Tekno

APJII Sukses Gelar IIXS 2023, Gali Potensi Digital untuk Kemajuan Indonesia

LiveNews – Pada tanggal 10 Agustus 2023, acara Indonesia Internet Expo & Summit (IIXS) 2023 resmi dibuka di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta. 

Ajang ini merupakan penyelenggaraan kelima kalinya, yang diinisiasi oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) sebagai upaya untuk mempromosikan perkembangan teknologi digital di Indonesia.

Ketua Umum APJII, Muhammad Arif, menyatakan bahwa IIXS 2023 adalah bentuk nyata komitmen APJII dalam memajukan ekonomi digital Indonesia.

Acara ini tidak hanya bertujuan sebagai pasar, melainkan juga sebagai penggerak dalam mengembangkan teknologi digital di tanah air.

Tema yang diusung oleh IIXS 2023 adalah “Advancing Internet & Technologies for Industrial Transformation”. Fokus utama acara ini mencakup berbagai segmen teknologi, termasuk 4G/LTE, 5G, Satellite, Cloud & Data Center, Artificial Intelligence, Broadcast, Internet of Things, Cybersecurity, Fintech Tech & Innovation, Digital Solutions, serta ICT & Enterprises Technology.

Baca juga: IIXS Kembali Digelar di Indonesia, Dorong Pertumbuhan Industri Digital

Lebih dari 200 perusahaan teknologi terkemuka dari berbagai sektor turut berpartisipasi dalam IIXS 2023. Acara ini dihadiri oleh para pelaku industri, pemimpin perusahaan IT dari Indonesia dan Asia Tenggara, serta berbagai pemangku kebijakan di bidang teknologi. Dalam ajang ini, terdapat 30 pembicara terkemuka yang akan membahas isu-isu utama dalam industri ICT.

Pentingnya konektivitas digital, keamanan siber, dan inklusivitas menjadi isu utama yang diangkat dalam IIXS tahun ini. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung acara ini dan melalui Staf Khususnya, Sarwoto Atmosutarno, menyampaikan enam isu strategis yang perlu dijajaki oleh Kominfo dan APJII.

Beberapa isu tersebut antara lain kepatuhan terhadap regulasi, promosi persaingan yang sehat dalam peningkatan layanan internet, sosialisasi kebijakan pemerintah kepada masyarakat, kerjasama dalam memberantas kejahatan siber dan konten negatif di internet, serta upaya efisiensi lintas telekomunikasi domestik.

Baca Juga:   Ramai Trend Filter Semangka di TikTok, Hasilkan Rp 111 Juta untuk Palestina!

Sebagai penyelenggara utama acara ini, CNG Trade Event telah berperan proaktif dalam menghadirkan acara teknologi terbesar di Indonesia. Dedikasi dan usaha yang diberikan oleh CNG Trade Event telah mengubah acara ini menjadi tempat yang menarik dan penting bagi para pelaku industri, pemerintah, akademisi, dan investor di sektor teknologi untuk bekerja sama dan menciptakan inovasi.

Dengan adanya IIXS 2023, diharapkan perkembangan teknologi digital di Indonesia dapat terus ditingkatkan. Ajang ini menjadi kesempatan bagi para pelaku industri, pemangku kebijakan, dan masyarakat untuk berdialog, berkolaborasi, dan memajukan sektor teknologi di tanah air. Melalui kerja sama antara APJII, Kominfo, dan berbagai perusahaan teknologi, Indonesia dapat terus bergerak maju dalam era digital.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(dwk)

Related Articles

Back to top button