Tekno

Apple Disebut Habiskan Jutaan Dolar Per Hari untuk Kembangkan AI

Foto: MacWorld

LiveNews – Seiring maraknya teknologi kecerdasan buatan atau AI, Apple turut mengerahkan segala upaya untuk mengembangkannya dalam produk mereka. 

Dilansir dari The Information, disebutkan Apple mengeluarkan “jutaan dollar per hari” dari anggaran mereka untuk mengembangkan kecerdasan buatan.

Sebuah unit khusus dihimpun untuk pengerjaan pengembangan ini. Unit tersebut disebut sebagai “Foundational Models”, beranggotakan 16 orang dan dipimpin oleh John Giannandrea, yang datang langsung dari Google untuk mengembangkan Siri.

Selain itu, terdapat pula tim lain yang dikerahkan untuk tugas pengembangan kecerdasan buatan. Unit satu ini disebut “Visual Intelligence” dan bertugas untuk mengembangkan pemodelan gambar generatif.

Mengutip dari The Verge, ada pula tim yang difokuskan untuk melakukan penelitian dalam kecerdasan buatan multimodal, yaitu sebuah penerapan AI yang bisa mengenali dan memproduksi gambar, video, maupun teks.

Baca Juga: Ahli Terus Meningkatkan Siri dengan AI ChatGPT pada iPhone dan iPad Apple

Mengutip The Information, Apple menginvestasikan pengembangan ini pada Siri. “Kemampuan baru ini terkait dengan aplikasi Shortcuts Apple, yang memungkinkan pengguna untuk secara manual memprogram serangkaian tindakan menggunakan aplikasi yang berbeda.”

Peluncurannya direncanakan dalam waktu bersamaan dengan versi baru sistem operasi iPhone di tahun mendatang.

Foto: Omid Armin on Unsplash

Tak ketinggalan dan tentu saja, penerapan AI ini pun bermuara pada sebuah produk yang tengah ramai di kalangan pengguna AI, yakni chatbot. Chatbot ini nantinya mampu berinteraksi dengan pengguna lewat AppleCare.

Untuk itu, Apple mengadopsi Large Language Model (LLM) yang disebut “Ajax GPT”. The Verge mengutip The Information yang menyebutkan, model ini sudah dilatih dengan lebih dari 200 miliar parameter dan lebih hebat dibandingkan GPT-3.5 milik OpenAI.

Sebelum kabarnya luas beredar, model ini awalnya hanya dimaksudkan untuk kebutuhan internal perusahaan. Namun disebut-sebut pula pengembangannya sudah berjalan sejak OpenAI meluncurkan ChatGPT.

Baca Juga:   Inilah 8 Provider Internet Local yang Lebih Terjangkau Daripada Starlink

Baca juga: Pengguna iPhone Diminta Segera Lakukan Ini Agar Aman dari Ancaman Spyware

Dikutip dari wartawan Bloomberg, Mark Gurman, kabar mengenai pengembangan AI di Apple ini cukup mengejutkan beberapa pihak. Apple disebut-sebut menghindar dari menyinggung topik AI sekalipun ini sudah menjadi fokus mereka selama beberapa bulan terakhir.

Oleh karena itu, belum ada kabar resmi mengenai apa saja produk-produk final yang kelak akan disuguhkan Apple lewat pengembangan kecerdasan buatan. Bahkan dari pihak-pihak dalam sendiri masih banyak yang meragukan penerapan AI.

Misalnya saja Tim Cook selaku CEO Apple yang tak banyak berkomentar, tapi ia sempat berpendapat bahwa perkembangan teknologi generatif AI akan menimbulkan masalah dalam hal keamanan.

Saat ini, dunia pun masih menunggu dan mengantisipasi kabar lebih lanjut mengenai penerapan AI oleh Apple.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(nar)

Related Articles

Back to top button