Olahraga

Alex Kamuru Eks Timnas U16 Dilirik Tim Scouting Eropa Meski Nganggur di Barito

penampilan Alexandro Felix Kamuru saat berseragam Timnas Indonesia U-16 vs Mariana Utara.

LiveNews – Mantan pemain timnas Indonesia U-16 dan U-19, Alexandro Felix Kamuru, dilirik tim scouting sepak bola Eropa, meski tidak terpakai di Barito Putera.

Alexandro Felix Kamuru adalah pesepak bola kelahiran Sorong, Papua Barat, pada 19 Agustus 2005. Saat ini pemain yang besar di Yogyakarta itu tercatat berusia 18 tahun.

Alex Kamuru menimba ilmu sepak bola di SSB Gama Yogyakarta. Penampilannya yang apik di Liga TopSkor membuat ia dipanggil ke timnas Indonesia U-15 tahun 2019 lalu.

Salah satu pencapaian terbaik Alex Kamuru adalah membawa Garuda Muda melenggang ke putaran final Piala Asia U-16 2020.

Setelah mantap ingin menjadi pesepak bola profesional, Alexandro Felix Kamuru akhirnya nekat merantau ke Kalimantan Selatan, dan membela Akademi Barito Putera U-16.

Bersama Barito Putera sejak 2020, potensi Alex Kamuru semakin terlihat. Ia menjadi bek kiri dengan kualitas di atas rata-rata, boleh dibilang setara dengan pemain senior.

Alhasil, Alex Kamuru langsung dipromosikan ke tim senior Barito Putera di Liga 1 2021/22, meski ia lebih banyak bermain untuk Barito Putera U-18 saat Elite Pro Academy.

Potensi Alex Kamuru sudah diketahui sejak lama oleh pelatih Garuda Select di Inggris, Dennis Wise. Legenda Chelsea itu telah menandai nama Alex sejak tahun 2020.

Namun, karena masih bertugas di timnas Indonesia U-16, Alex baru bisa bergabung dengan skuat Garuda Select 5 pada 2022 sampai 2023.

Salah satu akun scouting pemain muda yang berbasis di Eropa, EK Scouting pun mengulas profil Alex Kamuru, bahkan gaya bermainnya disebut setipe dengan Marc Cucurella.

Baca Juga:   Link Live Streaming Voli Asian Games: Timnas Indonesia vs Jepang

Related Articles

Back to top button