Bisnis

Bansos Beras Cair Mulai September Ini, Begini Cara Cek Daftar Penerima

LiveNews – Bantuan sosial (bansos) beras yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal cair wal September ini. Penyaluran bansos beras seberat 10 kg ini lebih cepat dibandingkan target awal penyaluran pada Oktober 2023.

“Perlu saya sampaikan, awal September ini akan mulai didistribusikan bantuan pangan beras. Satu keluarga penerima manfaat (KPM) mendapatkan 10 kg beras,” ujar Jokowis saat membuka Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023 di Istana Negara, yang dikutip, Jumat (1/9/2023).

Adapun, bansos beras ini diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) sebanyak 21.353 juta untuk jatah selama tiga bulan. Sebelumnya, pemerintah menyalurkan bansos beras pada Maret-Mei 20223.

“Ini seperti semi operasi pasar. Sehingga setiap bulan keluar 210 ribu ton selama 3 bulan, September, Oktober, dan November. Tolong dicek. Ini kan sudah menggrojok beras ke masyarakat. Kalau harganya masih naik, saya minta Bapak/Ibu Gubernur, Bupati/Walikota agar menggunakan anggarannya untuk mengintervensi pasar. Dengan itu lah harapan kita inflasi pelan-pelan turun,” imbuh dia

Baca Juga:Harga Beras di RI Pecah Rekor, Pedagang Pasar Menjerit Minta Tolong ke Jokowi

Cara cek daftar penerima bansos beras

Bagi Anda yang masih bingung dan ingin memastikan terdaftar atau todak sebagai penerima bansos, maka bisa cek di situs cekbansos.kemensos.go.id. Berikut Langkah alur pengecekan sebagai berikut:

  • Buka situs cekbansos.kemensos.go.id
  • Kemudian isi data wilayah penerima maanfaat
  • Isi nama penerima manfaat harus sesuai dengan e-KTP
  • Isi huruf kode chapta
  • Lalu klik Cari Data
  • Setelah itu sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama Penerima Manfaat masuk atau tidak untuk mendapat bansos beras
Baca Juga:   Semakin Kinclong! Pegadaian Cetak Laba 4,38T Selama Tahun 2023

Related Articles

Back to top button