Tekno

Apple Intelligence Jalin Kerja Sama dengan Gemini, Siap Buka Peluang Baru!

Sumber: 4gnews

LiveNews – Apple kembali memukau dunia teknologi dengan pengumuman terbaru mereka di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 yang berlangsung pada Senin pagi (10/6) waktu Cupertino. Salah satu highlight dari sesi keynote adalah peluncuran Apple Intelligence, sebuah sistem kecerdasan personal yang dirancang untuk iPhone, iPad, dan Mac.

Sistem ini menggabungkan kekuatan model generatif dengan konteks personal pengguna untuk menghadirkan kecerdasan yang sangat berguna dan relevan. Apple Intelligence terintegrasi secara mendalam ke dalam iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia, memberikan pengalaman pengguna yang lebih personal dan cerdas.

Menghadirkan Apple Intelligence 

apple jalin kerja sama dengan gemini
Sumber: Opini Publik

Dalam sesi deep dive yang berlangsung di Steve Jobs Theatre, Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering Apple, bersama John Giannandrea, Senior Vice President of Machine Learning and AI Strategy Apple, membahas lebih lanjut mengenai Apple Intelligence.

Wawancara yang dipandu oleh kreator iJustine ini mengungkap perjalanan Apple dalam menghadirkan kecerdasan buatan di platform terbarunya. Federighi menyebutkan bahwa pengembangan ini masih berada di tahap awal, tetapi sudah menunjukkan potensi besar.

Apple memilih pendekatan yang berbeda dalam pengembangan AI dibandingkan dengan chatbot yang ada di pasaran. Menurut Federighi, chatbot cenderung memiliki kelemahan yang dapat mengekspos kekurangannya kepada pengguna. 

Sebaliknya, Apple berfokus pada kekuatan model AI yang mendukung Apple Intelligence. “Kami pikir peran AI bukan untuk menggantikan pengguna kami tetapi untuk memberdayakan mereka,” ujarnya.

Visi Apple untuk AI tidak bertumpu pada satu model besar yang membutuhkan sumber daya besar, melainkan model yang lebih kecil yang dapat berjalan langsung pada perangkat dan chip Apple sendiri. Jika AI di iPhone, Mac, atau iPad tidak dapat menyelesaikan tugas tertentu, Apple memberikan solusi dengan Private Cloud Compute atau memungkinkan pengguna mengakses ChatGPT melalui Siri.

Baca Juga:   Genshin Terancam Diblokir, Mobile Legends-PUBG Hindari Hal Serupa

Baca juga: Tak Perlu WA atau Telegram, Pengguna iPhone Bakal Bisa Chat Langsung ke HP Android

Integrasi ChatGPT dan Peluang Gemini

apple jalin kerja sama dengan gemini
Sumber: Tom’s Guide

Federighi menjelaskan bahwa alasan Apple mengintegrasikan ChatGPT ke Siri adalah untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna. Saat ini, ChatGPT dari OpenAI adalah pilihan yang paling tepat untuk memulai.

Namun, Apple tidak menutup kemungkinan untuk mengintegrasikan model lain di masa mendatang, termasuk Gemini dari Google.

“Kami berpikir bahwa pendekatan yang tepat untuk ini adalah memiliki serangkaian model yang berbeda dan ukuran yang berbeda untuk kasus penggunaan yang berbeda,” kata Giannandrea.

Apple percaya bahwa pengguna pada akhirnya akan memiliki preferensi terhadap model AI tertentu yang ingin mereka gunakan, mungkin yang lebih cocok untuk penulisan kreatif atau yang mereka sukai untuk pengkodean.

Oleh karena itu, Apple ingin memberikan kebebasan kepada pengguna untuk memilih model yang mereka inginkan.

“Jadi kami mungkin berharap dapat melakukan integrasi dengan model yang berbeda seperti Google Gemini di masa mendatang. Maksud saya, tidak ada yang diumumkan sekarang, tapi itulah arah kami,” tandas Federighi.

Fitur-fitur Apple Intelligence

apple jalin kerja sama dengan gemini
Sumber: Apple

Apple Intelligence dijadwalkan mulai diluncurkan pada akhir tahun ini dan akan tersedia secara gratis di iPhone 15 Pro dan yang lebih baru, serta semua Mac dan iPad seri-M. Fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh Apple Intelligence meliputi:

  1. Transkripsi Panggilan Telepon: Apple Intelligence dapat melakukan transkripsi otomatis untuk panggilan telepon, memberikan kemudahan bagi pengguna untuk merujuk kembali pada percakapan penting.

  2. Retouching Foto AI: Dengan kemampuan AI, pengguna dapat memperbaiki dan mempercantik foto mereka secara otomatis, menghasilkan gambar yang lebih menarik tanpa usaha tambahan.
  3. Peningkatan Aliran Percakapan dengan Siri: Siri akan memiliki kemampuan percakapan yang lebih alami dan responsif, membuat interaksi dengan asisten virtual ini menjadi lebih lancar dan efisien.
  4. Meringkas Pemberitahuan dan Pesan Teks: Apple Intelligence dapat meringkas notifikasi, pesan teks, artikel, dokumen, dan halaman web terbuka, membantu pengguna tetap terorganisir dan efisien.

Masa Depan AI di Apple

Peluncuran Apple Intelligence menandai langkah besar dalam evolusi teknologi AI yang lebih personal dan berdaya guna.

Pendekatan Apple yang berfokus pada model AI yang lebih kecil dan lebih spesifik menunjukkan komitmen perusahaan untuk memberikan pengalaman pengguna yang optimal tanpa mengorbankan privasi dan keamanan.

Dengan memungkinkan integrasi model AI dari berbagai penyedia, Apple membuka pintu bagi inovasi dan fleksibilitas yang lebih besar di masa mendatang.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm)

Baca Juga:   Google Maps Sering Bikin Tersasar? Apa Penyebabnya?

Related Articles

Back to top button