Olahraga

Bedah Formasi PSIS Semarang Andai Wiljan Pluim Gabung di Putaran Kedua Liga 1

Wiljan Pluim punya kans menjadikan PSIS Semarang sebagai tim kuat pada putaran kedua Liga 1 2023-2024. (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

LiveNews – Wiljan Pluim punya kans menjadikan PSIS Semarang sebagai tim kuat pada putaran kedua Liga 1 2023-2024. Ia bisa berdiri di belakang Carlos Fortes sebagai penyuplai bola.

Bursa transfer Liga 1 sudah dipanaskan dengan rumor Wiljan Pluim hengkang dari PSM Makassar. Bahkan, Pluim sudah absen dalam beberapa laga meski kondisinya cukup fit.

Finansial menjadi masalah utama yang mendera PSM. Ada keterlambatan gaji pemain dan ofisial yang memaksa pelatih Bernardo Tavares melelang beberapa barang miliknya untuk membayar jasa ofisial PSM.

Rumor berkembang bahwa PSIS Semarang, Dewa United dan Persis Solo menjadi kandidat tim yang akan menampung Pluim. Ketiga tim ini sama-sama membutuhkan sosok playmaker asing.

Bila ditelisik lebih dalam lagi, maka dari ketiga tim tersebut, peluang terbesar dimiliki PSIS. Suporter PSIS sudah benar-benar muak dengan situasi yang dialami Vitinho sejak musim lalu.

Vitinho kerap diterpa cedera yang membuatnya absen. Di saat bersamaan, muncul Gali Freitas yang benar-benar luar biasa menjalankan peran sebagai gelandang sayap kanan.

Maka, Wiljan Pluim punya potensi mengisi slot Vitinho. Pluim diyakini tak akan kesulitan menjalankan strategi pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius, yang mengadopsi sistem bermain ala Eropa.

Bedah Formasi PSIS

Sejauh ini memang belum ada kejelasan mengenai masa depan Wiljan Pluim. Namun, bila melihat keseriusan Yoyok Sukawi dalam membangun PSIS pada Liga 1 2023-2024, bukan tak mungkin PSIS akan mendapatkan Pluim.

PSIS punya kondisi finansial yang relatif lebih baik dari PSM. Para pemain asingnya, seperti Taisei Marukawa dan Carlos Fortes disebut-sebut menerima bayaran yang terbilang besar untuk level Liga 1.

Baca Juga:   Prediksi Grup E hingga H Liga Champions 2023/2024, Jadi Kuburan Mantan Juara?

INDOSPORT pun membedah formasi PSIS andai rumor yang diinginkan suporter PSIS itu terwujud. Posisi yang jelas akan dihuni Pluim dalam formasi 4-2-3-1 adalah posisi di belakang striker.

Musim lalu, di posisi inilah Pluim bisa mencetak sebelas gol dan membuat sepuluh assist. Pluim bukan pemain yang diwajibkan ikut turun membantu sistem bertahan.

Pluim tinggal mencari posisi yang tepat dan pasang ‘kuda-kuda’ agar umpan dari rekannya bisa dikontrol dengan bagus. Setelah itu, Pluim bakal menentukan akan menggiring atau langsung melepaskan umpan.

Di PSIS, Pluim bisa mengarahkan bola ke segala penjuru. Jika langsung direct ke tengah, ada Carlos Fortes yang siap menanti. Sementara di sayap kiri ada Taisei Marukawa dan sayap kanan ada Paulo Gali Freitas.

Selain itu, PSIS juga punya kedalaman skuat yang luar biasa. Masih ada nama-nama seperti Septian David Maulana, Wawan Febriyanto dan Riyan Ardiansyah yang jadi andalan lain.

Pluim pun tak perlu khawatir ketika lawan melakukan serangan. Di belakangnya sudah ada dua gelandang petarung yang siap mematahkan serangan lawan, yakni Boubakary Diarra dan Alfeandra Dewangga.

Tak sekadar mematahkan, keduanya juga pintar dalam mengalirkan bola. Maka, kombinasi ini sangat cocok untuk Wiljan Pluim bisa menemukan performa terbaiknya pada putaran kedua Liga 1 2023-2024.

PSIS Semarang juga bakal lebih mudah dalam mewujudkan ambisi untuk lolos ke babak empat besar Liga 1 2023-2024. Kini, PSIS memiliki 18 poin dan ada di urutan kelima, setingkat di atas PSM Makassar.

Inilah perkiraan susunan pemain versi INDOSPORT jika Pluim gabung PSIS Semarang dengan formasi 4-2-3-1.

Kiper: Adi Satryo
Bek: Fredyan Wahyu, Wahyu Prasetyo, Lucas Gama, Gio Numberi
Tengah Belakang: Alfeandra Dewangga, Boubakary Diarra
Tengah Depan: Paulo Gali Freitas, Wiljan Pluim, Taisei Marukawa
Depan: Carlos Fortes

Baca Juga:   Ditikung Taipei, Rehan/Lisa Gagal Menyusul Rinov/Pitha ke 16 Besar Asian Games

Related Articles

Back to top button