Tekno

Cara Baru dan Cepat Menghasilkan Uang melalui NFT

Sumber foto: Freepik

NFT berasal dari dua kata kunci yaitu Non-fungible yang berasal dari kata Fungibility dan Token. 

Fungibility adalah kemampuan suatu aset untuk ditukar atau diganti dengan aset serupa yang memiliki nilai yang sama. Contohnya Kamu bisa menukar uang kertas Rp10 ribu dengan dua lembar uang kertas Rp5 ribu, dan nilainya tetap sama. Sementara itu, token adalah aset digital yang mewakili barang, layanan atau bentuk nilai lainnya. 

Jadi, Non-Fungible Token atau NFT secara umum yaitu aset digital yang mewakili suatu barang berharga dengan nilai yang tidak dapat diganti atau ditukarkan. Setiap NFT memiliki data catatan transaksi di dalam blockchain. Data ini berisi tentang siapa penciptanya, harga, dan histori kepemilikannya. NFT menawarkan peluang menarik bagi individu untuk menghasilkan uang dengan cara yang inovatif. Jika ingin memasuki dunia NFT, dan menjelajahi cara menghasilkan pendapatan, panduan komprehensif, dan strategi efektif untuk membantu Kamu menjelajahi dunia keuangan digital. 

Dalam Artikel ini akan membahas bagaimana cara lama menghasilkan uang dari NFT, dan cara baru menghasilkan uang dari NFT untuk pemula di dunia kripto.

Bagaimana cara menghasilkan uang dengan NFT?

Kini, NFT tidak hanya digunakan sebagai barang koleksi, melainkan bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pendapatan tambahan bagi para holder. Dengan karakteristik yang unik dan dukungan teknologi blockchain, NFT menawarkan peluang menarik bagi individu untuk menghasilkan uang dengan cara yang inovatif.

Cara Lama untuk Menghasilkan Uang dari NFT 

Sumber foto: Freepik

Pada awal munculnya NFT, para penggemar bisa menghasilkan keuntungan dengan cara yang terbatas, yakni dengan cara menjual dan membeli koleksi tersebut. Harga jual NFT ini akan berbeda dan tergantung pada banyaknya minat, estetika, ataupun kepopuleran proyek tersebut. Berikut beberapa cara lama untuk menghasilkan uang melalui NFT:

Baca Juga:   Peran Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia

1. Menjual Karya Seni Digital

Karya seni digital adalah salah satu objek NFT paling populer yang bisa dihargai dengan nilai tinggi. Setelah membuat karya seni NFT, kamu bisa menjualnya melalui berbagai platform NFT marketplace seperti OpenSea, NFT Gateway, dan banyak lagi.

2. Menjual Produk NFT Fashion

Dilansir dari The European Business Review, berbagai brand fashion ternama banyak  merilis versi digital dari koleksi terbatas produk-produk mereka, dan menyertakan tanda tangan dari selebritis ternama sebagai nilai tambah dari NFT tersebut.

3. Memperjual-belikan Koleksi Berlisensi

Belakangan ini, banyak industri yang telah membuat versi NFT dari produk koleksi mereka, misalnya National Basketball Association (NBA) yang meluncurkan koleksi kartu NFT dengan nama NBA Top Shot. Tiap NFT dijual dengan harga yang beragam, dengan menawarkan sejumlah momen-momen penting di pertandingan basket layaknya sebuah video GIF.

4. Bermain Video Games

Bermain NFT video game juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari NFT, yakni dengan cara bermain dan menyelesaikan sejumlah misi dalam game untuk memperoleh imbalan berupa item atau token NFT. 

Cara-cara di atas mulai banyak ditinggalkan. Para penggemar NFT merasa nilai aset mereka tidak kunjung naik atau malah merugi, membutuhkan waktu yang lama dan penuh dengan ketidakpastian. 

Cara Baru dan Cepat Menghasilkan Uang dari NFT 

Ketidakpastian dalam ekosistem NFT, mendorong munculnya inovasi-inovasi pada NFT juga semakin meningkat. Kini, banyak proyek yang menambahkan utilitas baru pada NFT untuk bisa meningkatkan nilai pada aset tersebut, seperti dimanfaatkan dalam industri properti, kesehatan, hiburan, dan lain sebagainya. Utilitas ini nantinya akan menjadi alasan menarik bagi holder untuk berkontribusi dalam berbagai proyek yang menyediakan cara baru untuk menghasilkan uang melalui NFT. 

