Bisnis

5 Orang Terkaya di Indonesia 2023 Versi Forbes Real Time Billionaires, Nama Baru Jadi Sorotan

LiveNews – Harta kekayaan selalu menjadi topik yang menarik perhatian dari banyak orang. Tahukah kalian bahwa orang terkaya di Indonesia 2023 dalam daftar terbaru telah diduduki oleh nama baru? Siapa dia?

Bukan tanpa alasan, jumlah kekayaan fantastis yang dimiliki oleh seseorang tak jarang mampu memotivasi banyak orang untuk bekerja dengan giat lagi. Sejumlah pengusaha dengan harta puluhan hingga ratusan triliun rupiah masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia 2023. 

Berdasarkan data dari Forbes Real Time Billionaires,  Low Tuck Kwong menjadi orang paling kaya nomor 1 di Indonesia per 11 September 2023. Pemilik perusahaan energi, PT Bayan Resources Tbk. (BYAN) ini mempunyai harga kekayaan mencapai US$ 26,8 miliar atau setara Rp388 triliun. 

Kekayaan Low Tuck Kwong sangat volatil karena disebabkan oleh sejumlah hal. Asalnya pun tidak terdiversifikasi dan nyaris secara eksklusif bersumbee dari BYAN, artinya pergerakan pada saham BYAN akan sangat mendikte jumlah kekayaan Low Tuck Kwong. 

Baca Juga:Profil dan Biodata Dato Sri Tahir, Orang Terkaya Punya Rp 68,8 T Suapi Ibu Minta Izin Bangun Rumah Sakit di IKN

Penasaran, dengan siapa saja yang menduduki 5 besar orang terkaya di Indonesia? Simak daftar lengkapnya dalam ulasan artikel di bawah ini. 

Orang Terkaya di Indonesia 2023 

Seperti yang kita ketahui, jumlah harya kekayaan setiap orang tentu berbeda-beda. Akan tetapi, dalam kurun waktu tertentu harta yang dimiliki oleh seseorang bisa bertambah maupun berkurang. 

Nah, dalam daftar orang terkaya di Indonesia per September 2023 ink juga sedikit mengalami perubahan. Penasaran, siapa saja yang masuk dalam daftar orang terkaya tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Low Tuck Kwong (Rp388 triliun) 

Baca Juga:   Daftar Gedung Pemerintahan di IKN yang Bisa Dihuni PNS pada Agustus

Baca Juga:Bikin Nangis, Momen Konglomerat Dato Sri Tahir Suapi dan Minta Restu Ibu Bangun RS di IKN

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, di leringkat pertama orang terkaya di Indonesia 2023 ditempati oleh Low Tuck Kwong. Harta kekayaan yang dimilikinya diperkirakan mencapai 24,8 miliar dolar AS atau setara Rp388 triliun.  

Low Tuck Kwong adalah pendiri dari PT Gunungbayan Pratamacoal yang bergerak dalam bidang pertambangan batu bara dan PT Jaya Sumpiles Indonesia yang bergerak pada bidang konstruksi.  

2.  R. Budi Hartono (Rp386 triliun) 

Pria dengan nama lengkap Robert Budi Hartono ini diperkirakan mempunyai harta kekayaan mencapai 24,7 miliar dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp386 triliun. Tak jauh dari harta kekayaan Low Tuck Kwong . 

Budi Hartono bersama dengan saudaranya, Michael Hartono adalah pendiei dan pemilik Bank Central Asia (BCA) salah satu bank swasta terbesar yang ada di Indonesia.  

3. Michael Hartono (Rp370 triliun) 

Diperingkat ketiga ditempati oleh Michael Hartono adik kandung Budi Hartono. Diketahui, selain dari BCA keduanya juga memiliki harta kekayaan yang bersumber dari bisnis rokok kretek, yaitu Djarum Super. 

Selain itu, pemilik nama lengkap Michael Bambang Hartono tersebut juga mempunyai perkebunan kelapa sawit. Maka tak heran jika hartanya mencapai 23,7 miliar dolar AS atau setara Rp370 triliun.  

4. Prajogo Pangestu (Rp153 triliun) 

Pendiri dari Barito Pacific, yakni perusahaan yang bergerak pada bidang sumber daya alam terutama perkayuan tersebut ditaksir mempunyai kekayaan mencapai 9,8 miliar dolar AS atau sekitar Rp153 triliun.  

5. Sri Prakash Lohia (Rp101 triliun) 

Orang terkaya nomor lima di Indonesia tahun 2023 adalah Sri Prakash Lohia, yang merupakan pendiri sekaligus ketua dari Indorama Corporation. Harta kekayaan yanh dimiliknya diprediksi mencapai 6,5 miliar dolar Amerika Serikat atau sebesar Rp101 triliun.  

Baca Juga:   Tol Indralaya Siap Beroperasi, Waktu Tempuh Palembang-Prambulih Hanya Satu Jam

Indorama Corporation sendiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang petrokimia dan juga tekstil. 

Demikian daftar orang terkaya di Indonesia 2023. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Related Articles

Back to top button