.

Baca Juga:   Sony berencana merilis film "Street Fighter" pada 2026

“Hal itulah yang saya rasakan bila dikaitkan dengan musik Van Halen. Saya lebih memilih gagal memainkan musik sendiri daripada mendulang kesuksesan tanpa ada rasa kala membawakan lagu ‘Panama’ milik Van Halen,” dia menjelaskan.

Beberapa waktu lalu, Wolfgang Van Halen sempat mendapatkan sorotan dari sejumlah pengkritik yang menganggap dia telah gagal memberikan penghormatan kepada mendiang sang ayah lantaran tidak pernah mau memainkan lagu-lagu Van Halen secara live di atas panggung.

Bahkan pada awal tahun ini, seorang penggemar sempat menyindir Wolfgang yang dianggap hanya memanfaatkan nama besar Van Halen milik sang ayah. Membalas kritikan tersebut, Wolfgang lantas menulis, “Van Halen memang bagian nama lengkapku, dasar kau!”.

Baca juga: Foo FIghters bagikan rencana “comeback” meski tanpa Taylor Hawkins

Baca juga: Momentum G-Pluck hadirkan lagu istimewa untuk adik tiri John Lennon

Baca juga: Queen dan Adam Lambert umumkan konser tur di Jepang 2024

Penerjemah: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Natisha Andarningtyas

Related Articles

Back to top button