Bisnis

5 Kota dan Kabupaten di Indonesia yang Diprediksi Paling Cepat Tenggelam

LiveNews – Sejumlah kota/ kabupaten di Indonesia diprediksi akan tenggelam menyusul dampak dari krisis iklim. Beberapa di antaranya bahkan diperkirakan tenggelam lebih cepat dari yang seharusnya. Berikut 5 kota/ kabupaten di Indonesia yang diprediksi paling cepat tenggelam karena iklim seperti dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Jakarta

Isu Jakarta tenggelam telah santer terdengar. Penelitian dari Climate Central menyebutkan bahwa wilayah Jakarta Barat hingga Utara akan tenggelam. Itu mencakup wilayah Kota Tua, Ancol, Monas, Kalideres, hingga wilayah Banten pun akan terkena dampaknya. Di tengah isu tenggelamnya Jakarta, konsep Sea Cities atau Kota Laut pernah mengemuka. 

Konsep ini mentransformasikan semua elemen kota misalnya pemukiman, fasilitas sosial dan ekonomi, transportasi, serta jaringan infrastruktur dari yang berbasis daratan menjadi berbasis permukaan lautan.

Sea Cities memperluas cara pandang kehidupan kota yang tidak selalu berbasis daratan. Jadi konsep ini menata ulang pola hubungan kota dan lautan. Studi terbaru merekomendasikan kombinasi akomodasi kenaikan air laut dan mengapung untuk menghadapi tantangan besar kenaikan air laut di Jakarta.

2. Semarang

Menghadapi ancaman banjir setiap tahun Semarang menjadi kota selanjutnya yang terancam tenggelam akibat iklim. Dalam kurun waktu 10-15 tahun Kota Semarang diprediksi terancam tenggelam. Namun, hal itu tidak akan terjadi jika pemerintah dan masyarakat kompak untuk mengantisipasinya. Kondisi pesisir Semarang saat ini sedang dibayangi krisis lingkungan. Jurnal yang diterbitkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyebutkan bahwa garis pantai di pesisir Semarang mengalami abrasi yang amat memprihatinkan.

3. Demak 

Kabupaten lain yang terancam tenggelam adalah Demak, Jawa Tengah. Sejumlah wilayah di desa-desa di Kecamatan Sayung pesisir Demak diketahui sudah tenggelam. Kota ini juga tak sekadar menghadapi ancaman tenggelam, namun juga kesulitan mendapatkan air bersih. 

Baca Juga:   LPS Catat Tabungan Nominal Rp 5 Miliar Meningkat, Masih Wajar?

4. Pekalongan

Kota Pekalongan menjadi salah satu yang terdampak paling parah akibat krisis iklim. Hal tersebut diprediksi sejumlah ahli yang menyebut wilayah pesisir Jalur Pantura, termasuk Kota Pekalongan, berpotensi tenggelam karena intens dan meluasnya banjir rob.

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Galdita A Chulafak mengatakan, temuan BRIN menunjukkan, laju penurunan permukaan tanah di wilayah Pantai Utara Jawa Tengah relatif tinggi. Laju penurunan paling tinggi terjadi di Kota Pekalongan. Ia menyebut, jika menggunakan data penginderaan jauh atau remote sensing, penurunan permukaan tanah di Pekalongan berbeda-beda mulai dari 4-11 sentimeter.

5. Surabaya

Sama seperti kota-kota lain di pesisir Pulau Jawa, Surabaya menjadi salah satu yang diprediksi akan tenggelam. Penurunan permukaan tanah dan kenaikan air laut menjadi penyebabnya. Diperkirakan Surabaya akan tenggelam pada 2050 mendatang. 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Related Articles

Back to top button