Tekno

4 Cara Mengetahui Pesan WhatsApp Sudah Dibaca Walaupun Tidak Centang Biru

Sumber: Koala+

LiveNews – Mengirim pesan melalui WhatsApp telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Meta, perusahaan induk WhatsApp, telah meluncurkan fitur centang biru untuk memudahkan pengguna mengetahui apakah pesan yang mereka kirim sudah dibaca oleh penerima.

Namun, tidak semua orang merasa nyaman dengan tanda centang biru ini. Beberapa orang memilih untuk mematikan fitur tersebut demi menjaga privasi mereka. Lalu, bagaimana cara mengetahui pesan whatsapp sudah dibaca tapi centang biru? Berikut ini trik yang bisa Anda coba.

Mengapa Centang Biru Dimatikan?

Sebelum kita masuk ke trik mengetahui pesan yang sudah dibaca tanpa centang biru, ada baiknya kita memahami mengapa seseorang memilih untuk mematikan fitur ini. Alasan utama biasanya berkaitan dengan privasi dan kenyamanan.

Dengan mematikan centang biru, seseorang tidak akan merasa tertekan untuk segera membalas pesan setelah membacanya. Ini memberikan ruang lebih untuk merespon pesan sesuai dengan waktu yang mereka miliki tanpa tekanan dari pengirim pesan yang menunggu balasan cepat.

Baca juga: Cara Membuat WhatsApp Centang Satu Padahal Sedang Online

Cara Tahu WA Sudah Dibaca Walaupun Tidak Centang Biru

Jika Anda penasaran apakah pesan WhatsApp Anda sudah dibaca oleh penerima yang mematikan centang biru, ada trik yang bisa kamu lakukan. Trik ini melibatkan pembuatan grup WhatsApp. Meskipun sedikit membutuhkan usaha, cara ini cukup efektif dan layak dicoba.

Berikut langkah-langkahnya: 

  1. Buat Grup WhatsApp: Langkah pertama adalah membuat grup WhatsApp baru. Undang penerima yang ingin Anda ketahui apakah mereka sudah membaca pesanmu atau belum.
  2. Kirim Pesan di Grup: Setelah memastikan penerima telah bergabung dengan grup, Anda bisa mengetik dan mengirim pesan yang ingin disampaikan di grup tersebut.
  3. Tunggu Beberapa Saat: Berikan sedikit waktu kepada penerima untuk membuka dan membaca pesan tersebut.
  4. Cek Status Pesan: Untuk mengecek apakah pesan sudah dibaca, tekan pesan yang telah Anda kirim dan klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih “Info”. Di sana, Anda akan melihat siapa saja yang telah membaca pesan tersebut. Jika penerima telah membaca pesan, nama mereka akan muncul di bagian “Dibaca oleh”.
Baca Juga:   Siap Saingi Meta, Telegram Hadirkan Fitur untuk Berbisnis

Mengapa Cara Ini Efektif? 

Cara ini efektif karena WhatsApp menyediakan informasi yang lebih detail di grup dibandingkan chat pribadi. Di grup, WhatsApp menampilkan siapa saja yang telah membaca pesan, sesuatu yang tidak tersedia di chat pribadi jika fitur centang biru dimatikan.

Jadi, meskipun penerima mematikan centang biru di chat pribadi, mereka tidak bisa menghindar dari sistem pelacakan di grup.

Baca juga: Cara Membuat Nada Dering WhatsApp Sebut Nama Sendiri, Ikuti Langkah Ini!

Tips Menggunakan Trik Ini

  • Jangan Berlebihan: Gunakan trik ini hanya jika benar-benar diperlukan. Membuat grup baru hanya untuk mengecek status pesan bisa dianggap mengganggu oleh sebagian orang.
  • Jelaskan Alasan: Jika penerima bertanya mengapa mereka diundang ke grup baru, jelaskan alasanmu dengan jujur. Misalnya, kamu bisa mengatakan bahwa Anda ingin memastikan pesan penting sudah diterima dan dibaca.
  • Hapus Grup Setelahnya: Untuk menghindari kebingungan atau spam, hapus grup setelah Anda mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Alternatif Lain untuk Mengetahui Pesan Telah Dibaca

Selain trik membuat grup WhatsApp, ada beberapa alternatif lain yang bisa Anda coba untuk mengetahui apakah pesanmu sudah dibaca tanpa perlu mengandalkan centang biru.

1. Gunakan WhatsApp Web atau Desktop
WhatsApp Web atau aplikasi desktop WhatsApp dapat memberikan beberapa petunjuk tambahan mengenai status pesan. Saat menggunakan WhatsApp Web, Anda bisa melihat apakah penerima sedang online atau kapan terakhir kali mereka aktif. 

Meskipun ini bukan konfirmasi pasti bahwa pesanmu telah dibaca, ini bisa memberikan indikasi bahwa penerima telah membuka aplikasi WhatsApp dan kemungkinan besar melihat pesanmu.

2. Kirim Pesan Suara
Mengirim pesan suara adalah trik lain yang bisa digunakan. Ketika penerima memutar pesan suara, meskipun centang biru dimatikan, indikator pesan suara akan berubah menjadi centang biru dua. Ini bisa menjadi cara lain untuk memastikan bahwa penerima telah membuka dan mendengarkan pesanmu.

Baca Juga:   Jokowi Pertanyakan Anggaran Rp6,2 T untuk Buat Aplikasi, Ada Kementrian Punya 500 App

3. Gunakan Pesan Broadcast
Pesan broadcast memungkinkan Anda mengirim pesan ke banyak kontak sekaligus tanpa mereka tahu bahwa pesan tersebut dikirim secara massal.

Jika seseorang membalas pesan broadcast tersebut, itu menunjukkan bahwa mereka telah membaca pesanmu. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini tidak memberikan konfirmasi baca yang spesifik seperti di grup WhatsApp.

Mengetahui apakah pesan WhatsApp sudah dibaca tanpa adanya tanda centang biru memang memerlukan sedikit usaha ekstra. Namun, dengan trik membuat grup WhatsApp, Anda bisa mendapatkan informasi tersebut dengan cukup mudah.

Meskipun sedikit merepotkan, metode ini bisa menjadi solusi efektif bagi Anda yang ingin memastikan pesanmu sudah dibaca oleh penerima yang mematikan fitur centang biru. Ingat untuk menggunakan trik ini dengan bijak dan menghargai privasi orang lain.

Semoga tips ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam komunikasi sehari-hari di WhatsApp.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm)

Related Articles

Back to top button