Nasional

3 Teori Konspirasi Serangan 11 September: Deep State hingga Penabrak WTC Bukan Pesawat Penumpang

LiveNews – Hari ini diperingati sebagai peristiwa 11 September, yakni hari dimana serangan terorisme meruntuhkan gedung WTC (World Trade Center) di New York. Pertistiwa ini terjadi 22 tahun lalu, tepatnya pada 11 September 2001.

Diketahui, tragedi tersebut memakan korban 3.000 orang yang mana 2.750 orang di antaranya meninanggal dunia akibat tragedi tersebut. Serangan  ini pun disebut sebagai serangan terorisme paling mematikan di Amerika Serikat.

Usai insiden mengerikan yang terjadi 22 tahun silam tersebut, berbagai teori konspirasi serangan 11 September pun bermunculan yang dari waktu ke waktu terus berkembang dan menyebar ke berbagai penjuru dunia.

Lantas, apa saja teori konspirasi serangan 11 September? Nah untuk mengetahuinya, simak ulasannya berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga:Sinopsis 12 Strong, Perjuangan 12 Pasukan di Afghanistan Usai Tragedi WTC

1.  ‘Pemerintahan Tersembunyi’

Salah satu teori konspirasi yang muncul usai adanya serangan 11 September yaitu teori QAnon. Teori ini meyakini adanya ‘pemerintahan tersembunyi (deep state) di AS. Penganut teori ini menganggap ‘Pemerintah Tersembunyi’ sebagai pihak yang bertanggung jawab atas tragedi 11 September.

Penganut teori ini percaya bahwa pemerintah AS lah yang menyutradarai serangan 11 September ini, atau sudah mengtahui para pelakunya sebelum melakukan serangan dan memperbolehkan mereka untuk melakukan serangan.

2. Kebakaran tak terkendali

Teori konspirasi lainnya yang muncul usai serangan 11 September di WTC ini yaitu bukan karena serangan terorisme, melainkan karena adanya kebakaran yang tak terkendali dan terjadi berjam-jam di gedung tersebut.

Baca Juga:Sinopsis 9/11, Kisah Lima Orang yang Terjebak dalam Lift saat Tragedi WTC

Penganut teori ini semakin yakin runtuhnya gedung WTC ini akibat kebakaran dahsyat karena tidak adanya bukti bahan peledak yang ditemukan di area gedung. Selain itu, tidak adanya rekaman bunyi ledakan keras yang beruntun.

Baca Juga:   Jangan Anggap Remeh! Menkes Ungkap Polusi Udara Jadi Faktor Kematian Terbanyak ke-5 di Indonesia

3. Jet pribadi

Teori konspirasi berikutnya teori jet pribadi. Teori ini menyebutkan, AS  menembakkan rudal ke Pentagon menggunakan jet pribadi. Pasalnya, lubang pada gedung tersebut terlalu kecil jika dilakukan oleh ukuran pesawat penumpang.

Penganut teori ini menyebutkan bahwa pesawat Boeing 757 ini tidak menabrak gedung, akan tetapi yang menabrak gedung ini adalah rudal atau pesawat kecil atau pesawat tanpa awak.

Demikian informasi mengenai beberapa teori konspirasi serangan 11 September. Selain teori konspirasi di atas, ada juga teori konspirasi lainnya yaitu teori media viral, teori pesawat United Airlines 93 keempat, dan teori ‘Elite Yahudi’.

Kontributor : Ulil Azmi

Related Articles

Back to top button