Baca Juga:   Sistem Demokrasi Pada Platform Decentralized Finance

NFT Yield 

NFT yield adalah salah satu cara baru untuk menghasilkan uang melalui NFT. NFT yield merupakan konsep baru di Web3 yang menggabungkan teknologi DeFi dan NFT, memungkinkan holder NFT memperoleh hasil dari aset mereka. NFT yield memungkinkan pemegang NFT menciptakan likuiditas dan utilitas untuk NFT mereka, sehingga NFT tidak dianggap sebagai aset digital yang tidak likuid.   

NFT yield bisa dilakukan dengan cara dikunci kolam likuiditas dan akan mendapatkan keuntungan sesuai transaksi yang terjadi dalam kolam likuiditas tersebut. Tempat paling umum melakukan NFT yield model ini adalah game blockchain. Di sini, pengguna dapat mempertaruhkan item dalam bentuk NFT pada game tersebut, dan akan mendapatkan token game sebagai imbalannya. 

Salah satu contohnya, Axie Infinity, yakni game blockchain paling terkenal yang menawarkan fitur NFT yield. Di Axie Infinity, pemain bisa mendapatkan token SLP, yang dapat mereka gunakan untuk mencetak NFT dalam bentuk Axies baru.

NFT yield juga dapat dilakukan dengan membeli NFT yang memang menawarkan keuntungan yang bisa didapatkan oleh pengguna secara berkala dan terus-menerus. NFT yang ditawarkan tentunya merupakan underlying asset, sehingga penggemar memiliki alasan yang kuat untuk menyimpan aset ini dalam waktu yang lama.

Misalnya, koleksi NFT yang ditawarkan oleh Nusa Finance pada Nusa NFT Marketplace. Di sana terdapat beragam pilihan koleksi NFT yang dibuat oleh beragam proyek dari berbagai industri. Salah satunya, adalah NFT The OD Club yang diinisiasi oleh Oscar Darmawan, koleksi menawarkan aset NFT yang memiliki konsep sekuritas obligasi. Para holder akan mendapatkan keuntungan berupa bagi hasil hingga 12% dalam setahun dengan garansi buyback. Dengan membeli koleksi NFT ini, para holder bisa mendapatkan passive income yang menguntungkan dan terpercaya. 

Baca Juga:   Oppo A18 Resmi Hadir di Indonesia, Harga Cuma Rp 1,8 Juta

Dibandingkan hanya melakukan HODLing dan berspekulasi terkait volatilitas harga NFT, konsep NFT Yield justru membuka peluang baru bagi para investor untuk memonetisasi asetnya yang dapat berpotensi menarik lebih banyak orang untuk berpartisipasi dan menggerakkan permintaan pasar NFT. 

Tentang Nusa Finance

Dokumentasi: Nusa Finance

Nusa Finance adalah platform Web3 penyedia layanan keuangan terdesentralisasi terlengkap pertama dari Indonesia. Fitur unggulan Nusa adalah pasar pinjaman kripto dimana pengguna dapat meminjamkan, dan menjaminkan aset kripto untuk membantu proses trading. Nusa bertujuan untuk membuat platform Web3 mudah diakses oleh siapa saja.

Kenali Nusa Finance lebih lanjut

Penjelasan lengkap : Docs Nusa finance

Kunjungi website : Nusa Finance

Bergabung di komunitas : Nusa Finance Indonesia 

Referensi 

Dirgantara, H . (2024, Januari 18). Mengenal Perbedaan Yield Farming dan Staking. Retrieved May 29, 2023 from  https://pintu.co.id/academy/post/perbedaan-yield-farming-dan-staking

Olavia, L . (2024, Januari 18). 5 Cara Mendapatkan Uang dari NFT, Minat?.  Retrieved April 21, 2022, from  https://investor.id/market-and-corporate/291352/5-cara-mendapatkan-uang-dari-nft-minat

Santosa, B. (2024, Januari 18). Apa Itu NFT (Non-Fungible Token)?. Retrieved November 1,2023, from  https://pintu.co.id/academy/post/nft-adalah

Siagian, D. (2024, Januari 18). Apa itu NFT Staking ? Cara Baru untuk Mendapatkan Reward di  Blockchain. Retrieved April 14, 2023 from  https://www.hariankripto.id/nft/8108471755/apa-itu-nft-staking-cara-baru-untuk-mendapatkan-reward-di-blockchain

Related Articles

Back to top button