Bisnis

Bukaka Akhirnya Copot Sofiah Balfah dari Direktur Operasiona Imbas Tersangka Kasus Korupsi Tol MBZ

LiveNews – PT Bukaka Teknik Utama Tbk akhirnya mencopot Sofiah Balfas dari jabatan Direktur Operasional. Hal ini setelah Kejaksaan Agung menetapkan Sofiah sebagai tersangka dugaan keterlibatannya dalam kasus korupsi Proyek Tol Jakarta Cikampek II (Japek) Elevated alias Tol MBZ.

Namun, pencopotan Sofial Balfas dari Direktur Operasional PT Bukaka Teknik Utama Tbk hanya bersifat sementara.

“Dewan Komisaris Perseroan pada 20 September telah menetapkan pemberhentian sementara terhadap anggota direksi perseroan Sdr Sofiah Balfas,” tulis manajemen Bukaka seperti dikutip dari keterbukaan informasi, Minggu (24/9/2023).

Dengan pencopotan ini, maka Sofiah Balfas tidak memiliki hak dalam mengurusi dan mewakili perseroan dalam hal apapun.

Baca Juga:Emiten Kalla Grup Buka Suara Soal Bosnya yang Terlibat Kasus Korupsi Tol MBZ

Adapun pencopotan Sofiah tidak berdampak ke kinerja perusahaan baik secara materiil maupun kelangsungan bisnis. Manajemen juga memastikan pencopotan ini tak akan mengganggu jalannya kelangsungan usaha.

Sebelumnnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Sofiah Balfas sebagai tersangka pada Selasa (19/9/2023) terkait dugaan tindak pidana korupsi pada pekerjaan Tol MBZ ruas Cikunir-Karawang Barat, termasuk on/off ramp pada Simpang Susun Cikunir dan Karawang Barat.

Nilai kontrak proyek ini mencapai Rp13,5 triliun.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kuntadi menyebut penyidik menemukan bukti dugaan tersangka menggunakan perannya untuk melakukan pemufakatan jahat, yakni mengatur dan mengubah spesifikasi barang terkait proyek Tol MBZ tersebut.

Baca Juga:Erick Thohir Justru Senang Kejagung Ungkap Kasus Korupsi Jalan Tol Layang MBZ

Baca Juga:   Kementerian Erick Thohir Dorong Perencanaan Matang di Program TJSL

Related Articles

Back to top button