Tekno

Awas ATM Bisa terkuras Gara-Gara Instagram Centang Biru

Sumber poto: Siccura

LiveNews – Instagram centang biru memberikan keunikan tersendiri bagi penggunanya. Karena akan memberikan kepercayaan kepada pengikut kalian, bahwa akun tersebut benar-benar milik kalian, selain itu dengan kehadiran centang biru di dalam akun instagram akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna lainnya di platform tersebut. Sehingga bisa mendapatkan posisi teratas dalam kolom pencarian, sedangkan untuk mendapatkan centang biru Instagram secara gratis, merek bisnis atau nama orang pada profil tersebut haruslah terkenal dengan followers atau pengikutnya lebih dari 10.000.

Melihat kelebihan dari instagram yang telah centang biru ini, membuat sebagian orang ingin diverifikasi akunnya oleh pihak instagram agar mendapatkan centang biru . Bahkan saat ini, kita tidak perlu menunggu lama untuk diverifikasi pihak instagram.  Adanya pilihan untuk mendapatkan centang biru dengan berbayar menjadi alternatif orang-orang menggunakan cara ini, karena melihat kelebihan dari akun yang telah mendapatkan centang biru.

Di balik kelebihan centang biru instagram ini, justru menjadi modus baru para penipu online untuk menjebak para korban, salah satunya iming-iming centang biru di instagram. Menurut catatan pengamat keamanan siber dari Vaksioncom Alfons Tanujaya, modus penipuan ini sudah banyak memakan korban dan mayoritas adalah akun Instagram UMKM dengan jumlah follower ribuan.

Baca juga:Instagram Luncurkan Terobosan Baru, 4 Fitur Ini Bikin Semangat Buat Konten

Apa itu Modus “Centang Biru” ?

Modus “centang biru” merupakan metode penipuan dimana penjahat mengaku sebaga tokoh terkenal atau influencer di Instagram. Mereka kemudiahan mengirimkan pesan kepada pengguna dengan mengatakan bahwa pengguna tersebut berhak mendapatkan “centang biru” atau verifikasi akun.

Untuk mendapatkan verifikasi ini, mereka diminta untuk memberikan informasi pribadi, seperti password akun Instagram dan nomor rekening bank.

Baca Juga:   Mengenal Lapse : Media Sosial dengan Konsep "Invite-Only"

Bagaimana Penipu Menawarkan Centang Biru?

Penipu akan mengirimkan DM (Direct Message), kepada pemilik akun Instagram yang di incarnya. Jika Kalian tidak memiliki centang biru, maka kalian akan diiming-imingi dengan centang biru dan memalsukan kredesial pada situs phishing yang telah dipersiapkan. Sedangkan untuk pemilik centang biru, mereka akan mendapatkan ancaman pencabutan centang biru jika tidak melakukan verifikasi pada situs yang telah ditentukan. Untuk melancarkan aksinya, penipu akan membuat akun khusus dengan profile piccture yang meyakinkan seperti gambar di bawah  ini.

Gambar 1 Akun Instagram khusu dengan PP centang biru yang digunakan untuk menipu. Foto: Alfona Tanujaya

Akun yang dibajak akan menggunakannya untuk melakukan penipuan mengatasnamakan pemilik akun dan follower tersebut yang akan dijadikan sasaran penipuan. Saat ini ada aksi penipun yang meyerang dua pihak sekaligus yaitu pemilik akun Instagram, biasanya pelaku usaha/wisata atau komunitas dan sekaligus mengincar para follower mereka. Pertama pelaku akan mengelabui korbannya dengan iming-iming centang biru dan mayoritas korbannya adalah akun Instagram SMB Small and Medium Business dengan jumlah follower ribuan.

Gambar 2. Pesan Phiahing yang dikirm dengan iming-iming centang biru dan ancaman pencabutan centang biru. Foto: Alfona Tanujaya

Hal yang di Lakukan Jika Akun Instagram di Curi

1. Segara umumkan ke semua pelanggan supaya mereka tidak menjad korban penipuan yang menggunkan akun kalian. Kalian dapat menggunakan kanal lain seperti group WhatsApp, situs web, SMS atau media lain yang kalian yakini dapat menjangkau semua pelanggan.

2. Laporkan segera ke instagram dan usahakan klaim kembali akun kalian dengan mengisi data dan mengikuti proses di https://www.instagram.com/hacked/. Perlu diingat jika penipu, sudah mengganti email dan nomor ponsel akun, Kalian masih bisa membuktikan bahwa kalian adalah pemilik aslinya dengan membuktikan akun email dan nomor ponsel kalian.

Baca Juga:   Cari Akun Instagram Bisa Hanya dengan Nomor HP, Begini Caranya

Jika pembajak sudah mengaktifkan TFA pada akun tersebut, maka sekalipun berhasil klaim balik akun Instagram tersebut, kalian  akan tetap terkunci dan tidak bisa mengakses. Mengaktifkan TFA pada akun Instagram sebelum dibajak akan sangat membantu mengamankan akun instagram kalian.

Langkah-Langkah Pencegahan Supaya Akun Tidak di Bajak

1. Verifikasi Identitas

  • Selalu pastikan untuk memverifikasi identitas pengirim pesan sebelum memberikan informasi pribadi apapun.
  • Jangan tergiur oleh janji-janji palsu seperti “centang biru” tanpa melakuan pengecekan yang telit.

2. Jaga Informasi Pribadi

  • Jangan pernah memberikan nomor rekening, kata sandi akun atau informasi sensitif lainnya kepada orang yang tidak dikenal atau terpercaya.
  • Hindari mengklik tautan yang mencurigakan aau mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak jelas.

3. Aktifkan Keamanan Akun

  • Gunakan fitur keamanan seperti verifikasi dua langkah (TFA ) untuk melindungi akun kalian dari akses tidak sah.
  • Perbarui kata sandi secara berkala dan jangan gunkan kata sandi yang mudah ditebak.

Akun Instagram salah satu aset digital penting bagi pelaku bisnis ataupun pribadi, secara teknis memang keamanan tanggung jawab pemilik akun dan penyelanggaran layanan sudah memberikan sarana melindungi dari pencurian akun. Namun penyelanggara layanan tetap harus tanggap terhadap apa yang sudah terjadi dan tidak memberikan korban penipuan terkunci pada akunnya.

Baca artikel dan berita lainnya di Google News

(ay)

Related Articles

Back to top button