Bisnis

Alasan iPhone 15 Gunakan USB Type-C, Mulai Tinggalkan Lightning

LiveNews – Perusahaan teknologi Apple resmi merilis iPhone 15 dengan berbagai fitur pembaharuan, salah satunya adalah gawai yang kini memakai charging type C. Ada empat tipe berbeda untuk ponsel terbaru Apple ini, yakni iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max yang sama-sama memakai charging type C.

Alasannya Apple perlu mematuhi peraturan yang dibuat oleh Uni Eropa soal kriteria charger ini. Kriteria yang sama sebelumnya telah digunakan oleh android. 

“Jelas kami harus mematuhinya,” ungkap Senior VP of Worldwide Marketing Apple, Greg Joswiak, saat diwawancara The Wall Street Journal pada Oktober 2022 lalu.

Dengan demikian jajaran iPhone 15 jadi ponsel pertama Apple yang memakai USB-C untuk pengisian daya. Padahal port Lightning yang kini hilang sudah dipakai Apple selama 11 tahun, tepatnya di peluncuran iPhone 5 pada September 2012 silam.

Baca Juga:Pemerintah China Larang Pegawainya Pakai iPhone, Saham Apple Langsung Anjlok

Keputusan Apple mengganti port lightning ini ternyata lebih cepat daripada perkiraan sebelumnya. Pasalnya, peraturan yang diteken Uni Eropa yang memaksa produsen elektronik menggunakan port USB-C untuk pengisian daya baru akan berlaku per 27 Desember 2024. 

Jika mengacu pada tanggal tersebut, maka USB-C kemungkinan baru akan digunakan untuk iPhone 16 yang diluncurkan pada 2024 atau iPhone 17 pada 2025. Kendati demikian, aturan baru Uni Eropa ini tidak mewajibkan perangkat menggunakan USB-C apabila wireless atau nirkabel.

Seperti dilaporkan Techradar, tidak hanya untuk ponsel, Uni Eropa juga mewajibkan penggunaan USB-C pada laptop dengan tenggat April 2026. Namun semua produsen dipaksa untuk menyediakan kecepatan charger yang sama untuk meningkatkan kompatibilitas.

Baca Juga:   Janji Jiwa, McD, Subway, Yoshinoya, Burger King dan ichiban Sushi

Rumor mengenai penggantian USB-C ini sebenarnya sudah mencuat di kalangan internal Apple sejak 2020. Sebelumnya USB yang sama telah digunakan di laptop MacBook hingga tablet iPad. Jadi hanya iPhone yang masih menggunakan port Lightning untuk mengisi daya baterai.

Tidak hanya soal Charging Type C, iPhone 15 menghadirkan inovasi-inovasi baru dalam beberapa hal. Salah satu yang paling menonjol adalah fitur Dynamic Island. Fitur Dynamic Island kini sudah ada di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Sebelumnya Apple hanya membatasi di varian pro, tepatnya iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang dirilis tahun lalu.

Baca Juga:Perang AS vs China di Teknologi Makin Sengit: Xi Jinping ‘Blokir’ iPhone, AS Gencet Huawei

Untuk yang belum tahu, Dynamic Island adalah sebuah fitur berbentuk pil yang bisa melebar dan menciut yang terletak di kamera depan Apple.

Related Articles

Back to top button