Tekno

Bio Farma Menghadirkan Aplikasi Layanan Kesehatan Super “Mediverse”

Foto: Antara

LiveNews- Dalam rangka memberikan layanan kesehatan berkualitas demi meningkatkan kuaitas kesehatan masyarakat indonesia, Bio Farma dan MIT Hacking berkerja sama untuk menyediakan layanan kesehatan digital yang mudah diakses. Selain itu meningkatkan kualitas layanan kesehatan, layanan digital ini juga dijamin telah sesuai dengan standar layanan kesehatan digital global. 

Aplikasi Layanan Kesehatan Super “Mediverse”

Ilustrasi

Ilustrasi peluncuran mediverse. Foto: Antara

Pada tangggal 27 Agustus 2023, Bio farma baru saja meluncurkan platfrom digital yang berfungsi untuk mempermudah layanan kesehatan mediverse. Platform digital tersebut diberi nama the Medical Universe Super Apps atau Mediverse, sebagai layanan kesehatan yang dapat bersaing secara global dan berkelanjutan demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Visi dari Mediverse ini sendiri adalah menjadi ‘supper apps’ kesehatan yang dapat mendukung gaya hidup sehat masyarakat dengan cara yang mudah, cepat, dan modern. Layanan kesehatan pada Mediverse akan berfokus ke tiga poin utama yaitu promotif, kuratif, dan preventif.

Soleh Udin AI Ayubi selaku Deputy CEO PT Biofarma menjelaskan bahwa “Mediverse itu apapun yang dicari soal medical ada di sana. Ada fitur membuat appointment dokter, kemudian konsultasi dokter secara online, membeli obat, vaksinasi, medical report di sana ada semua termasuk pembayaran asuransi dan BPJS nanti ada di sana. Harapannya Mediverse tersebut menjadi pintu masuk bagi semua layanan kesehatan dan keunggulan lainnya apps itu terintegrasi dengan seluruh ekosistem online kami dan terintegrasi dengan apotik kami, klinik kami,”

Baca Juga: Tingkatkan Layanan Kesehatan, Pemerintah Manfaatkan Teknologi

Sebagai tambahan Soleh mengungkapkan bahwa aplikasi Mediverse nantinya dapat menghubungkan pasien online ke klinik online maupun offline. Selain klinik, pengguna juga dapat dihubungkan ke berbagai lab dan rumah sakit yang tersebar di Indonesia. Pada saat ini, Mediverse telah dapat digunakan dalam versi aplikasi mobile. Mediverse sendiri kini tengah menawarkan berbagai promo yang dapat digunakan pengguna. Promo ini terdiri dari kupon cashback, loyalty point, voucher potongan harga, gratis ongkir, dan gratis biaya platform selama sesi pilot berlangsung (tiga bulan). Jika pengguna tertarik untuk mencoba aplikasi ini, pengguna dapat mendownload aplikasi melalui Google Play Store atau App Store. 

Baca Juga:   Cara Top Up Game Genshin Impact Termurah di Funnerlife, Cek Disini

Fitur Dalam Aplikasi Mediverse

Ilustrasi antarmuka mediverse. Foto: Mediverse.id

Sebagai layanan one stop service, Mediverse dilengkapi dengan sejumlah fitur yang akan mempermudah pengguna dalam mendapatkan layanan kesehatan yang diinginkan. Pengguna dapat secara mudah membuat janji untuk bertemu dokter di fasilitas kesehatan pilihan melalui fitu Med Point. Selain itu, terdapat fitur medevo yang menyediakan layanan telemedicine bersama dengan dokter umum maupun dokter spesialis. Fitur Medevo ini dapat digunakan melalui chat maupun dengan panggilan video.Terakhir, Mediverse juga menyediakan fitur Medpharm yang dapat memudahkan pengguna untuk membeli produk kesehatan, alat kesehatan, vitamin, produk kecantikan, dan obat dengan e-prescription.

Mediverse Menjamin Kemanan Data Para Pengguna

Ilustrasi

Ilustrasi badan suber dan sandi negara. Foto: Detik.com

Soleh juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan menjamin kemanan data setiap pengguna layanan aplikasi digital ini. Dirinya mengatakan bahwa keamanan data merupakan salah satu hal yang pihaknya anggap serius, maka dari itu pihak Mediverse memahami dengan sangat mengenai UU Perlindungan Data Pribadi demi mencegah kebocoran data milik pengguna. 

“Kami harus sesuaikan dengan peraturan tersebut dan juga dari sisi pengelolaan data kami benar-benar jamin sesuai dengan standar global dan terakhir dari sisi teknologi kami pastikan bahwa apps ini terproteksi dengan sangat baik,” ungkap Soleh.

Sebagai salah satu bentuk keseriusan akan keamanan data pengguna, pihak Mediverse juga menjalin kerja sama dan koordinasi dengan Badan Siber dan Sandi negara atau BSSN. Dimana Bio Farma meminta bantuan BSSN dalam menjamin bahwa data pengguna dalam aplikasi Mediverse dapat terproteksi dengan sangat baik. Soleh juga menjamin bahwa infrastuktur dan keamanan yang digunakan oleh Bio Farma dalam sisi produksi produk farmasi dan layanan digital juga sudah disesuaikan dengan standar yang diakui secara global. 

Baca Juga:   HaloYelow, Aplikasi Digital Contact Center Tanpa Nomor Telepon Pertama di Indonesia

Baca Berita dan Artike yang lain di Google News

(ras)

Related Articles

Back to top button