Hiburan

Bioskop Online-Festival Film Indonesia 2023 umumkan daftar nominasi

Jakarta (LiveNews) – Platform streaming film Indonesia Bioskop Online kembali berkolaborasi dengan Festival Film Indonesia (FFI) dalam mendukung industri perfilman, mereka mengumumkan sejumlah film yang masuk daftar nominasi tahun ini.

“Kembali terlibat dalam perhelatan FFI 2023 tentunya menjadi hal yang membuat kami antusias. Harapannya, keterlibatan Bioskop Online tahun ini bisa membantu kemajuan perfilman Indonesia,” ungkap President of Bioskop Online (Visinema Group) Ajeng Parameswari melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Bioskop Indonesia menjadi platform penjurian untuk penentuan daftar nominasi yang dipilih dan dinilai oleh para juri dari Akademi Citra beranggotakan para insan perfilman yang pernah memenangkan Piala Citra.

Baca juga: Nadiem: Nominasi FFI 2023 tunjukkan film Tanah Air torehkan prestasi

Ajeng menjelaskan bahwa penyelenggaraan ajang apresiasi ini sejalan dengan Bioskop Online yang juga berusaha untuk mengapresiasi sineas lokal dengan menayangkan film-film lokal yang akan semakin mewarnai karya film di Indonesia.

“Semoga kerja sama ini bisa terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. Selamat berfestival seluruh insan perfilman Indonesia,” kata dia menambahkan.

Pengumuman resmi daftar nominasi FFI 2023 telah disampaikan pada 14 Oktober lalu untuk mengetahui film-film yang telah mendapatkan pengakuan dan kesempatan bersaing untuk memenangkan penghargaan prestisius dalam perfilman Indonesia.

Pada ajang FFI 2023, terdapat total 21 kategori pemenang nominasi yang akan memperebutkan Piala Citra 2023. Setiap kategori ini memiliki 4-7 nomine yang telah dipilih oleh juri dengan kriteria ketat.

Beberapa film dengan jumlah nominasi diraih adalah film “Budi Pekerti” meraih 17 nominasi, “Like & Share” meraih 11 nominasi, serta total 15 nominasi yang diraih oleh Visinema, antara lain melalui film “Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang” sebanyak 4 nominasi, film “Onde Mande” sebanyak 2 nominasi, dan film “24 Jam Bersama Gaspar” sebanyak 9 nominasi. Beberapa film lain juga meraih nominasi pada Festival Film Indonesia 2023.

Baca Juga:   Ed Sheeran duet dengan John Mayer di acara amal untuk balas budi

Baca juga: Komite FFI 2023 umumkan 22 judul yang masuk nominasi Piala FFI 2023

Ketua Umum FFI 2023 Reza Rahadian mengungkapkan bahwa pada tahun ini antusias para sineas sangat luar biasa yang terlihat dari variasi film dengan cerita dan karakter yang unik.

“Beberapa bahkan sejalan dengan tema FFI yang kita pilih tahun ini. Tema tersebut yaitu PIALA CITRA. CITRA yang bermakna bayangan atau imaji terinspirasi dari sajak karya Usmar Ismail. Harapannya nanti yang terpilih sebagai pemenang nominasi adalah karya-karya yang benar-benar layak mendapatkan penghargaan,” kata Reza menjelaskan.

Film-film yang telah melalui tahap submission tersebut akan dinilai dari beragam aspek perfilman, mulai dari akting, penyutradaraan, penulisan naskah, hingga aspek teknis produksi film.

Baca juga: Bioskop Online hadirkan program “Jelajah Sinema Indonesia”

Baca juga: Menyelami gemilang histori film dan bioskop di Museum Sejarah Jakarta

​​​​​​​Baca juga: Seputar distribusi film di Indonesia dalam BIFF 2023

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Natisha Andarningtyas

Related Articles

Back to top button