Tekno

5 Cara Menghilangkan Iklan di Smartphone Android, 100% Works!

Foto: Tipspintar.com

LiveNews – Ketika seseorang tengah menggunakan smartphone Android untuk berbagai kebutuhan, kemunculan iklan terkadang mengganggu aktivitas yang tengah dilakukan melalui smartphone Android. Sering kali, berbagai jenis iklan muncul tanpa kita minta. Mulai dari iklan, pinjaman online hingga iklan mengenai judi online. Namun tidak perlu bingung, terdapat beberapa cara untuk menghilangkan iklan pada Android. Sebagai catatan, setiap Android memiliki cara menghilangkan iklan yang berbeda, jadi silahkan coba semua cara dibawah ini. 

Cara Menghilangkan Iklan Pada Smartphone

1. Menghapus Aplikasi Mencurigakan

Ilustrasi

Ilustrasi aplikasi di android. Foto:iNews.id

Terdapat beberapa aplikasi pada Google Play Store yang memiliki iklan berlebihan atau berbahaya. Aplikasi tersebut biasanya bukan aplikasi resmi milik sebuah perusahaan. Selain itu, iklan juga bisa muncul jika pengguna mengunduh aplikasi dari sumber lain yang tidak terpercaya. Terlebih aplikasi tidak resmi tak hanya memunculkan iklan namun juga dapat membahayakan kesehatan dan keamanan perangkat pengguna. Oleh karena itu jika pengguna memiliki aplikasi tidak resmi, ada baiknya untuk menghapus atau meng-uninstall aplikasi tersebut. 

2. Mengaktifkan Google Play Protect

Ilustrasi

Ilustrasi google play protect. Foto: Geeksforgeeks

Google Play Protect merupakan fitur kemanan yang disediakan Google bagi perangkat Android. Melalui fitur ini, pengguna dapat melindungi perangkat smartphone dari berbagai ancaman kemanan. Mulai dari aplikasi berbahaya, malware, dan aktivitas berbahaya lainnya. Terdapat empat fitur utama dari Google Play Protect yaitu pemeriksaan aplikasi, penemuan perangkat, verifikasi aplikasi, dan pembaruan keamanan. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna perlu mengikuti langkah berikut.

  • Buka Google Play Store.
  • Buka Menu.
  • Pilih menu Play Protect.
  • Selanjutnya pilih ikon roda gigi.
  • Aktifkan opsi Scan device for security threats.
Baca Juga:   Telkomsel Ubah Limbah Sim Card Jadi Smartphone Holder dan Paving Block

Baca Juga : Kamu Pengguna Android yang Ingin Beralih ke iPhone? Simak Tips Ini Dulu

3. Menonaktifkan Notifikasi Situs Web Tertentu

Ilustrasi

Ilustrasi web yang berikalan. Foto: Liputan6

Ketika pengguna membuka berbagai situs web, pengguna sering kali mendapatkan permintaan izin untuk memunculkan berbagai notifikasi dari situs web. Ketika pengguna mengizinkan situs web untuk mengirimkan notifikasi, maka kemungkinan besar pengguna akan menerima berbagai jenis iklan atau konten yang tidak diinginkan. Maka dari itu, pengguna harus lebih berhati-hati dalam mengizinkan situs web untuk mengirimkan notifikasi. Jika pengguna sudah terlanjur mengizikan notifikasi, lakukan langkah berikut. 

  • Buka Chrome.
  • Buka Menu.
  • Pilih Pengaturan.
  • Lalu pilih opsi Notifikasi.
  • Selanjutnya pengguna hanya perlu mencari situs web yang tidak diinginkan dan menonaktifkan tombol notifikasi. 

4. Menggunakan aplikasi AdBlock atau AdClear

Ilustrasi

Ilustrasi aplikasi adblock. Foto: Techno.id

Jika pengguna ingin menghilangkan iklan pada Android secara cepat, maka pengguna bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi ketiga yaitu AdBlock atau AdClear. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, pengguna dapat memblokir iklan saat melakukan browsing atau penggunaan aplikasi lain. Untuk mendapatkan aplikasi AdBlock atau AdClear, pengguna dapat mengunduh langsung melalui Google Play Store atau situs resminya dan menyesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan. 

5. Mengubah DNS

Ilustrasi

Ilustrasi cara mengubah dns. Foto: Gadgetren 

DNS merupakan layanan yang merubah nama domain menjadi alamat IP. Ketika pengguna mengubah DNS, maka pengguna dapat meblokir iklan yang berasal dari server tertentu. Jika pengguna ingin mengubah DNS, maka pengguna dapat mengikuti langkah berikut.

  • Buka Pengaturan, lalu pilih Jaringan&Internet.
  • Plih Jaringan Seluler.
  • Pilih opsu Nama Titik Akses (APN).
  • Ubah DNS1 dan DNS2 dengan alamat DNS yang diinginkan. 
Baca Juga:   Praktis! Begini Cara Pesan Tiket Kereta Api Go Show di KAI Access

Baca Berita dan Artikel yang lain di  Google News

(ras)

Related Articles

Back to top button