Nasional

Biodata dan Profil Alwi Farhan, Ketar-ketir Usai Minta Shin Tae-yong Dijadikan PNS

LiveNews – Apresiasi dan pujian kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong atau STY kini datang silih berganti. Ini setelah dirinya menjadi pelatih pertama yang bisa membawa 3 Timnas Indonesia ke Piala Asia, yakni Timnas Indonesia U-20, Timnas U-23 dan Timnas Senior.

Keberhasilan Shin Tae-yong juga diparesiasi setinggi langit oleh atlet muda bulutangkis Indonesia, Alwi Farhan. Pemuda kelahiran Surakarta ini menyarankan PSSI untuk memberikan kontrak seumur hidup dan mengangkat Shin Tae-yong sebagai Pegawai Negeri Sipil atau PNS.

Shin Tae-yong kontrak seumur hidup! Jadi PNS jugak,” tulis Alwi di akunTwitter pribadinya, @alwifarhanhasny, pada Selasa (12/9/2023).

Tak disangka, saran Alwi itu mendapat banyak respons dari masyarakat. Bahkan cuitannya sampai diunggah di salah satu akun Instagram khusus sepakbola. Banyak warganet yang mendukung sarannya untuk menjadikan pelatih asal Korea Selatan itu sebagai PNS.

Baca Juga:Ini Rapor 5 Pemain Abroad yang Perkuat Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia 2023

Namun, viralnya cuitan itu sempat membuat Alwi panik dan memberikan klarifikasi. Ia mengaku sarannya itu hanyalah candaan belaka.

Profil Alwi Farhan

Sosok Alwi dikenal publik sejak dirinya bermain di SEA Games Kamboja pada Mei 2023. Permainannya yang apik membuatnya disebut sebagai “The Next Jojo dan Ginting”.

Alwi Farhan sendiri dikenal sebagai atlet tunggal putra bulutangkis Indonesia yang memiliki potensi besar untuk menggantikan atlet senior sekelas Jonatan Christie dan Anthony Ginting.

Pemuda kelahiran Surakarta, 12 Mei 2005 ini baru mengikuti Pelatnas pada tahun 2022 lalu. Meski terbilang belia, namun rekam jejaknya dalam level junior tak perlu diragukan lagi. 

Baca Juga:Shin Tae-yong Sedikit Bernafas Lega di Piala Asia 2023, Insiden Konyol di Piala AFF U-23 Mustahil Terjadi

Baca Juga:   Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK di Kasus Korupsi Kementan, Firli Bahuri: Saya Cuma Kenal Mentan

Alwi yang saat ini masih berusia 18 tahun memiliki performa gemilang. Apalagi ia menjuarai Bangladesh Junior International pada tahun 2021. Dalam pertandingan itu, Alwi berhasil menekuk lawannya yang juga berasal dari Indonesia, Iqbal Diaz Syahputra. 

Tak hanya itu, Alwi ulai menunjukkan “taringnya” saat dirinya menjuarai ajang Alps International U-19 pada tahun 2022 lalu.

Penampilan Alwi juga mencuri perhatian saat dirinya tampil dalam Osaka International Challenge 2023 di partai final. Sayang saat itu, ia kalah di tangan tunggal putra Jepang, Yushi Tanaka. 

Alwi tercatat juga pernah menjuarai Korea Junior International dan Jaya Raya Junior International. Ia juga berhasil menyabet runner-up dalam turnamen bergengsi Finnish Junior. Selain itu, ia juga pernah menempati posisi runner-up dalam Lithuanian International tahun 2022. 

Prestasi Alwi membuatnya kembali kebanjiran pertandingan. Ia sempat berlaga di Iran Fajr International 2023, tetapi akhirnya tersingkir di perempat final. Alwi juga pernah didaulat sebagai kapten tim Indonesia dalam Kejuaraan Asia Junior 2023.

Biodata Alwin Farhan

Nama lengkap : Alwi Farhan

Nama panggilan : Alwi

Tempat, tanggal lahir : Surakarta, 17 Mei 2005

Usia : 18 tahun 3 bulan

Kontributor : Dea Nabila

Related Articles

Back to top button