Tekno

Cara Jitu Optimalkan Hasil Investasi Pasca Bitcoin Halving

Sumber foto: Freepik

Bitcoin halving keempat terjadi pada tanggal 20 April 2024 lalu, yang menyebabkan hadiah penambangan Bitcoin berkurang dari 6,25 BTC menjadi 3,125 BTC per blok. Dampak yang ditimbulkan oleh peristiwa ini diprediksi akan memicu siklus bullish yang didasarkan pada pola grafik historis serta dikombinasikan dengan kehadiran spot ETF Bitcoin. 

Siklus bullish ini tidak hanya terjadi pada aset Bitcoin saja, tetapi juga berdampak pada aset altcoin. Hal ini bisa dilihat dari riwayat harga altcoin selama halving sebelumnya yang cenderung meningkat. Ditambah lagi beberapa peristiwa dunia yang berdampak pada sektor ekonomi pada 2024 ini juga memberikan dampak kenaikan harga altcoin. Ikuti tips dalam artikel ini untuk memaksimalkan hasil investasi selama siklus bullish tersebut!

1. DCA

Dollar-Cost Averaging (DCA) melibatkan investasi sejumlah uang tetap ke dalam aset crypto secara berkala (misalnya mingguan, bulanan). Strategi ini dapat mengurangi risiko kerugian dari pergerakan harga yang terjadi karena modal yang dikeluarkan tiap waktu akan menjadi rata-rata bila dilakukan dalam jangka panjang secara konsisten. 

Dengan melakukan strategi ini investor tidak perlu merasa cemas dan gegabah dalam pengambilan keputusan investasi. Investor dapat berinvestasi dalam jumlah yang relatif kecil secara konsisten dan memperoleh keuntungan dari selisih harga yang terjadi selama periode waktu investasi.

DCA ini bisa dilakukan pada aset selain Bitcoin, misalnya dapat dilakukan pada aset altcoin yang menjanjikan dengan fundamental yang kuat. Hali ini dapat membantu investor untuk untuk mendapatkan potensi keuntungan dari pertumbuhan ekosistem mata uang kripto yang lebih luas.

2. Diversifikasi aset 

Meskipun Bitcoin mungkin merupakan aset investasi utama pilihan Anda, namun tidak ada salahnya seorang investor dan trader dapat memanfaatkan peluang yang ada pada mata uang kripto lainnya dalam portofolio yang seimbang. 

Baca Juga:   Solusi Cerdas Mengatasi Kecepatan Download Lambat di Telegram

“Don’t put your eggs in one basket,” kutipan ini menggambarkan prinsip investasi yang ideal. Hal ini memungkinkan investor untuk menyebarkan risikonya dengan berinvestasi pada aset yang berbeda, sehingga meminimalkan dampak kerugian dari investasi yang mengalami kinerja buruk.

3. Waspada terhadap Market Tren

Melakukan riset adalah hal penting yang harus dilakukan investor dan trader untuk lebih memahami tren harga. Investor dapat mengikuti berita dan sentimen pasar untuk memahami dinamika pasar, melakukan analisis pasar, dan mengambil tindakan saat melihat sinyal perdagangan. 

Namun, investor juga harus waspada dalam melakukan riset, hindari informasi atau berita yang berlebihan dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Fokus pada sumber berita atau platform terkemuka dan penelitian dari analis terpercaya. Tidak sedikit pada momen halving seperti ini banyak muncul pelaku kejahatan yang mencoba memanipulasi pasar. Berhati-hatilah terhadap lonjakan atau penurunan harga yang tiba-tiba yang dipicu oleh hype media sosial atau aktivitas perdagangan yang terkoordinasi.

4. Tetapkan batas toleransi kerugian

Aturan yang harus selalu diingat dan diterapkan oleh investor dalam berinvestasi adalah hanya boleh menginvestasikan jumlah yang mampu mereka tanggung kerugiannya. Hal ini berlaku untuk semua jenis aset cryptocurrency, mengingat volatilitas crypto sangat tidak menentu. 

Terlepas dari kenaikan harga historis pasca-halving, tidak ada yang tahu ke arah mana harga Bitcoin dan aset lainnya akan berpijak. Selama tidak ada jaminan yang pasti, investor harus bisa memanfaatkan peluang untuk mendapatkan keuntungan contohnya dengan menggunakan pengaturan stop order. 

Stop order dapat digunakan dalam mengatur arahan untuk membeli atau menjual aset ketika harga dari aset tersebut bergerak melewati titik tertentu, sehingga dapat membantu memaksimalkan keuntungan dan menghentikan kerugian yang berlebihan.

Baca Juga:   JCI Badung Bali & Premier Hospitality Asia Kolaborasi Dorong Pengusaha Muda Indonesia

Kesimpulan

Peristiwa Bitcoin halving ini menghadirkan peluang unik bagi investor untuk menggali lebih dalam dunia teknologi blockchain dan potensi implikasinya terhadap masa depan keuangan. Untuk bisa memaksimalkan potensi keuntungan hasil investasi yang didapat, Anda harus tetap tenang dan fokus pada strategi serta tujuan jangka panjang di tengah gejolak pasar jangka pendek ini.

Tentang Nusa Finance

Dokumentasi: Nusa Finance

Nusa Finance adalah platform Web3 penyedia layanan keuangan terdesentralisasi terlengkap pertama dari Indonesia. Fitur unggulan Nusa adalah pasar pinjaman kripto dimana pengguna dapat meminjamkan, dan menjaminkan aset kripto untuk membantu proses trading. Nusa bertujuan untuk membuat platform Web3 mudah diakses oleh siapa saja.

Kenali Nusa Finance lebih lanjut

Penjelasan lengkap : Docs Nusa Finance

Kunjungi website : Nusa Finance

Bergabung di komunitas : Nusa Finance Indonesia 

Referensi

Ambolis, D. (2024, April 15). Top 7 Amazing Bitcoin Halving Investment Strategies For 2024 And Some Useful Tips. Blockchain Magazine. Retrieved May 21, 2024, from https://blockchainmagazine.net/investment-strategies-for-bitcoin-halving/

Surve, T. (2024, March 8). How to capitalize on the Bitcoin halving. Cointelegraph. Retrieved May 21, 2024, from https://cointelegraph.com/news/how-to-capitalize-on-the-bitcoin-halving

Zela, D. (2024, April 19). Bitcoin Halving 2024: Bagaimana Dampaknya untuk Harga Altcoin? Pintu. Retrieved May 21, 2024, from https://pintu.co.id/news/82291-bitcoin-halving-2024-harga-altcoin

Related Articles

Back to top button