Tekno

Bagaimana Kondisi Pendanaan pada Startup Tahun 2024 ??

Sumber poto : pixabay.com

LiveNews – Investor startup tetap menahan pada kuartal pertama 2024, data dari Crunchbase, menunjukkan ada beberapa pengecualian besar beberapa perusahaan rintisan di bidang AI, perawatan kesehatan, energi, dan robotika  diantaranya, menerima investasi besar-besaran, tetapi secara keseluruhan nada yang muncul adalah kehati-hatian pada awal tahun ini.

Investor startup secara global tetap berhati-hati hal ini karena  startup pada kuartal pertama secara global terburuk kedua sejak tahun 2018 menurut data Crunchbase, meskipun total investasi meningkat sejak Q4 2023, itu hanya karena kuartal tersebut merupakan yang terburuk dalam enam taun terakhir. 

Pendanaan juga melemah di Amerika Utara, pasar investasi startup terbesar di dunia, dengan sekitar setengah dari semua modal ventura masuk ke wilayah tersebut. Namun investor melakukan investasi besar di beberapa perusahaan rintisan AI dan perawatan kesehatan, mendorong kedua sektor tersebut untuk memimpin dalam total investasi global di Q1.

Baca juga:5 Daftar Startup Bangkrut di Indonesia

  • Pendanaan tahap awal justru tumbuh 

Investasi di startup tahap awal global pada kuartal pertama sebenarnya mengalami pertumbuhan, meskipun pendanaan secara keseluruhan mengalami penurunan, data Crunchbase menunjukan. Pendanaan pada tahap ini mencapai sekitar $29,5 miliar, naik 6% dari tahun ke tahun dipimpin oleh pendanaan Seri B yang besar di bidang AI, kendaraan listrik, dan energi ramah lingkungan.

Selain itu, investement juga bertahan lebih bak dibandingkan tahap akhir, memberikan harapan bahwa seiring dengan pemulihan yang terus berlanjut, akan ada kelas perusahaan muda yang didanai dan siap untuk tumbuh.

  • A16z Muncul Sebagai Pemimpin dalam Lingkungan Pendanaan Baru

Pada akhir tahun 2023, permodal ventura Marc Andressen menulis “The Techno-Optimist Manifesto,”  sebuah pembelaan yang panjang, berapi-api, dan agak bertele-tele terhapa sektor eknologi.

Baca Juga:   Pengguna Kini Tak Bisa Lihat Twit Lawas, Elon Musk Ungkap X Masih Belum Sempurna

Berdasarkan aktivitas investasi, bagaimanapun juga, perusahaannnya tampaknya cukup bullish pada saat : Anreessen Horowitz (a16z) berpartisipasi dalam 27 putaran pendanaan pada kuartal pertama 2024-lebih banyak daripada investor ventura lainnya. Runner-up untuk gelar investor paling aktif di Q1 termasuk akselerator Y Combinator yang mendukung 18 kesepakatan yang diketahui dan general catalyst, dengan 15 putaran.

  • Keamanan Siber : Tidak Tahan , Resesi, Tetapi Tangguh

Keamanan siber kadang-kadang digambarkan sebagai hampir tahan resesi. lagi pula, para peretas tidak beristirahat hanya karena ekonomi sedang megalami kesulitan. Meskipun hal ini tidak sepenuhnya benar- investasi di perusahaan rintisan dunia maya pada tahun 2023 hanya sepertiga dari investasi pada booming VC pada tahun 2021- pendanaan untuk sektor ini telah terbukti lebih tanggunh dibandingkan industri lainnya.

Investor venture menghabiskan $2,7 miliar dalam 154 kesepakatan untuk mendukung perusahaan rintisan keamanan siber di kaurtal pertama. Para investor yang menandai kauartal pendanaan terbaik di industri ini dalam tiga kuartal terakhir. Para investor mengatakan bahwa masih ada banyak minat di sektor ini, terutama di sekitar teknologi baru seperti AI.

  • Pendanaan Asia Tetap Hangat Meskipun Ada Keuntungan dari Tiongkok

Meskipun ada sedikit peningkatan dalam investasi ventura global, pendanaan ventura global, pendanaan ventura untuk perusahaan rintisan yang berbasis di Asia kembali turun di Q1. Total pendanaan ventira di kawan ini turun menjadi $17,3 miliar di Q1, turun 4% dan Q4 2023 dan turun 8% dari tahun ke tahun. Jumlah tersebut merupakan jumlah pendanaan terendah di kawasan Asia dalam satu kaurtal Q4 2016.

Tetapi investasi di perusahaan rintisan Cina sebenarnya meningkat di Q1, dibantu oleh bebberapa putaran pendanaan besar. Perusahaan rintisan di Tiongkok berhasil mengumpulkan $1,1 miliar di Q1, naik 9% dari kuartal sebelumnya dan 14% dari Q1 2023. Sejauh ini negara China masih menjadi pasar startup terbesar di kawasan Asia.

  • Dunia Pendanaan di Amerika Latin Mengalami Kesulitan dengan Pengecualian Besar

Pendanaan untuk perusahaan rintisan Amerika latin juga mencapai level terendah dalam bebebrapa tahunterakhir pada kuartal terakhir, baik investasi dalam bentuk dolar di seluruh tahap maupun jummlah kesepakatan menurun.

Baca Juga:   Kembangkan Tiga Fitur Baru, Instagram Notes Kini Lebih Interaktif

Secara keseluruhan, investor hanya memberikan $579 inestor hanya memberikan $579 juts ke dalam putaran tahap awal hingga tahap pertumbuhan di Amerika Latin pada kuartal pertama 2024, angka ini mengalami menurunan dari level tahun lalu  yang turun sekitar 39%.  Namun ternyata ada satu ternyata di Amerika Latin yang melewan tren tersebut.

Baca berita dan artikel yang lain di Google News

(ay)

Related Articles

Back to top button