Tekno

Bangun Pusat AI Nasional Pertama di Solo, Nvidia dan Indosat Investasi Rp 3 Triliun!

Foto: Suara.com

LiveNews – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan bahwa Indosat Ooredoo Hutchison dan Nvidia telah menegaskan komitmennya untuk mendirikan Pusat Kecerdasan Buatan Nasional di Solo, Jawa Tengah.

Perusahaan pengolah grafis Nvidia dan operator telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) akan bekerja sama dalam pembangunan pusat kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) pertama di Indonesia.

“Ada komitmen dari Nvidia dan Indosat untuk berinvestasi senilai USD 200 juta dolar alias Rp 3 triliun untuk membangun Indonesia AI Nation,” ungkap Menkominfo saat acara buka bersama di Kantor Kominfo, Rabu (3/4/2024).

Menurut penjelasan Menkominfo, pusat kecerdasan buatan (AI) nasional yang didirikan oleh Nvidia dan Indosat akan mencakup infrastruktur serta pengembangan sumber daya manusia (SDM). Rencananya, Indonesia AI Nation akan dibangun di Solo Technopark, Jawa Tengah.

Baca juga: Viral Aplikasi Judi Online Terdaftar PSE, Kemenkominfo Buka Suara

Budi Arie menganggap bahwa Solo dipilih karena faktor tersedianya sumber daya manusia yang sudah memadai. Investasi fasilitas kecerdasan buatan ini juga telah dibahas antara CEO IOH Vikram Sinha dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Budi Arie juga menyampaikan bahwa kedua perusahaan masih berfokus pada pengembangan kecerdasan buatan dalam kerjasama tersebut. Beliau belum dapat memastikan apakah Nvidia juga berencana untuk mendirikan pabrik pengolah grafis di Indonesia.

“Nanti kita lihat. Detailnya kita tunggu saja. Kabar ini kan baru, bahwa ada komitmen ini. Ini lagi mau dirapikan dalam waktu cepat,” pungkasnya.

Informasi ini tentu menjadi dorongan positif untuk memasuki tahap baru dalam era inovasi dan digitalisasi. Terlebih lagi diketahui bahwa Grup Indosat Ooredoo Hutchinson (Indosat atau IOH) memang telah berkolaborasi dengan NVIDIA untuk mendorong Indonesia menjadi bagian terdepan dalam revolusi kecerdasan buatan AI secara global.

Baca Juga:   Cara Mudah Membuat Poster Disney AI dengan Menggunakan Aplikasi Toonme

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ny)

Related Articles

Back to top button