Tekno

10 Ide Konten Tiktok Edisi Lebaran 2024, Dijamin Langsung FYP!

Foto: fanbytes.co.uk

LiveNews – TikTok merupakan platform media sosial yang sangat populer di Indonesia dan seluruh dunia.
Di platform ini, ada yang disebut dengan FYP atau For You Page yang menjadi tempat bagi konten-konten populer dan viral. FYP menjadi sangat penting bagi para konten kreator karena dapat menarik banyak followers dan meningkatkan popularitas akun mereka.

Edisi libur lebaran 2024 kali ini tentu banyak dimanfaatkan para konten kreator untuk bisa membagikan momen lebarannya bersama para keluarga dan para kerabat di kampung halaman masing-masing.

Berdasarkan TikTok Ramadhan Insight, sebanyak 75 persen pengguna aplikasi TikTok mencari inspirasi di platform yang sama saat menjalani puasa dan libur lebaran yang akan tiba.

Bagaimana Cara FYP TikTok?

Untuk bisa FYP tentu kamu harus menyiapkan konten yang unik dan menarik untuk ditonton oleh banyak orang. 

Konten yang unik dan menarik dapat meningkatkan peluang untuk masuk ke halaman FYP TikTok. Coba buatlah konten yang berbeda dari yang lain, sehingga mampu menarik minat pengguna untuk menyaksikannya. 

Di tengah Edisi Lebaran kali ini kamu bisa buat konten seputar kegiatan perayaan hari lebaran, tentu banyak para konten kreator yang berusaha untuk menciptakan materi yang unik dan menarik untuk merayakan momen tersebut dengan kekhasan tersendiri. 

Ide Konten Edisi Lebaran 2024

Masyarakat Indonesia menjelang lebaran biasanya banyak tradisi yang dilakukan. Mulai dari mempersiapkan baju lebaran, membeli kue, hingga mudik lebaran. 

Menurut perkiraan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sekitar 193,6 juta orang diperkirakan akan melakukan perjalanan pulang kampung pada Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 H. Angka ini setara dengan 71,7 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dalam keterang tertulis, Selasa (12/3/2024).

Meningkatnya jumlah para pemudik menandakan setidaknya akan banyak momen-momen yang diabadikan dengan memposting kebersamaan berkumpul dengan keluarga dan para kerabat di kampung halaman.

Baca Juga:   Hati-Hati! Kominfo Baru Saja Mengungkapkan Modus Penipuan Online!

Baca juga: Presiden AS dan China Telponan untuk Bahas TikTok, Ada Apa?

Bingung belum ada ide konten untuk edisi lebaran kali ini? Tentu ide ini bisa bantu kalian membuat konten yang menarik dan auto FYP. Simak penjelasan berikut

1. Konten Mudik

Foto: getlost.id

Informasi yang paling dicari menjelang Lebaran adalah mengenai mudik, termasuk lokasi rest area, arus mudik dan balik, berita kemacetan, jalur alternatif, dan sebagainya.

Ada juga kebutuhan untuk mendapatkan informasi gratis tentang mudik, tips untuk mendapatkan tiket mudik yang terjangkau, serta tips keamanan rumah selama mudik. Segala hal yang terkait dengan perjalanan pulang kampung akan dicari dengan antusias oleh masyarakat.

2. Ide OOTD (Outfit of the Day) Lebaran

Foto: Pexels

Satu kebiasaan yang sangat dinantikan saat Lebaran adalah berbelanja pakaian baru. Banyak orang berusaha mencari inspirasi untuk penampilan yang modis dan istimewa saat Hari Raya tiba. Dan, tips tentang cara memadu-padankan pakaian selalu diminati di setiap platform online. Tidak jarang banyak orang akan mengambil inspirasi outfit melalui media sosial. 

3. Resep dan Tutorial Masak

Foto: Kompas.com

Tradisi memasak saat Lebaran merupakan bagian tak terpisahkan dari perayaan tersebut. Setiap tahun, keluarga dan teman-teman berkumpul untuk menyiapkan berbagai hidangan lezat yang akan disantap bersama saat hari raya tiba.

Makanan yang beragam mulai dari ketupat, rendang, opor ayam, lontong sayur, kue lebaran dan masih banyak lagi bisa jadi referensi kamu untuk buat konten. Jangan lupa buat tutorial memasaknya, ini akan membantu para viewer untuk menyimpan kontenmu (re-create).

4. Ide Hampers Lebaran

Foto: linkumkm.id

Hampers memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk memberikan hadiah kecil yang bermakna kepada keluarga, teman, atau rekan kerja. Ini adalah cara yang baik untuk mengekspresikan kasih sayang dan penghargaan di tengah kesibukan menjelang Lebaran.

