Nasional

Cara Buat Akun CPNS 2023, Pendaftaran Buka Mulai 17 September!

LiveNews – Cara buat akun CPNS 2023 adalah salah satu hal yang harus diketahui oleh calon pelamar yang ingin mengikuti seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023.

Pendaftaran CPNS 2023 akan dibuka pada tanggal 17 September 2023 melalui portal SSCASN, yaitu sscasn.bkn.go.id.

Jangan sampai ketinggalan, simak informasi tentang cara buat akun CPNS 2023 yang bisa Anda ikuti.

Cara buat akun CPNS 2023

Baca Juga:Formasi CPNS Kemenkes 2023: Ada Berapa Lowongan yang Dibuka? Ini Rinciannya

Untuk membuat akun CPNS 2023, Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen dan data pribadi, seperti nomor induk kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga (KK), nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor handphone, email aktif, foto KTP, dan swafoto.

Pastikan data yang Anda gunakan sesuai dengan data yang terdaftar di Dukcapil Kemendagri. Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat akun CPNS 2023.

  1. Buka portal SSCASN di atau ketikkan sscasn.bkn.go.id di peramban web Anda.
  2. Pilih menu “Buat Akun” yang terletak di pojok kanan atas halaman.
  3. Isikan NIK, KK, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor handphone, email aktif, dan kode captcha yang muncul di layar. Kemudian klik “Lanjutkan”.
  4. Anda akan diarahkan ke halaman formulir pendaftaran akun. Isikan data-data pribadi yang diminta, termasuk mengunggah foto KTP dan swafoto. Pastikan foto yang Anda unggah jelas dan sesuai dengan ketentuan yang ditampilkan.
    Buat password yang kuat dan mudah diingat untuk login ke akun Anda nanti. Password harus terdiri dari minimal 8 karakter, mengandung huruf besar dan kecil, angka, dan simbol.
  5. Setelah mengisi semua data dengan lengkap dan benar, klik “Lanjutkan”. Data yang telah disimpan tidak bisa diubah lagi, jadi pastikan tidak ada kesalahan sebelum melanjutkan.
  6. Anda akan melihat halaman konfirmasi data pendaftaran akun. Periksa kembali data yang Anda masukkan dan pastikan tidak ada kesalahan. Jika sudah yakin, klik “Iya”. Jika masih ada yang perlu diperbaiki, klik “Tidak”.
  7. Selamat, Anda telah berhasil membuat akun CPNS 2023.
Baca Juga:   5 Bacaan Doa Ulang Tahun Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Anda akan mendapatkan email konfirmasi dari SSCASN yang berisi link aktivasi akun. Klik link tersebut untuk mengaktifkan akun Anda.

Setelah akun Anda aktif, Anda bisa login ke portal SSCASN dengan menggunakan NIK dan password yang telah Anda buat sebelumnya.

Demikian cara buat akun CPNS 2023 yang bisa Anda lakukan secara online melalui portal SSCASN. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mendaftar CPNS 2023.

Baca Juga:Kisi-Kisi Soal CPNS 2023 Pdf dan Kunci Jawaban, Langsung Download di Link Ini

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Related Articles

Back to top button