Tekno

Apa Perbedaan GPT 3.5 dan 4? Simak Selengkapnya di Sini!

Sumber: Unsplash.com

LiveNews – Pada tanggal 14 Maret 2023, OpenAI mengumumkan peluncuran GPT-4.0, penerus GPT-3.5 yang sudah lama dinantikan oleh para penggemar teknologi AI. Banyak yang bertanya-tanya tentang perbedaan antara kedua versi ini dan apakah GPT-4.0 layak untuk dibeli, mengingat versi ini berbayar. Artikel ini akan mengulas dengan jelas perbedaan GPT-4.0 dibandingkan dengan GPT-3.5 serta keunggulan dari masing-masing versi tersebut. 

Apa itu Chat GPT 3.5?

perbedaan gpt 3.5 dan 4
Sumber: OpenAI

Chat GPT 3.5 adalah salah satu versi model bahasa Generative Pre-trained Transformer (GPT) yang dikembangkan oleh OpenAI. GPT-3.5 menggunakan teknik deep learning untuk menghasilkan teks yang lebih baik dan lebih alami. Model ini memiliki kemampuan memahami konteks, menghasilkan teks yang koheren, dan memberikan jawaban yang relevan berdasarkan input yang diberikan.

GPT-3.5 telah dilatih dengan data sangat besar untuk meningkatkan pemahaman bahasa alaminya dan telah digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk pengembangan chatbot yang dapat berinteraksi dengan pengguna secara real-time.

Baca juga: OpenAI Rilis Mesin Pencari Terbaru, Siap Saingi Google!

Apa itu Chat GPT 4.0?

GPT 4.0, singkatan dari Generative Pre-trained Transformer 4.0, adalah suksesor dari GPT-3.5 yang dirilis oleh OpenAI. GPT 4.0 menggunakan pendekatan pembelajaran mesin yang lebih kuat untuk menghasilkan teks yang lebih manusiawi dan kontekstual.

Model ini dirancang dengan jutaan parameter yang dilatih menggunakan data besar-besaran, sehingga memiliki kemampuan lebih canggih dalam memahami dan menghasilkan teks dalam berbagai konteks.

Perbedaan dalam Model

1. Kapasitas dalam Memahami dan Menghasilkan Teks:

GPT 4.0 memiliki kemampuan lebih baik dalam memahami konteks teks dan menghasilkan respons yang lebih koheren dan berkualitas. Peningkatan ini memungkinkan GPT 4.0 untuk mengenali hubungan antara kata-kata dan kalimat dengan lebih baik, sehingga menghasilkan teks yang lebih terarah dan informatif.

Baca Juga:   Tips Jitu Menang Game Shopee Cocoki!

2. Kemampuan dalam Mengenali Konteks:

perbedaan gpt 3.5 dan 4
Sumber: OpenAI

PT 4.0 dapat mengenali nuansa, referensi, dan hubungan antara topik berbeda dalam teks dengan lebih baik. Hal ini memungkinkan model untuk memberikan respons yang lebih relevan dan sesuai dengan konteks yang diberikan.

3. Ukuran dan Kompleksitas Model:

Chat GPT 4.0 dikembangkan dengan ukuran dan kompleksitas yang lebih besar dibandingkan dengan GPT-3.5. Dengan lebih banyak parameter, GPT 4.0 memiliki kemampuan untuk mempelajari pola yang lebih rumit dalam data yang diberikan.

Kualitas Teks dan Kemampuan Bahasa

1. Penyempurnaan Tata Bahasa dan Kesalahan Gramatikal:Chat GPT 4.0 menunjukkan perbaikan dalam hal tata bahasa dan kesalahan gramatikal dibandingkan dengan GPT-3.5. Model ini dilatih dengan dataset yang lebih besar dan menggunakan teknik baru untuk meningkatkan akurasi tata bahasa, menghasilkan teks yang lebih lancar dan bebas dari kesalahan gramatikal.

2. Kualitas Teks Lebih Berkualitas dan Manusiawi:

GPT 4.0 memiliki kemampuan yang ditingkatkan untuk menghasilkan teks yang lebih berkualitas dan terasa lebih manusiawi. Model ini dapat mengenali konteks dengan lebih baik, memahami nuansa bahasa, dan menghasilkan respons yang lebih alami. GPT 4.0 juga cenderung lebih rendah dalam menghasilkan teks yang ambigu atau tidak relevan.