Baca Juga:   Tips Sukses Membuat Podcast dari Suchandrika Chakrabarti

Tentu, ide ini dapat digunakan sebagai inspirasi untuk menciptakan konten baru. Selain itu, kamu juga dapat meningkatkan daya tarik konten dengan menyertakan rekomendasi produk atau informasi spesifik lainnya yang dapat menarik perhatian pengguna lainnya.

Baca juga: Berikut Daftar Promo Kuota Internet Edisi Ramadhan Hingga Lebaran 2024, Buruan Cek!

5. Tutorial Make Up dan Hijab

Foto: Pexels

Banyaknya jenis make up yang berkembang saat ini mulai dari No-Makeup Makeup Look, Bold Eyebrows, Colored Eyeliners, dan masih banyak lagi menjadi hal yang paling diminati para generasi Z saat ini. 

Hijab dengan berbagai model yang berkembang saat ini menjadi menjadi referensi untuk memeriahkan lebaran kali ini. Tentu ini bisa jadi bahan konten yang bisa kamu buat untuk menarik perhatian pengguna TikTok lainnya.

6. Tempat Wisata

Foto: Pexels

Kamu bisa mempertimbangkan tempat-tempat wisata sebagai inspirasi konten TikTok untuk Lebaran 2024.

Ide konten yang dibuat tidak hanya terbatas pada tujuan wisata, tetapi juga mencakup akomodasi, penyewaan kendaraan, tempat-tempat tersembunyi yang menarik, dan lain sebagainya.

Edisi lebaran dan liburan tahun 2024 yang cukup panjang ini tentu dimanfaatkan sebagai kesempatan untuk melepas penat dengan mengunjungi tempat wisata. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika topik seputar perjalanan akan menjadi sangat populer.

7. Konten Silahturahmi

Foto: umroh.com

Menjadi tradisi yang unik dan momen mahal ketika tidak mengabadikan kebersamaan yang hanya setahun sekali terjadi. Berkumpul dengan para kerabat di kampung halaman menjadi momen yang tidak bisa dilewatkan. Konten silahturahmi ini akan banyak dicari para pengguna TikTok karena menambah suasana lebaran yang sakral.

Kamu bisa membuat konten dengan mengingat kembali momen-momen saat berada di kampung halaman, atau, manfaatkan kehadiran saudara sebagai tambahan talenta untuk bermain permainan dan kegiatan lainnya.

Baca Juga:   Kominfo Siapkan Regulasi Penggunaan Teknologi AI, Ini Tujuannya

8. THR dan giveaway

Foto: Pexels

Ketika Lebaran tiba, rasanya kurang lengkap tanpa kehadiran THR. Tradisi pemberian THR bisa jadi bahan konten di TikTok-mu. Sebagai contoh, kamu bisa membuat rekomendasi amlpo THR yang unik untuk dibagikan dan ekspresi setiap orang yang kamu kasih THR.

Referensi lain yang bisa kamu buat adalah dengan memberikan THR melalui giveaway. Bisa denga menyediakan voucher atas produk-mu atau saldo dompet digitaldengan syarat tertentu sehingga konten pemberian THR tidak hanya populer tetapi juga menguntungkan bagi kamu.

9. Challenges Lebaran

Foto: Pexels

Mengajak pengguna untuk mengikuti challenges kreatif yang berkaitan dengan Lebaran, seperti tantangan membuat hiasan rumah Lebaran atau tantangan masak dengan bahan-bahan sisa makanan Lebaran bisa jadi referensi konten mu.

Kamu juga bisa membagikan momen challenges ini dengan keseruan dan hadiah menarik yang kamu sediakan.

10. Rekomendasi Serial, Film, dan Musik

Foto: Pexels

Akan ada banyak genre film yang akan hadir di setiap momen lebaran setiap tahunnya. Untuk itu konten yang berisikan rekomendasi film, perilisan musik terbaru, dan jadwal konser bisa jadi pertimbangan untuk membuat konten TikTok.

Banyak dari masyarakat yang biasanya kebingungan untuk menonton film atau konser musik karena banyaknya film atau konser musik yang akan datang. Kamu bisa manfaatin ini dengan memberikan rekomendasi terbaik berdasarkan pengalaman-mu!

Dari kesepuluh ide yang ada bisa jadi pertimbangan kamu untuk bisa memeriahkan lebaran 2024 kali ini menjadi lebih meriah.

Buruan mulai berkreasi sebanyak mungkin!

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ny)

Related Articles

Back to top button