Tekno

Binus Hadirkan Program Studi Artificial Intelligence

Foto: BINUSTV

LiveNews – Binus University baru saja membuka jurusan terbaru mereka, yaitu Artificial Intelligence (AI). Peluncuran tersebut diresmikan oleh Rektor Binus, Dr Nelly dalam acara Techno Talk: How AI Transform the World pada Sabtu (16/09) lalu.

Dikutip dari Kompas, Nelly menuturkan, “Binus University ingin berkontribusi dalam menyiapkan SDM yang berkualitas dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Maka dengan bangga kami menghadirkan program Artificial Intelligence.”

Hadir pula dalam peresmian itu Dekan School of Computer Science Binus University, Dr Fredy Purnomo. Dikutip dari Detik, Fredy mengatakan, “Hari ini, di tahun 2023 kita akan me-launching salah satu program yang lebih lengkap dari peminatan. Ini merupakan satu program lengkap bidang computer science dengan kekhususan artificial intelligence.”

Dalam acara ini pula, Nelly menyampaikan bagaimana program ini diharapkan untuk menghasilkan pemimpin masa depan yang mumpuni dalam memanfaatkan AI dengan bijak dan etis. “Kita yang harus bisa memanfaatkan teknologi, bukan teknologi yang memanfaatkan kita,” demikian ujarnya.

Secara keseluruhan, acara tersebut membahas mengenai potensi AI. Salah satu isu yang diungkit adalah mengenai bagaimana AI dapat menggantikan pekerjaan manusia. Masalah lain yang tengah berlangsung yaitu bagaimana di Indonesia sendiri masih banyak SDM yang belum mampu mengoperasikan teknologi AI dengan baik. Situasi ini menuntut dihadirkannya tenaga intelektual manusia untuk menciptakan sistem yang lebih bijak dan efisien. Berangkat dari sanalah gagasan diadakannya jurusan Artificial Intelligence kemudian disampaikan pada publik.

Baca Juga: Tertarik dengan Artificial Intelligence? Ini 5 Universitas dengan Jurusan AI

Foto: BINUSTV

Nelly menjelaskan lebih lanjut mengenai program studi ini, “Kurikulumnya dirancang berfokus pada AI terapan sehingga jarak antara kebutuhan industri dengan apa yang diperoleh di pendidikan menjadi lebih dekat.”

Baca Juga:   Hasil Tes Mengungkap AI Lebih Kreatif dari Manusia

Mata kuliah yang akan didapatkan lewat jurusan ini mencakup robotik, machine learning, hingga deep learning. Lulusan jurusan ini pun diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif untuk mengatasi permasalahan AI.

Jurusan AI Binus ini resmi diluncurkan pada Sabtu, 16 September 2023 lalu. Namun demikian, dengan sudah dimulainya tahun ajaran baru saat ini, program tersebut baru benar-benar resmi dijalankan tahun depan.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(nar)

Related Articles

Back to top button