Tekno

4 Langkah Mengatasi “Akun Dinonaktifkan Tidak Dapat Dihubungi” di Instagram


Foto: TechCult

LiveNews – Pernahkah Anda mengalami akun Instagram dinonaktifkan secara tiba-tiba? Muncul pesan “Akun Dinonaktifkan Tidak Dapat Dihubungi” saat mencoba login? Tenang, Anda tidak sendirian. Banyak pengguna Instagram yang mengalami kendala serupa. 

Tapi jangan khawatir, ada beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mengatasi error ini dan mengaktifkan kembali akun Anda. Berikut panduan lengkapnya, dikutip dari tekno.kompas

Langkah 1: Periksa Pesan Email dari Instagram

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kotak masuk email Anda yang terhubung dengan akun Instagram. Instagram biasanya mengirimkan email notifikasi kepada pengguna yang akunnya dinonaktifkan. 

Email tersebut berisi informasi terkait alasan penonaktifkan akun dan panduan untuk mengajukan banding. Perhatikan baik-baik isi email tersebut, karena informasi di dalamnya sangat penting untuk proses selanjutnya. 

Baca juga: Instagram Garap Fitur ‘Friend Map’ untuk Lacak Lokasi Teman

Langkah 2: Ajukan Banding Melalui Formulir

Jika Anda menerima email notifikasi, ikuti tautan yang disediakan untuk membuka formulir banding. Isi formulir dengan lengkap dan jelaskan kronologi kejadian yang menyebabkan akun Anda dinonaktifkan. 

Pastikan Anda menyertakan informasi yang akurat, jujur, serta bukti pendukung jika ada. Bukti pendukung yang bisa Anda lampirkan antara lain screenshot pesan error, email konfirmasi dari Instagram, atau bukti lain yang relevan dengan kasus Anda. 

Semakin lengkap dan detail informasi yang Anda berikan, semakin besar peluang akun Anda untuk dipulihkan. 

Langkah 3: Tunggu Respon dari Instagram

Setelah mengajukan banding, tim Instagram akan meninjau kasus Anda. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa hari, jadi bersabarlah dan tunggu balasan dari Instagram. Anda akan menerima notifikasi melalui email mengenai hasil peninjauan. Pada tahap ini, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi: 

  • Akun Anda dipulihkan: Jika tim Instagram menilai bahwa akun Anda dinonaktifkan secara keliru, akun Anda akan dipulihkan dan dapat kembali login seperti biasa.
  • Pengajuan banding ditolak: Jika tim Instagram menemukan bukti bahwa Anda telah melanggar pedoman komunitas Instagram, pengajuan banding Anda akan ditolak dan akun Anda akan tetap dinonaktifkan. 
  • Diminta informasi lebih lanjut: Tim Instagram mungkin memerlukan informasi lebih lanjut untuk menyelesaikan kasus Anda. Dalam hal ini, Anda akan menerima email yang berisi instruksi untuk memberikan informasi yang dibutuhkan. 
Baca Juga:   Lakupon: Top Up Game Online dengan Mudah, Aman, dan Bonus Menarik Lainnya

Langkah 4: Upaya Tambahan (Opsional)

Jika Anda masih belum mendapatkan solusi setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba beberapa upaya tambahan berikut; 

  • Laporkan Masalah melalui Pusat Bantuan Instagram: Buka aplikasi Instagram, buka “Pengaturan”, kemudian pilih “Bantuan” dan “Laporkan Masalah”. Jelaskan kendala yang Anda alami secara detail dan berikan informasi yang relevan dengan kasus Anda. 
  • Hubungi Instagram melalui Facebook: Kunjungi halaman Facebook resmi Instagram dan kirimkan pesan pribadi yang menjelaskan permasalahan Anda. Pastikan Anda menyertakan informasi akun Anda, seperti nama pengguna, alamat email, dan deksripsi singkat tentang masalah yang Anda alami. 
  • Gunakan Akun Lain untuk Menghubungi Instagram: Minta bantuan teman atau anggota keluarga yang memiliki akun Instagram aktif untuk menghubungi Instagram dan menjelaskan situasi Anda. Teman Anda dapat menghubungi Instagram melalui Pusat Bantuan Instagram atau Facebook. 

Tips Pencegahan

Untuk menghindari akun Instagram dinonaktifkan, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  • Patuhi Pedoman Komunitas Instagram: Bacalah dengan cermat pedoman komunitas Instagram dan hindari tindakan yang melanggar aturan, seperti memposting konten yang tidak pantas, melakukan spam, atau menggunakan bot
  • Gunakan Kata Sandi yang Kuat: Buatlah kata sandi yang kuat dan unik untuk akun Instagram Anda. Hindari menggunakan kata sandi yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir atau nama lengkap Anda. 
  • Aktifkan Verifikasi Dua Langkah: Aktifkan fitur verifikasi dua langkah untuk meningkatkan keamanan akun Anda. Dengan verifikasi dua langkah, Anda akan diminta memasukkan kode verifikasi dari aplikasi autentifikasi selain kata sandi saat login. Hal ini akan mempersulit orang lain untuk mengakses akun Anda tanpa sepengetahuan Anda. 

Akun Instagram yang dinonaktifkan memang bisa treasa menjengkelkan. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba untuk mengaktifkan kembali akun Anda. 

Baca Juga:   Ini Dia, Bocoran Harga iPhone 15 Series yang akan Rilis 12 September

Ingatlah untuk selalu patuhi pedoman komunitas Instagram dan gunakan akun Anda dengan bertanggung jawab. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm)

Related Articles

Back to top button