Kemampuan Multitugas

1. Peningkatan Kemampuan dalam Berbagai Tugas:

GPT 4.0 menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan multitugas dibandingkan dengan GPT-3.5. Model ini dilatih dengan dataset yang lebih besar dan beragam, sehingga mampu menyelesaikan berbagai tugas dengan lebih baik. Dari menjawab pertanyaan hingga menerjemahkan teks, GPT 4.0 dapat memberikan hasil yang lebih akurat dan memuaskan.

2. Aplikasi Praktis yang Lebih Luas:

Dengan kemampuan multitugas yang ditingkatkan, GPT 4.0 memiliki aplikasi praktis yang lebih luas dalam berbagai bidang. Misalnya, dalam industri pelayanan pelanggan, GPT 4.0 dapat memberikan respons yang lebih tepat dan cepat kepada pelanggan. Di bidang pendidikan, model ini dapat membantu dalam pembelajaran interaktif dan menjawab pertanyaan siswa. 

Baca Juga:   Teknologi AR Apple Vision Pro Bantu Dokter Bedah Brasil Lakukan Operasi Lebih Presisi

Parameter

Dalam konteks model bahasa, “parameter” merujuk pada pengaturan atau variabel internal yang dapat disesuaikan yang membantu model belajar dan menciptakan teks. GPT-3 dirilis dengan 175 miliar parameter, menjadikannya salah satu Large Language Model (LLM) terbesar. Meskipun belum ada pengumuman resmi tentang jumlah parameter Chat GPT 4.0, dapat dikatakan bahwa angkanya jauh di atas 175 miliar. Lebih banyak parameter menunjukkan bahwa model memiliki kemampuan lebih baik untuk belajar dan menggeneralisasi pola dari data yang dilatih.

Kemampuan Pemrograman

Chat GPT 4.0 mampu menghasilkan kode dan melakukan debugging dengan cara yang lebih unik dibandingkan versi sebelumnya. Dengan bantuan GPT 4.0, banyak tugas pemrograman dapat diselesaikan dalam waktu beberapa jam tanpa mengorbankan kualitas hasil. Kemampuan ini menjadikannya sumber daya berharga bagi para pengembang perangkat lunak.

Kemampuan Memahami Gambar dan Grafik

GPT 4.0 memiliki kemampuan untuk memberikan komentar dan menganalisis gambar dan grafik. Model ini dapat menggambarkan konten dalam sebuah gambar, mengidentifikasi tren dalam sebuah grafik, dan menghasilkan keterangan untuk beberapa gambar sekaligus. Fitur ini membuat GPT 4.0 lebih serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai konteks yang melibatkan gambar dan grafik.

Mengurangi Bias dan Hasil yang Tidak Diinginkan

GPT 4.0 memiliki kemampuan untuk mengurangi hasil yang tidak diinginkan melalui mekanisme yang diberdayakannya. Hal ini membawa peningkatan tanggung jawab etis dan keandalan. Dengan perbaikan ini, GPT 4.0 menjadi pilihan yang lebih terpercaya dibandingkan GPT-3.5.

Perkembangan ChatGPT di masa depan masih membutuhkan beberapa perbaikan, termasuk:
Meningkatkan kemampuan dalam memahami dan merespons dengan objektivitas lebih baik.
Memahami pengguna secara lebih baik dengan meningkatkan pemahaman tentang identitas, lokasi, dan konteks pengguna.

Baca Juga:   X Bakal Lengkapi Aplikasinya dengan Fitur Video Calls

Mengintegrasikan parameter eksternal untuk memperluas fungsionalitas dan fleksibilitas.
Mengurangi kemungkinan terjadinya halusinasi dengan mengurangi pengaruh informasi yang salah atau tidak akurat.

GPT 4.0 menawarkan peningkatan dalam berbagai aspek, termasuk arsitektur dan model, kualitas teks, kemampuan multitugas, keunggulan dalam penggunaan, dan parameter yang lebih besar. Meskipun masih ada ruang untuk perbaikan, GPT 4.0 menjanjikan masa depan yang cerah dalam pengembangan chatbot dan aplikasi lainnya.

Dengan keunggulannya, GPT 4.0 dapat menjadi alat yang sangat bermanfaat bagi pengembang perangkat lunak dan pengguna umum.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm)

Related Articles

Back to top button