Tekno

AS Hadirkan Aplikasi Boycat, Bantu Deteksi Produk Pro-Israel

Foto: aplikasi boycat/appstore

LiveNews – Sebuah aplikasi terbaru dari Amerika Serikat telah dirilis untuk membantu individu dalam melakukan boikot terhadap bisnis yang dianggap mendukung atau terkait dengan Israel.

Dikutip dari Aljazeera.com pada hari Senin (15/4/2024), aplikasi yang bernama Boycat menyediakan informasi tentang perusahaan yang menghasilkan produk tertentu beserta aktivitas bisnis dan keterkaitannya.

Aplikasi Boycat ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang produk dan bahkan menawarkan alternatif terhadap perusahaan yang dianggap mendukung Israel. Menurut pendiri Boycat, Adil Abbuthalha, pengguna dapat menggunakan aplikasi ini dengan mengarahkan kamera ponsel mereka ke barcode produk. Aplikasi tersebut akan secara otomatis mendeteksi dan memberikan informasi tentang perusahaan yang memproduksi produk tersebut.

Adil Abbuthalha menegaskan bahwa keputusan apakah akan mendukung atau tidak mendukung suatu perusahaan, berdasarkan informasi yang disediakan oleh Boycat, menjadi keputusan konsumen itu sendiri.

Ide pembuatan Aplikasi Boycat muncul setelah Adil melihat serangan Israel ke Palestina berbulan-bulan. Ia menyadari bahwa banyak orang merasa kebingungan tentang cara memberikan dukungan atau menyuarakan solidaritas kepada Palestina.

“Kita terjebak. Kita tidak bisa melakukan apa pun untuk membantu orang-orang di Gaza. Jadi apa yang ingin dilakukan di sini adalah membangun sesuatu,” Ujar Adil. 

Aplikasi Boycat yang diperkenalkan pada bulan Januari, telah berhasil menarik perhatian 30 ribu pengguna aktif setiap bulannya. Banyak dari mereka berbagi pengalaman menggunakan aplikasi ini melalui media sosial.

Adil memperkirakan bahwa Boycat telah berhasil mengalihkan lebih dari $3,2 juta dana dari perusahaan yang dianggap anti-Palestina. Namun, ia menegaskan bahwa tujuan dari aplikasi ini bukanlah untuk menghancurkan perusahaan-perusahaan tersebut.

“Kami ingin meminta pertanggungjawaban dari perusahaan-perusahaan tersebut karena mayoritas pelanggan mereka memiliki keyakinan tertentu dan ingin berbelanja dengan cara yang etis,” imbuhnya Adil.

Baca Juga:   LindungiHutan Berkoordinasi dengan ATR/BPN Cilacap Terkait Pengelolaan Mangrove

Dengan tujuan untuk terus menekan bisnis yang memberikan dukungan kepada Israel, Boycat bertujuan untuk mengurangi kekejaman yang sering kali terjadi di Palestina.

“Kami ingin mengubah paradigma konsumerisme menjadi sesuatu yang lebih sadar dan bertanggung jawab,” tutupnya.

Baca juga: Israel Bom Gaza Pakai AI Lavender, Tewaskan Ribuan Warga Sipil

Bagaimana cara menggunakan Aplikasi Boycat?

Foto: LiveNews

Untuk menggunakan Aplikasi Boycat, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan

  • Unduh dan pasang aplikasi Boycat dari toko aplikasi di ponsel Anda (Appstore atau Playstore)
  • Buka aplikasi dan buat akun jika diperlukan
  • Setelah masuk, arahkan kamera ponsel Anda ke barcode produk yang ingin Anda periksa
  • Aplikasi akan secara otomatis mendeteksi barcode dan memberikan informasi tentang perusahaan yang memproduksi produk tersebut serta keterkaitannya dengan Israel
  • Berdasarkan informasi yang diberikan, Anda dapat memutuskan apakah ingin mendukung atau tidak mendukung perusahaan tersebut
  • Anda juga dapat menelusuri daftar perusahaan dan produk yang terkait dengan Israel secara manual di dalam aplikasi

Dengan menggunakan aplikasi Boycat, konsumen dapat membuat keputusan yang lebih berdasarkan informasi tentang produk-produk yang dibeli dan perusahaan-perusahaan yang pro atau tidak dengan Israel.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ny)

Related Articles

Back to top button