Nasional

Bacaan Doa Tahiyat Akhir Lengkap Dengan Terjemahannya Sampai Salam

LiveNews – Apakah saat ini Anda tengah mencari bacaan doa tahiyat akhir lengkap sampai salam? Perlu dipahami, doa tahiyat memang menjadi bagian dari rukun sholat yang tidak bisa dilewatkan, sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Tahiyat akhir dibaca pada saat sholat, ketika kita sedang berada dalam posisi duduk setelah sujud yang kedua. Bacaan doa tahiyat juga dilafalkan pada saat sujud terakhir yang diakhiri dengan salam.

Bacaan tahiyat akhir sama dengan bacaan tahiyat awal, hanya saja ada beberapa penambahan sholawat nabi dan posisi duduk pada saat tahiyat akhir yang disebut duduk tawaruk dengan kaki kanan tegak tapi kaki kiri menyilang. Sementara itu, posisi tangan pada saat tahiyat diletakkan di paha dengan tangan kiri di atas paha dengan keadaan terbuka, kemudian tangan seperti menunjuk sebagai isyarat.

Intinya, pada doa tahiyat akhir berisi penghormatan kepada Allah SWT, salam kepada Nabi Muhammad SAW, kesaksian tentang keesaan Allah SWT dan kenabian Muhammad SAW. Serta sholawat kepada Nabi Muhammad SAW dan juga para keluarganya.

Baca Juga:Bacaan Surat Yasin Latin, Arab dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Doa Tahiyat Akhir Lengkap Sampai Salam

Berikut ini adalah bacaan doa tahiyat akhir lengkap sampai salam dalam bahasa Arab latin dan artinya. Yuk, simak!

Arab latin: Attahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatuth thoyyibaatu lillaah. Assalaamualayka ayyuhannabiyyu wa rohmatullahi wa barokatuh. Assalaaamualainaa wa alaa ibaadillaahish shoolihiin. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammadar rosulullah. Allahumma sholli ala Muhammad, wa ala ali Muhammad. Kamaa shalaita ala Ibrahim wa alaa aali Ibraahiim. Wabaarikalaa Muhammad wa alaa aali Muhammad. Kama barakta ala Ibrahim wa alaa aali Ibraahiim, filalamina innaka hamiidummajid“.

Baca Juga:   Ditutup Total! Kabar Terkini Kebakaran Gunung Bromo, Akses Cuma Untuk Warga Ranupani Dan Ngadas

Artinya: “Segala penghormatan, keberkahan, sholawat dan kebaikan hanya bagi Allah SWT. Semoga salam sejahtera akan selalu tercurahkan kepadamu wahai nabi, begitu juga rahmat Allah SWT dan juga berkah-Nya dan semoga salam sejahtera selalu tercurahkan kepada kami dan hamba-hamba Allah SWT yang sholeh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah SWT dan aku pun bersaksi bahwa nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT. Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada Nabi Muhammad SAW dan juga keluarganya. Sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat-Mu kepada Nabi Ibrahim AS dan keluarganya. Dan berikanlah berkah-Mu kepada Nabi Muhammad SAW dan juga keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan berkah-Mu kepada Nabi Ibrahim AS dan keluarganya. Sesungguhnya hanya Engkaulah Yang Maha Terpuji lagi Maha Mulia”.

Setelah membaca doa tahiyat akhir di atas, kemudian diakhiri dengan sama “Assalaamualaikum wa rahmatullah” yang artinya “semoga keselamatan dan rahmat Allah SWT dilimpahkan kepadamu”.

Baca Juga:Bacaan Sholat Subuh Sendiri Lengkap Mulai dari Niat Hingga Tahiyat Akhir

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Related Articles

Back to top button